Solo Traveling? Siapa Takut! Ini 10 Alasan Kenapa Traveling Sendirian Itu Menyenangkan!

Ada yang bilang, teman seperjalanan paling menyenangkan itu adalah diri sendiri.  Kalau kamu pernah mencoba traveling sendirian, pasti setuju banget dengan pernyataan tersebut. Tapi mungkin sebagian dari kamu masih ragu dan dan belum memiliki cukup keberanian untuk melakukan solo traveling, padahal sekali mencoba pasti ketagihan.

Kalau stres sudah di “ubun-ubun” cara terbaik untuk mengatasinya adalah refreshing dengan melakukan me-time yang berkualitas, salah satunya ya dengan solo traveling.  Kalau kamu masih perlu alasan lagi supaya makin kuat tekad untuk liburan sendirian, kami akan memberikannya sekarang juga!

 

  1. Merencanakan liburan jauh lebih mudah

Setiap orang pasti memiliki bucket list tempat-tempat yang ingin dikunjungi, namun seringnya kita urung melakukan perjalanan tersebut karena nggak ada teman yang bisa diajak jalan. Alasannya banyak, mulai dari jadwal yang nggak pas, budget yang tidak ada, dan perbedaan minat. Jadi, menunggu sampai benar-benar ada teman yang bisa diajak traveling ke Raja Ampat, Flores ataupun Sabang bakalan membuang waktu kamu. Nah, kalo traveling sendirian, kamu hanya perlu mempertimbangkan waktu dan budget pribadi saja tanpa perlu menyesuaikan dengan orang lain. Simpel!

 

  1. Kamu bisa menikmati me-time

Setelah melakukan rutinitas yang amat menyita tenaga dan pikiran, menemukan momen untuk menge-charge energi bukanlah hal gampang.  Selalu saja ada gangguan yang tak diinginkan. Asyiknya, saat melakukan perjalan liburan sendirian kamu bakal punya banyak waktu luang untuk menjernihkan pikiran, berintrospeksi, dan memulihkan kembali tenaga serta pikiran tanpa gangguan.

 

  1. Kendali ada di tanganmu

Jika pernah liburan bersama orang lain atau sekelompok teman maupun keluarga, pasti banyak perbedaan yang harus ditemukan jalan tengahnya, mulai dari di mana mau menginap, makan dan tempat-tempat mana saja yang harus dikunjungi agar semua orang happy. Nah, dengan solo traveling,  kamu bebas memutuskan mau makan, menginap, atau berkunjung ke mana saja dan tak terikat jadwal tanpa perlu kompromi dengan orang lain. Tak ada salahnya lho kalau sesekali keluar dari zona nyaman dan melakukan hal-hal spontan. You’re the boss!

 

  1. (Kalau mau) kamu bisa bertemu teman-teman baru

Ketakutan terbesar saat liburan seorang diri adalah perasaan kesepian. Tapi hal itu dapat dengan mudah diatasi di tempat liburan. Kalau mau, kamu bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal di pasar tradisional, berkenalan dengan teman baru bar atau tempat nongkrong, atau kalau kamu memutuskan menginap di hostel, biasanya ada common room di mana para tamu bisa berkumpul sambil bercakap-cakap dan saling berbagi pengalaman traveling mereka. Pokoknya, jangan pernah takut berinteraksi dengan orang baru.

 

  1. Pengalamannya akan jauh lebih berkesan

Bepergian dengan teman-teman atau bahkan pasangan tentu banyak keuntungannya, tapi tak jarang kehadiran orang lain bisa mengalihkan perhatian kamu terhadap tempat-tempat yang seharusnya jadi fokus liburan. Dengan solo traveling, entah itu berkunjung ke museum, bersantai di pantai eksotis, atau menikmati suasana pasar tradisional setempat kamu akan bisa menikmatinya 100% sehingga pengalaman yang didapat dari liburan akan lebih berkesan.

 

  1. Kepercayaan diri kamu bakal meningkat

Pertama kali melakukan trip seorang diri mungkin awalnya kamu akan sedikit cemas dan khawatir. Namun begitu trip tersebut berakhir, dijamin kepercayaan diri kamu akan berlipat ganda dan bahkan di kepala sudah mulai merencanakan solo traveling  berikutnya. Bayangkan betapa bangganya bisa “survive” seorang diri di Eropa dengan Bahasa Inggris pas-pasan, berhasil menemukan rute pulang ke hotel naik kereta api di Tokyo, atau terjebak semalaman di bandara di antah berantah. Kalau semua itu bisa kamu atasi, apa sih yang nggak?

 

  1. Kamu akan jadi traveler yang lebih baik

Dengan bepergian seorang diri kamu akan punya lebih banyak waktu untuk memperhatikan orang-orang dan tempat-tempat di sekitar kamu, dan secara tak sadar hal tersebut akan menjadikan kamu sebagai orang yang lebih toleran dan lebih baik. Bepergian sendirian juga bisa membuat kamu punya cukup waktu untuk mendokumentasikan segala hal-hal menarik yang kamu temukan atau berinteraksi dan mendengarkan cerita dari warga lokal. Dan semua itu nantinya akan jadi kenangan yang amat berharga.

 

  1. Kamu bisa menginap di manapun sesuai budget yang dimiliki

Uang selalu jadi kendala saat bepergian bersama orang lain, mengingat setiap orang memiliki kemampuan ekonomi dan kebiasaan yang berbeda-beda. Bahkan saat liburan bareng pasangan pun pemilihan hotel yang sesuai bisa jadi tantangan tersendiri. Saat solo traveling kamu bebas menganggarkan dana liburan kamu, entah itu mau menginap di hotel yang murah, makan di pinggir jalan, atau nongkrong di bar bintang lima sekalipun.

Photo Credit: ZEN Rooms Seminyak Kayu Jati Bali

Oh ya, ngomong-ngomong soal hotel murah, kamu tak perlu mencemaskan lagi soal hal yang satu ini, karena ZEN Rooms memiliki banyak opsi kamar hotel murah yang tersebar di seluruh Indonesia yang bisa kamu pilih.

 

  1. Kamu akan merasa jauh lebih puas

Kami berani bertaruh bahwa siapapun yang pernah bepergian atau liburan dengan orang lain pasti memiliki setidaknya satu kekecewaan. Mungkin kalian bertengkar di Malang karena nggak bisa menemukan tempat makan yang dicari, sedangkan perut sudah keroncongan. Atau mungkin ketinggalan jadwal kereta di Yogyakarta karena teman bangun kesiangan. Saat bepergian sendirian, kemungkinan itu semua akan jauh lebih kecil sehingga peluang kamu untuk bahagia akan jauh lebih besar. Apakah kamu bakal ngedumel kalau menghabiskan waktu berjam-jam di museum? Tidak. Apakah kamu merasa buang waktu percuma saat nongkrong seharian di café? Tidak. Karena itu adalah keputusanmu sendiri.

 

  1. Kamu akan menemukan jawaban atas berbagai pertanyaan

Kalau alasan kamu belum berani melakukan solo traveling  karena pertanyaan pertama yang ada di benakmu adalah “Apa yang bakal saya lakukan nanti?” “Sanggupkah saya melakukannya?” dan lain-lain – maka, jangan buang waktu dan segeralah melakukan perjalanan liburan sendirian. Selain dari hal-hal yang sudah kami ulas di atas, saat solo traveling kamu akan menjumpai petualangan baru, belajar budaya dan sejarah baru, belajar mengambil risiko, dan banyak lagi. Faktanya, ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan saat traveling sendirian yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

 

 

Leave a Reply