Tips Jalan-Jalan Murah Keliling Indonesia

Sebagai sebuah negara yang amat luas dengan keindahan alam yang begitu luar biasa, rasanya sayang jika kita tidak mencoba menjelajahi setiap sudutnya.

Namun untuk mencoba mengunjungi semua tempat tersebut satu persatu tentu banyak tantangannya, mulai dari waktu yang terbatas, aksesibilitas yang tak memungkinkan, dan yang paling penting: budget yang memadai!

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips praktis yang bisa kamu terapkan supaya bisa jalan-jalan keliling Indonesia tanpa menghabiskan uang banyak. Cekidot!

 

  1. Mengikuti Open Trip

Photo Credit: @pulau_pari_id

Belakangan ini tren open trip mulai menjamur di tanah air. Open Trip ini adalah sebuah perjalanan terorganisir yang dilakukan secara beramai-ramai ke destinasi tertentu. Prinsipnya adalah membagi semua pengeluaran sama rata dengan setiap orang yang ikut traveling, khususnya di biaya transportasi dan penginapan. Kamu bisa dengan mudah menjumpai penawaran open trip ini di berbagai forum jalan-jalan, Instagram, hingga komunitas di Facebook.

 

  1. Road Trip Bareng Teman

Ingin liburan ke Bali tapi tiket pesawat mahal? Cobalah melakukan perjalanan lewat jalur darat. Kamu bisa pake mobil pribadi, sewa, atau bahkan pinjeman. Dalam road trip, biasanya semua peserta ikut patungan dalam berbagai pengeluaran, mulai dari bahan bakar, parkir, jalan tol, dan lain-lain. Oh ya, kalau mau road trip jarak jauh pastikan ada lebih dari satu orang yang bisa mengemudi agar bisa saling bergantian!

 

  1. Rajin-rajin Cek Tiket Promo

Photo Credit: @lisa_hammi

Berbagai maskapai penerbangan kerap sekali menawarkan tiket promo yang harganya jauh di bawah harga normal. Bahkan bisa sampai nol rupiah! Namun biasanya khusus tiket promo ini kamu tidak bisa memilih tanggal dan harus mengikuti tanggal dari mereka. Tapi dengan harga yang jauh lebih murah, nggak apa-apalah untuk mengambil cuti sebentar. Iya, nggak? Pokoknya kamu harus rajin pantengin akun sosial media mereka untuk informasi tiket promo ini!

 

  1. Jangan Traveling di Akhir Pekan atau Hari Libur

Sudah rahasia umum kalau harga tiket transportasi umum dan harga sewa kamar di akhir pekan dan hari libur akan lebih mahal daripada saat hari biasa. Oleh karena itu, untuk mengetatkan anggaran, jalan-jalanlah di hari biasa supaya bisa mendapatkan harga yang normal.

 

  1. Pilih Penginapan yang Murah

Photo: ZEN Rooms G Bawakaraeng 121 Makassar

Kalau terpaksa menginap di penginapan, maka pilihlah akomodasi yang murah namun tetap aman dan nyaman. Atau kalau kamu backpacker sejati, kini ada banyak penginapan yang khusus untuk bermalam dengan menjual tarif harga per tempat tidur. Tapi kalau kamu tetap ingin menginap di hotel yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap namun murah meriah, ZEN Rooms memiliki banyak opsi kamar di berbagai kota di tanah air.

 

  1. Gunakan Koneksi Pribadi

Salah satu manfaat dari punya banyak teman di berbagai kota adalah kamu bisa menghemat pengeluaran saat liburan. Jangan ragu untuk menghubungi mereka untuk sekadar mendapatkan jemputan di stasiun atau tempat tinggal gratis selama sementara. Sukur-sukur kalau mereka mau menemani dan mengantarkan kamu ke mana-mana saat di tempat tujuan.

 

  1. Pilih Perjalanan Malam Hari

Photo Credit: @therealnicholasjohnson

Tips yang satu ini amat berguna untuk meminimalisir anggaran untuk penginapan. Dengan melakukan perjalanan di malam hari, kamu bisa tidur di bis atau pesawat dan tiba di lokasi keesokan harinya tanpa harus menyewa penginapan.

 

  1. Cobalah Kuliner Lokal

Photo Credit: @keplek_ilat

Ngapain jauh-jauh pergi ke kota atau pulau lain tapi kamu tetap makan di restoran mewah yang bisa ditemukan di Jakarta? Salah satu dari kenikmatan traveling adalah kita bisa mencicipi berbagai kuliner lokal yang eksotis, lezat dan pastinya dengan harga sangat terjangkau. Tempat favorit kami untuk mencari kuliner lokal yang murah meriah adalah di pasar-pasar tradisional, maupun di kaki lima yang ramai pengunjungnya. Dan supaya pengeluaran makan kamu lebih murah, bawalah botol air minum sendiri supaya kamu nggak perlu membeli minuman.

 

  1. Nebeng

Photo Credit: @zulfadly.muhammad

Tidak seperti di kota-kota besar, rasa empati masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah biasanya jauh lebih tinggi. Jadi jangan ragu untuk menumpang kendaraan yang searah dengan tujuanmu saat liburan –  atau istilah kerennya “hitchhiking”. Modalnya gampang kok, pasang senyum manis, dan julurkan jempol sambil berdiri di pinggir jalan. Tapi meskipun nebeng kamu juga harus pilih-pilih pengemudi yang tampak baik-baik ya!

 

  1. Lupakan Oleh-Oleh

Photo Credit: @dekdul_

Kebiasaan orang Indonesia yang sulit dihilangkan adalah berbelanja oleh-oleh saat bepergian. Kamu harus ingat apa tujuanmu yang sesungguhnya saat memutuskan traveling. Tak perlu pusing membahagiakan semua orang dengan mencoba memberikan mereka buah tangan. Oleh-oleh itu bukan sesuatu yang wajib kok, kecuali kalau mereka menitip uang untuk dibelikan sesuatu… itu baru lain cerita.

 

Leave a Reply