Tempat Makan Khas Sunda Paling Enak di Bogor yang Jarang Diketahui Wisatawan

Bogor terkenal sebagai destinasi wisata akhir pekan warga ibukota. Meskipun jaraknya hanya sekitar 1,5 jam saja dari Jakarta, namun Bogor menawarkan atmosfer yang sangat berbeda dan ngangenin.

Salah satu daya tarik utama Bogor sudah pasti adalah kuliner khas sundanya yang bikin ngiler. Nah, biasanya café-café maupun tempat-tempat makan yang terkenal selalu disesaki oleh para wisatawan setiap akhir pekan, sehingga makan pun jadi kurang nikmat.

Oleh karena itu, kami akan memberikan kamu rekomendasi  beberapa tempat makan yang menyajikan sajian khas Sunda paling enak di Bogor yang belum banyak diketahui wisatawan. Psst… kami dapat bocoran langsung dari orang Bogor, lho!

 

  1. Warung Nasi Khas Sunda Endah

Alamat: Jl. Binamarga, Bogor

Photo Credit: @visitbogor

Jangan tertipu oleh penampilannya yang sederhana. Warung nasi tenda kaki lima ini cukup terkenal di kalangan warga Bogor karena aneka hidangan khas Sunda-nya yang begitu lezat, otentik, dan menggugah selera. Dari pinggir jalan saja kita sudah bisa melihat deretan menu yang dipajang di atas meja. Mulai dari ayam goreng, aneka ikan, aneka sayur, tumisan, pepes, dan puluhan sajian lainnya. Tinggal tunjuk saja mau makan yang mana. Eits, tapi jangan lupa bayar ya! Oh ya, tempat ini hanya buka dari sore hingga tengah malam hari.

 

  1. Nasi Timbel M11

Alamat: Jalan Rumah Sakit 2 No. 11, Malabar, Bogor

Photo Credit: @ayongsundjaja

Bukan hanya menyajikan menu seperti nasi timbel biasanya, di tempat ini juga ada menu tambahan yang cukup menggugah selera makan. Seporsi nasi timbel M11 terdiri dari satu potong ayam goreng, nasi putih, tempe, lalapan dan tahu goreng. Ada pula pelengkap berupa tumis oncom dan ikan asin goreng yang dijamin bikin nafsu makanmu menggila.

 

  1. Warung Ibu Hj. Ahmad

Alamat: Kuntum Farmfield, Jalan Raya Tajur No. 291, Bogor

Photo Credit: @kulinerbogor

Kalau kamu kebetulan lagi belanja tas di Tajur, teruskan perjalanan hingga menuju arah Ciawi hingga menemukan Kuntum Farmfield di sebelah kiri jalan. Di dalamnya, tersedia semacam pujasera dengan berbagai pilihan café dan warung makan. Namun yang paling ngetop adalah Warung Ibu Hj. Ahmad. Di sini kamu bisa menikmati aneka makanan Sunda, seperti ayam goreng, pepes ikan mas, jambrong, pepes jamur, tumis jengkol dan banyak lagi. Suasana yang terbuka dan rindang bikin sensasi makan berlipat ganda!

 

  1. Warung Doyong

Alamat: Jl. Pahlawan No. 143A, Bogor

Photo Credit: @separuhakulemak

Rasa ayam goreng di sini gurih terasa sampai ke tulang. Dagingnya superempuk, sangat lembut saat digigit. Meski begitu, tetap ada sensasi serat daging ayam kampung jago saat di mulut. Bumbu kuningnya yang terbuat dari kunyit meresap banget ke dalam daging ayam. By the way, di sini nggak ada buku menu, tinggal pilih saja potongan ayam yang diinginkan dan tunggu di meja makan. Saking enaknya, tak jarang di sore hari warung ini sudah tutup karena ludes terjual.

