Tips Mengisi Long Weekend Kalau Nggak Bisa Ke Luar Kota

Long weekend adalah hari saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, khususnya mereka yang sehari-hari harus menjalani rutinitas seperti bekerja atau menimba ilmu. Waktu libur ekstra di akhir pekan tersebut idealnya digunakan untuk liburan ke luar kota dan menghabiskan waktu dengan rekreasi.

Namun apa jadinya kalau karena satu dan lain hal kamu tidak bisa keluar kota dan melakukan itu semua? “Terjebak” nggak bisa ke mana-mana, bukan berarti tidak bisa menikmati long weekend. Kami akan berbagi tips kepada kamu semua untuk mengisi libur panjang akhir pekan tanpa harus ke luar kota!

 

  1. Netflix and Chill

Photo Credit: @stephaniee_faith

Nggak bisa ke mana-mana atau bahkan nggak bisa keluar rumah karena hujan seharian? Tenang, di jaman modern yang serba canggih ini, kalau kamu nggak bisa mencari hiburan di luar rumah, maka bawalah hiburan ke dalam rumah.

Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk menikmati long weekend di rumah, baik itu sendirian, bersama keluarga atau dengan teman-teman.  Cara paling praktis dan menghibur adalah dengan nonton film secara marathon!

Apakah ada serial TV yang ingin kamu tuntaskan? Film lama yang belum sempat tertonton di bioskop karena sibuk bekerja? Gampang, nonton saja DVD-nya di rumah. Mungkin di rumah kamu ada internet? Kalau begitu segera daftar Netflix dan dapatkan ribuan tontonan menarik. Cuma modal internet, laptop atau tablet. Beres deh!

Akan lebih asyik kalau sesi nonton (berdua si dia, bareng temen-temen atau sendirian) ini ditemani dengan aneka camilan, popcorn, juga minuman ringan. Siapa yang butuh keluar rumah kalau sudah keasyikan di sofa menonton film? Dijamin mager!

 

  1. Tidur seharian

Setidaknya selama 5 hari seminggu waktu kamu banyak tersita oleh pekerjaan maupun sekolah, dari pagi sampai sore atau bahkan malam. Tak jarang kesibukkan sehari-hari tersebut membuat jam tidur kita berkurang.

Faktanya, tidur kurang dari 6-7 jam sehari memiliki banyak dampak negatif dan bisa membuat konsentrasi kita menurun. Oleh karena itu, mumpung punya ekstra hari libur saat long weekend, manfaatkanlah hari-hari tersebut untuk “melunasi” jam tidur kamu.

Agar momen istirahat kamu tidak terganggu oleh hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya tuntaskan semua tanggung jawab sebelum liburan dan matikan ponsel selama long weekend. Nggak bisa hidup tanpa mengecek social media? Fine… Setidaknya hindari memeriksa email kantor saat liburan dan biarkan dirimu benar-benar beristirahat.

 

  1. Bersantai dan berenang di Hotel

Bosan menghabiskan waktu liburan hanya di rumah saja? Pergi ke hotel saja. Kata siapa kamu nggak bisa menikmati fasilitas hotel kalau nggak menginap?

FYI, di beberapa hotel tertentu, kamu bisa menikmati berbagai fasilitasnya tanpa harus bermalam di sana. Entah itu pusat kebugaran, spa, lounge, sampai kolam renang.

Dan asyiknya, karena kamu tidak menginap, berarti pengeluaran pun akan jauh lebih hemat karena bujet kamu hanya terpakai untuk membayar makanan, minuman, dan biaya menggunakan fasilitas. Ini baru namanya staycation yang menguntungkan!

Buat rekomendasi kamu, beberapa hotel murah dari ZEN Rooms juga memiliki fasilitas kolam renang yang asyik lho.

 

  1. Memanfaatkan WiFi gratis di hotel

Kalau kamu sudah memutuskan untuk mengisi libur akhir pekan yang panjang ini dengan staycation dan menginap hotel, maka rugi besar kalau kamu nggak memanfaatkan segala fasilitas yang ada di hotel tersebut.

Biasanya, hal pertama yang ditanyakan setelah check-in di hotel adalah, “Password WiFi-nya apa?”. Benar, kan?

Ya, kalau kamu sering senewen dengan koneksi internet di rumah yang lelet, begitu menginap di hotel dengan fasilitas WiFi gratis rasanya seperti berada di surga. Apalagi kalau kecepatan internetnya mumpuni! Mau apa-apa bebas – streaming nonton film, update social media, pasang aplikasi, main game, dan banyak lagi. Mumpung gratis!

 

  1. Berinteraksi dengan teman baru di hostel

Photo Credit: @nws____

Mungkin sebagian dari kamu merasa staycation dengan menginap di hotel itu sama dengan menghambur-hamburkan uang. Ingin sensasi menginap berbeda dengan harga lebih ramah di kantong? Jawabannya adalah HOSTEL.

Bentuk akomodasi yang populer di kalangan backpacker ini belakangan mulai menjamur di berbagai kota besar di Indonesia. Karena selain murah dan praktis, suasana di hostel jauh lebih terasa “kekeluargaan”. Kenapa begitu?

Well, umumnya hostel menjual tempat tidur dan bukan kamar. Jadi, saat menginap di sana bisa saja kamu sekamar dengan traveler lainnya. Ada kamar khusus tamu pria, wanita, hingga campur. Jadi mau nggak mau kamu akan akrab dengan yang lainnya.

Dan kelebihan lainnya, biasanya hostel memiliki area publik seperti pantry atau ruang keluarga di mana para tamu dapat sarapan bersama, nonton TV bareng, mengobrol dan juga berbagi tips-tips soal traveling. Siapa tahu kamu dapat teman baru dari negara lain!

 

Leave a Reply