Solo Traveling buat Ladies, Jangan Takut Lagi!

0-headerPhoto Credit: techinsider.io

Pada dasarnya, mau ramai-ramai bersama teman-teman atau sendirian, traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa solo traveling memiliki beberapa keuntungan tersendiri untuk dilakukan, terutama dalam hal kebebasan menentukan berbagai tujuan dan aktivitas. Bagi para ladies, kamu tidak perlu takut untuk solo traveling. Sudah cukup banyak kok traveller wanita yang berangkat solo traveling dengan aman dan nyaman. Manfaat yang kamu dapatkan juga berguna bagi diri sendiri, lho!

Meningkatkan Kepercayaan Diri

1-meningkatkan-kepercayaan-diriPhoto Credit: aorbataokuch.com

Namanya juga solo traveling, tentu kamu sendiri yang harus menyiapkan segala keperluan. Mungkin dalam prosesnya kamu akan meminta bantuan atau rekomendasi tujuan wisata pada beberapa kenalan, tetapi pada akhirnya, mau tidak mau kamu harus mengandalkan diri sendiri. Di sinilah kepercayaan diri kamu akan diasah. Jika sebelumnya kamu merupakan orang yang pemalu untuk bertanya dengan orang lain atau menawar harga barang dengan pedagang, kamu akan dipaksa untuk keluar dari comfort zone kamu. Kamu akan bertanggung jawab pada diri sendiri.

Mengasah Kemampuan Adaptasi

2-mengasah-kemampuan-adaptasiPhoto Credit: blog.trip30.com

Serapi apapun rencana dan persiapan yang sudah kamu susun, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada perjalanan solo traveling kamu. Misalnya, salah satu penerbangan kamu mengalami delay sehingga membuat rencana lain berantakan. Bisa juga nanti ketika sampai di kota tujuan, kamu tersesat sehingga membuatmu menghabiskan banyak waktu di jalan. Nah, hal-hal tersebut akan mengasah kemampuan adaptasi kamu, terlebih jika kamu berada di negeri orang dengan penggunaan bahasa yang berbeda.

Sarana Menjadi Lebih Mandiri

3-sarana-menjadi-lebih-mandiriPhoto Credit: theexpeditioner.com

Manfaat solo traveling satu ini sepertinya jelas banget, ya? Solo traveling mengharuskan kamu untuk mengurus segala persiapan sendiri, mulai dari transportasi, penginapan, tempat wisata yang akan dituju nanti, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kemandirian kamu, bukan? Belum lagi jika kamu menemui masalah di tengah perjalanan. Mau tidak mau, kamu harus mengandalkan diri sendiri, yang secara otomatis akan melatih kedewasaan kamu pula. Solo traveling akan membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat dan tangguh.

Kesempatan Memperbanyak Kenalan Baru

4-kesempatan-memperbanyak-kenalan-baruPhoto Credit: huffingtonpost.com

Saat kamu traveling dengan teman-teman yang sudah kamu kenal, kamu akan cenderung “cuek” dengan orang-orang di sekitar. Ketertarikan untuk berkenalan dengan orang baru, baik kepada sesama traveller atau penduduk lokal, biasanya tidak akan setinggi ketika kamu melakukan solo traveling. Karena ketika traveling sendirian, kamu cenderung lebih fokus untuk mempelajari budaya setempat. Kamu akan memiliki dorongan lebih untuk berbincang dengan orang-orang di sekitar. Jaringan pertemanan kamu pun akan semakin luas.

Waktu untuk Berpikir dan Merenung

5-waktu-untuk-berpikir-dan-merenungPhoto Credit: womentravelblog.com

Perjalanan dari satu destinasi ke destinasi lain dapat menjadi waktu kosong yang pas untuk memikirkan kehidupan kamu secara lebih dalam. Cukup pasang headset, putar lagu favorit, dan kamu bisa merenung dengan tenang. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk menjernihkan pikiran dan mungkin menimbang berbagai keputusan yang harus segera diambil dalam jangka waktu dekat. Memanfaatkan waktu kosong untuk berpikir dan merenung tidak akan bisa kamu lakukan apabila traveling ramai-ramai karena kemungkinan besar kamu sibuk bercengkrama dengan teman-teman kamu.

Selain beberapa poin yang telah disebutkan di atas, solo traveling juga dapat menjadi sarana bagi kamu untuk lebih mengenali diri sendiri. Kamu akan mengetahui sampai mana batasan-batasan diri kamu. Misalnya jika kamu merupakan orang pemalu dan tersesat saat solo traveling, apakah kamu akan bertanya pada orang lain? Hanya mengandalkan peta digital pada gadget? Hal-hal seperti itulah yang akan membuat kamu semakin “kaya” sepulang dari solo traveling.

Leave a Reply