 

  1. Warung Sate Pak Rebing

Alamat: Jl. R. Aria Wiranata No. 17, Empang, Bogor

Photo Credit: @visitbogor

Berjualan sejak tahun 1940,  Sate Pak Rebing sudah memiliki tempat tersendiri di hati para warga Bogor. Sate kambingnya terkenal empuk dan gurih tanpa bau prengus sedikitpun. Saking enaknya, presiden dan para artis saja pernah makan di sini. Masa kamu belum?

 

  1. Ayam Goreng Dadakan Sambal Cibiuk

Alamat: Jl. Kapten Muslihat, Bogor

Photo Credit: @guyeatsalot

Begitu keluar dari Stasiun Bogor dan melewati Taman Topi, warung kecil sederhana ini langsung mencuri perhatian. Bukan karena plang namanya, melainkan karena dia cobek besar berisi sambal merah dan sambal hijau yang begitu mengundang. Rasanya jangan ditanya, walau tidak seperti sambal-sambal kekinian yang memiliki beberapa level tingkat kepedasan. Ayam Goreng Sambal Cibiuk ini dijamin membuatmu berkeringat dan lidah akan mendesis kepedasan.

 

  1. Waroeng Ngariung

Alamat: Jl. Batutulis No. 32, Bogor

Photo Credit: @triana_mareta

Bagi kamu para penyuka kuliner sunda belum lengkap rasanya bila tidak merasakan menu khas Sunda di Waroeng Ngarioeng. Salah satu sajian menu andalan di Waroeng Ngariung adalah Gurame Bolotot yang diracik dengan bumbu tradisional yang spesial serta paket . Sesuai namanya, tempat yang cukup luas ini emang pas banget untuk “ngariung” alias berkumpul bareng teman-teman sambil menyantap paket liwetannya yang lezat.

 

  1. Sate Maranggi SN4444

Alamat: Jalan Raya Tajur No. 289, Bogor

Photo Credit: @filipusverdi

Kini kamu nggak perlu jauh-jauh ke Purwakarta untuk bisa merasakan nikmatnya sate maranggi, yaitu sate daging sapi yang dibalur dengan bumbu ketumbar dan gula merah. Yang bikin beda, di sini rasanya lebih manis dan lebih terasa bumbunya. Daging sapinya diproses dengan bumbu dulu di awal, seperti dibacem, sehingga lebih empuk dan juicy. Sate ini paling enak dinikmati dengan sambal oncom atau sambal tomat dan uli bakar.

 

  1. Gurih 7

Alamat: Jalan Raya Pajajaran No. 102, Bogor

Photo Credit: @nurulfitriany

Restoran Gurih 7 merupakan restoran dengan masakan khas sunda dengan saung-saung lesehan serta gemercik air dari air terjun buatan. Makan di sini, kita seperti di bawa dalam suasana pedesaan, padahal lokasinya masih di jalan raya utama Bogor. Menu favoritnya apa llagi kalau bukan nasi liwet atau nasi timbel komplit dengan sambel terasi yang nampol abis!

 

  1. Sekar Wangi Resto

Alamat: Jalan Raya Alternatif Bubulak (Seberang Terminal Trans Pakuan Bubulak), Bogor

Photo Credit: @yoanrakha

Dari sekian banyak restoran baru yang bermunculan di Bogor, Sekar Wangi Resto merupakan salah satu yang jadi favorit. Tempat ini memiliki ambience yang cukup nyaman dan adem. Ada beberapa area tempat duduk yang bisa dipilih – mau untuk beramai-ramai, atau yang lebih privat. Anak-anak pun pasti akan senang karena di sini juga tersedia arena bermain.

 

Wah, rasanya ingin mencoba semuanya satu per satu ya? Kalau begitu, maka sehari saja tidak cukup! Tenang, kamu bisa mencari kamar hotel murah dari ZEN Rooms sebagai tempat menginap selama kulineran di Bogor. Perut kenyang, hati senang, kantong pun aman!

 

 

Leave a Reply