Tips Foto Menggunakan Smartphone

00 - cover image

Photo source: ligo.co.uk

Traveling pasti memberikan banyak momen yang menyenangkan. Tak jarang orang mengabadikan kenangan-kenangan selama traveling dalam sebuah foto. Banyak orang yang bahkan rela direpotkan dengan membawa peralatan kamera DSLR lengkap dari lensa hingga tripod hanya untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus dan memuaskan. Tentu, hal ini akan sangat merepotkan, apalagi ketika Anda harus berjalan kaki jauh ke lokasi tujuan. Selain berat, kamera seperti itu cukup mahal dan tidak semua orang dapat membelinya.

Sebenarnya, cara yang paling mudah mengabadikan foto adalah dengan menggunakan kamera smartphone. Anda pasti membawa smartphone kemana pun Anda pergi. Selain lebih ringkas, kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak kalah dengan kamera DSLR. Sayangnya, tak banyak orang tahu bagaimana cara mendapatkan foto terbaik menggunakan smartphone. Jangan terburu-buru pesimis akan fakta tersebut. Berikut ini adalah tips foto menggunakan smartphone yang mudah dan menghasilkan kualitas gambar yang sempurna.

Mendekatlah ke obyek foto

01 - mendekat ke obyek

Photo source: gracekim515.files.wordpress.com

Kamera pada smartphone cenderung menghasilkan gambar yang lebih kecil ketimbang apa yang Anda lihat. Oleh karena itu, mendekatlah ke obyek sedekat mungkin untuk mendapatkan gambar fokus terbaik yang bisa Anda dapatkan. Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan fitur zoom pada kamera Anda. Namun sayang, fitur zoom biasanya hanya memperbesar gambar, bukan mendekatkan tangkapan lensa ke obyek. Akibatnya, foto yang Anda ambil akan memiliki kualitas yang jelek dengan resolusi yang cenderung rendah.

Perhatikan arah cahaya terbaik

02 - arah cahaya

Photo source: improvephotography.com

Mungkin Anda sudah paham dengan peraturan fotografi umum dimana Anda harus menghindari arah datangnya cahaya ketika mengambil gambar, kecuali apabila memang Anda ingin mengambil gambar siluet. Di luar ruangan, cara yang tepat mendapatkan cahaya yang maksimal adalah dengan posisi kamera membelakangi cahaya. Bila berada di dalam ruangan, biasanya bisa diakali dengan berfoto mendekati jendela atau pintu serta sumber cahaya lain seperti lampu ruangan. Bila perlu, bisa juga Anda menggunakan flash ketika mengambil gambar di ruangan yang kurang cahaya. Dengan demikian, hasil foto lebih maksimal dengan efek cahaya yang memadai.

Kestabilan tangan ketika mengambil gambar wajib dipertahankan

Smartphone camera street photography review

Photo source: virtualphotographystudio.com

Kamera smartphone bukanlah kamera DSLR yang mampu mengatur kecepatan penangkapan gambar. Akibatnya, gambar tidak akan bagus apabila Anda mengambilnya ketika sedang bergerak, berjalan, atau bahkan gemetar saat memotret. Oleh karena itu, gunakan kedua tangan untuk menjaga kestabilan smartphone saat mengambil foto. Bila perlu, gunakan tongsis sebagai “tripod” untuk mengambil gambar yang stabil.

Atur fokus serta eksposure yang pas

04 - fokus

Photo source: www.euronews.com

Smartphone juga memiliki fitur autofocus dan pengaturan exposure. Kedua hal ini juga penting untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Autofokus berguna untuk mengatur fokus obyek di kamera smartphone. Bila tidak ada fitur autofokus, coba tahan beberapa saat ketika menyentuh tombol shutter hingga fokus yang dihasilkan tepat. Sedangkan fitur eksposur adalah fitur yang mengatur kecerahan gambar. Bila cahaya sekitar tidak terlalu terang, ada baiknya untuk mengatur kecerahan beberapa angka lebih terang dari 0. Jangan mengatur eksposur terlalu tinggi untuk menghindari gambar yang kesannya memaksa.

Ambil dari sudut pandang yang berbeda

05 - sudut pandangPhoto source: timberwolfphotolounge.blogspot.com

Anda mungkin terbiasa mengambil gambar setingkat dengan pandangan mata Anda. Hal ini memang mudah, namun kesannya biasa saja. Cobalah untuk mengeksplor sudut pandang lain seperti sambil berjongkok atau mengambil sudut foto yang lebih rendah dari obyek. Biasanya, foto yang dihasilkan, meskipun dengan obyek yang sama, memiliki kualitas serta komposisi warna yang berbeda sehingga terkesan berbeda.

Semakin tinggi resolusi foto, semakin detail gambar

06 - resolusi foto

Photo source: www.diggypod.com

Atur kamera smartphone Anda dengan kualitas gambar yang paling tinggi. Memang file yang disimpan nantinya lebih besar daripada foto basanya. Namun, kualitas yang dibawa pasti lebih bagus. Selain itu, banyak detail kecil yang tertangkap pada gambar sehingga foto jadi terlihat sempurna. Anda juga dapat meng-crop foto Anda ketika dirasa sudut pandang atau komposisi pada foto tersebut masih belum memuaskan.

Itulah beberapa tips mudah mengambil foto menggunakan smartphone yang dapat Anda jadikan pedoman dalam mengambil gambar. Jangan sampai momen travelling Anda terlupakan begitu saja hanya karena Anda tidak memiliki kenangan-kenangan yang indah dari travelling tersebut. Satu hal lagi, jangan lupa untuk selalu bahagia ketika berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *