10 Makanan dan Minuman yang Ternyata Bisa Membantu Diet

Hayooo, siapa yang lagi diet dan selalu kelaparan? Tenangโ€ฆ David Katz, pendiri Yale University Prevention Research Center mengungkap bahwa ternyata ada makanan yang mengandung banyak serat dan protein tinggi sehingga bisa bikin kenyang dalam waktu lama!

Kentang

Photo source: commons.wikimedia.org

Kentang adalah bahan makanan yang mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi. Oleh sebab itu, baik dipanggang maupun direbus, kentang akan selalu berhasil memberikan energi dan rasa kenyang berkepanjangan.

Sup kacang-kacangan

Red Beans

Photo source: flickr.com

Banyak orang mengira bahwa sup hanya mengisi perut seseorang dengan air tanpa nutrisi, tapi tidak dengan sup kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung banyak serat yang memperlambat pelepasan gula dalam darah. Selain itu, serat dan air akan mengaktifkan reseptor peregangan yang memberikan sinyal bahwa kamu tidak lapar lagi.

Telur

Photo source: commons.wikimedia.org

Joy Dubost, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung protein lengkap: sembilan asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Setelah dicerna, asam amino tersebut melepaskan hormon di usus yang dapat menekan nafsu makan.

Greek yogurt

Photo source: commons.wikimedia.org

Greek yoghurt mengandung double protein dan lebih sedikit gula daripada yoghurt pada umumnya. Hal inilah yang membuat 120ribu orang selama 20 tahun terbiasa mengonsumi Greek yoghurt sebagai makanan mengenyangkan yang bisa menurunkan berat badan.

Apel

Photo source: pixabay.com

Menurut studi dalam gastroenterology, apel adalah salah satu buah yang mengandung pektin, yang secara alami akan memperlambat proses pencernaan sehingga kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, menghabiskan satu buah apel membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut membuat tubuh memberi sinyal kepada otak bahwa kamu sudah tidak lagi merasa lapar.

Oatmeal

Photo source: pixabay.com

Oatmeal mengandung serat tinggi dan memiliki kemampuan menyerap cairan seperti layaknya sponge. Ketika oatmeal dicampur dengan susu atau air, oatmeal akan mengental sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati sistem pencernaan. Itu berarti, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Smoothies

Photo source: pixabay.com

Tahukah kamu, ternyata ada jenis minuman yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, lho! Salah satunya adalah smoothies โ€“ atau buah-buahan, susu bebas lemak atau yoghurt, dan es batu yang dicampur menjadi satu. Yang penting diingat, jangan menambahkan bahan bergula terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan.

Alpukat

Photo source: pixabay.com

Sekalipun alpukat mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung adalah lemak baik. Asam oleat, senyawa lemak tak jenuh yang terdapat dalam alpukat, dapat membuat tubuh kamu merasa kenyang lebih lama.

Blueberries

Photo source: pixabay.com

Buah biru mungil ini dikenal dapat menunda proses penuaan. Selain itu, kamu sudah akan merasa kenyang ketika mengonsumsi 1 cup blueberries karena mengandung 80 kalori dan 4 gram serat.

Brokoli

Photo source: pixabay.com

Dimasak atau dimakan mentah, sayuran ini terbukti efektif mencegah kanker. Selain itu, segenggam brokoli mengandung serat dan kalori yang pas sehingga cocok untuk kamu yang mempunyai masalah berat badan.

Leave a Reply