Tips Bebas Ribet di Bandara Saat Hendak Liburan

Akhir tahun merupakan periode tersibuk di bandara di mana banyak orang memilih untuk menghabiskan libur panjang dengan bepergian. Jadi salah satu hal yang harus diantisipasi oleh setiap traveler yang bepergian dengan pesawat banyak sekali, mulai dari kemacetan dalam perjalanan menuju bandara, antrean check-in, hingga jadwal penerbangan yang tertunda.

Oleh karena itu, agar tidak stres terkatung-katung di Bandara, inilah beberapa tips dari kami untuk membuat traveling kamu menyenangkan.

 

Sebelum menuju bandara

  1. Cari tahu lokasi bandara

Jika berada di kota yang benar-benar baru, sebaiknya kamu mencari tahu dahulu di mana lokasi bandara tempat kamu akan terbang dan berapa lama estimasi waktu yang harus ditempuh untuk menuju ke sana. Jangan lupa cek pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan, apakah bisa menggunakan kereta, bis, atau taksi.

 

  1. Screenshot boarding pass kamu

Jika menggunakan boarding pass elektronik yang bisa diakses melalui ponsel, sebaiknya segera screenshot boarding pass tersebut dan simpan di folder foto. Jangan mengandalkan koneksi seluler atau internet, siapa tahu di bandara koneksi kamu buruk dan nggak bisa membuka e-mail. Atau….

 

  1. Print boarding pass kamu

Meskipun sekarang sudah jaman modern dan serba digital, tak ada salahnya untuk tetap mencetak boarding pass-mu. Jaga-jaga kalau misalnya ponsel kamu mendadak habis batre saat hendak check in.

 

Saat check-in

 

  1. Hindari antrean check-in

Saat musim liburan, bandara-bandara besar seperti misalnya Soekarno-Hatta atau Kualanamu biasanya bakal supersibuk dengan antrean check-in yang mengular. Triknya adalah, nggak usah memaksakan diri ikut antre – santai aja duduk di café. Kok gitu? Well.. biasanya penerbangan yang akan segera diberangkatkan akan mengumumkan melalui pengeras suara dan memberi prioritas kepada penumpang penerbangan tersebut untuk memotong antrean langsung ke depan. Simpel, kan?

 

  1. Lepaskan semua aksesoris logam

Ya, cara ini akan menyingkat waktu kamu saat berada di antrean sensor keamanan. Jadi sebelum benar-benar masuk ke area “bebas sensor”, sebaiknya lepaskan semua kalung, anting, gelang, jam tangan dan lain-lain dan simpan di dalam tas agar kamu nggak perlu bolak-balik tiap alat sensor berbunyi.

 

  1. Hindari antrean pemeriksaan keamanan yang ada anak-anaknya

Tahu kan seperti apa repotnya bepergian dengan anak-anak kecil? Biasanya orang tua yang bepergian dengan anak kecil akan menghabiskan waktu lebih lama di pemeriksaan keamanan, karena banyak tetek bengeknya. Oleh karena itu, pilihlah jalur antrean yang lebih sedikit anak kecilnya.

 

  1. Kenakan kaus kaki terbaikmu

Kenapa? Karena tak jarang saat pemeriksaan keamanan sang petugas akan memintamu untuk melepaskan sepatu. Apalagi kalau penerbangan internasional. Malu kan kalau pas buka sepatu ternyata kaus kaki kamu dekil atau bahkan bolong!

 

  1. Kemasi barang bawaan dengan bijak

Jika ingin terbang ke luar negeri, aturannya adalah dilarang membawa cairan lebih dari jumlah tertentu ke dalam kabin pesawat. Oleh karena itu, pastikan kamu telah menyimpan sebotol parfum mahalmu di dalam koper yang akan dimasukkan ke dalam bagasi. Sayang kan kalau sampai disita petugas. Ada juga beberapa negara (misalnya Australia) yang melarang pengunjung membawa makanan tertentu ke negara mereka. Baca baik-baik aturannya!

 

Di terminal keberangkatan

 

  1. Setel alarm agar kamu nggak ketinggalan pesawat

Meskipun sudah berada di terminal keberangkatan, bukan berarti kamu sudah “aman”. Biasanya untuk menghabiskan waktu sambil menunggu kita suka jalan-jalan, berbelanja, membaca buku, mendengarkan musik, atau tiduran. Saking asyiknya melakukan hal-hal itu, kemungkinan besar suara panggilan penerbangan menjadi terlewatkan. Cara paling aman untuk menghindarinya adalah dengan menyetel alarm ponsel atau jam tangan.

 

  1. Buat si kecil sibuk

Jika kamu bepergian dengan anak-anak, pastikan mereka dibekali dengan aneka “amunisi” yang bakal membuat mereka sibuk dan nggak rewel, misalnya video game, film kartun, komik, perlengkapan mewarnai, camilan dan permen, dan sebagainya. Kalau perlu, biasakan agar tiap anak membawa ransel kecil sendiri yang berisi setiap keperluan mereka.

 

  1. Tuntaskan pekerjaan yang tertunda

Bingung mau apa sembari menunggu panggilan keberangkatan? Keluarkan laptop dan selesaikan semua utang pekerjaan yang tertunda agar saat tiba di tempat tujuan nanti liburan kamu nggak akan terganggu oleh beban pikiran. Biasanya ada wifi gratis kok.

 

  1. Nggak usah repot antre masuk pesawat

Duduk santai saja sampai antrean menuju pesawat sudah terurai. Lagipula, kamu kan sudah punya nomor tempat duduk dan pesawat juga nggak bakalan berangkat kalau penumpang yang sudah check-in belum masuk pesawat.

 

Di terminal kedatangan

 

Photo Credit: Strait Times/Kevin Lim

  1. Beri kesan pertama yang baik pada petugas imigrasi

Tip ini amat berguna jika kamu bepergian keluar negeri. Sudah rahasia umum kalau petugas imigrasi itu identik dengan orang-orang yang tegas, dan bahkan galak. Oleh karena itu, agar mereka tidak menyulitkanmu berilah kesan yang menyenangkan. Mulai dari berpakaian rapi, berbicara dengan sopan, melakukan eye contact saat berkomunikasi, dan jawab pertanyaan mereka dengan jujur. Jangan becanda atau sibuk menggunakan ponsel saat berada di antrean imigrasi.

 

  1. Periksa kembali barang bawaan

Setiap meninggalkan tempat di bandara, periksa kembali semua kelengkapan barang bawaanmu agar nggak ada yang tertinggal. Pusing kan kalau liburan dan satu koper berisi pakaian ketinggalan di café bandara.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply