12 Tempat Liburan Keluarga di Jogja Agar Si Kecil Tambah Happy

Photo Credit: @yusantaavi

Belakangan ini, pamor Jogja sebagai destinasi tempat liburan keluarga semakin mencuat. Dulu, tujuan kita ke Jogja hanya untuk wisata sejarah dan budaya atau sekadar kulineran saja, tapi kini telah berkembang banyak sekali obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.  Jujur saja, pasti si kecil rewel atau mengantuk kan setiap diajak ke keraton atau candi yang panas tanpa ada aktivitas seru lain yang bisa mereka lakukan? Nah, di tempat-tempat ini dijamin mereka nggak akan cepat bosan!

Dan untuk pilihan tempat menginap selama berlibur, inilah beberapa kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang ada di Jogja.

 

  1. Sindu Kusuma Edupark

Alamat: JL. Magelang KM 2 (Jl. Jambon), Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp15.000, Tiket terusan Rp70.000

Photo Credit: @dwynkrs

Populer juga dengan sebutan SKE, taman bermain keluarga ini pertama kali dibuka pada bulan Desember 2014 lalu, jadi masih lumayan baru. Namun meskipun demikian, pammornya cukup populer di kalangan wisatawan, baik dari sekitaran Jogja maupun kota-kota lainnya, karena wahana yang ada di sini tak kalah dengan Dunia Fantasi. Ada Cakra Manggilingan (ferris wheel), Montor Tumbur (bombom car), Sepeda Mabur, Cinema 8D, Dino Park, atau yang lebih menantang seperti House of Terror (rumah hantu) dan Cleret Gandul (flying fox).

 

  1. Taman Pelangi Jogja

Alamat: Monumen Jogja Kembali, Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581

Tiket Masuk: Hari biasa Rp15.000, hari libur dan akhir pekan Rp20.000

Photo Credit: @mifachurniawan

Kata siapa anak-anak hanya bisa menikmati hiburan di siang hari? Begitu matahari mulai tenggelam ke peraduan, taman lampion yang berada di kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali) ini akan menjadi berwarna-warni dan indah seperti pelangi – anak-anak pasti tertarik. Ada macam-macam bentuk lampion yang unik di Taman Pelangi ini, mulai dari lampion tradisional, berbentuk kotak, aneka binatang, dan banyak lagi. Tak hanya ada lampion saja, di sini terdapat pula taman bermain dengan berbagai wahana menarik, seperti trampolin.

 

  1. Jogja Bay Adventures Pirates Waterpark

Alamat: Jl. Stadion, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55281

Tiket Masuk: Dewasa Rp100.000, anak Rp75.000

Photo Credit: Jogja Bay Adventure Waterpark

Jogja Bay Waterpark adalah taman rekreasi seluas 7 hektar di Kawasan Terpadu Maguwo City (KTMC), Maguwoharjo,  Sleman yang memadukan  antara aneka permainan dan wahana air  bertema bajak laut. Tersedia Donte Wild River yang merupakan kolam arus dan Kula Playpool dapat dinikmati segala usia. Kalau ingin yang lebih memacu adrenalin, ada  Memo Racer, Volcano Coaster, Timo Rider, Jolie Raft River dan Brando Boomeranggo. Ada pula wahana seperti South Beach, kolam ombak yang mempunyai 9 jenis ombak berbeda. Hmmm.. seperti apa ya?

 

  1. Upside Down World

Alamat: Jalan Ring Road Utara (seberang Indomart Casa Grande), Yogyakarta

Tiket Masuk: Dewasa Rp80.000, anak-anak Rp40.000

Photo Credit: @tyywoody

Tak ketinggalan dengan di kota-kota besar lainnya, tempat liburan hits yang satu ini juga bisa kamu temukan di Jogja. Buat kamu-kamu yang hobi selfie, maka hasrat foto-foto kamu sekeluarga bisa terpuaskan di 12 ruangan terbalik dengan bermacam tema, salah satunya adalah Warung Burjo khas Jogja. Memasuki, bangunan Upside Down World, pengunjung akan mendapati perabotan yangditempel di dinding dan atap bangunan. Benda-benda seperti tempat tidur, sofa, meja makan, hingga closet, yang tertempel pada langit-langit.

 

  1. Rumah Teletubbies Desa Wisata Rumah Domes

Alamat: Dusun New Nglepen, Sengir Sumberharjo Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta 55572

Photo Credit: @riri_ariestika

Tinky, Dipsy, Lala, Po! Apakah kamu familiar dengan empat karakter berwarna-warni yang hobi berpelukan tersebut. Di Jogja, kamu bisa mengajak anak-anak bermain ke “rumah” mereka! Rumah dome ini awalnya dibangun sebagai tempat tinggal warga pasca gempa besar tahun 2006. Arsitektur rumah ini dirancang tahan gempa dan tahan api. Namun bentuk rumah yang unik menyerupai rumah Teletubbies membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, apalagi kini telah disulap menjadi penuh warna. Tak hanya bisa foto-foto cantik, di sini juga bisa naik kereta kelinci mengelilingi perkampungan.

 

  1. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Alamat: Jl. Janti, Banguntapan, Kab. Bantul, Yogyakarta 55198

Photo Credit: @arditya.tri.harsono

Kalo ada yang bilang semua perpustakaan itu membosankan, pastinya belum pernah berkunjung ke perpustakaan yang satu ini. Bukan hanya menghadirkan buku-buku bacaan orang dewasa, perpustakaan ini juga menyediakan area khusus bacaan anak-anak dengan berbagai bacaan serta aktivitas yang tak hanya menarik namun juga mendidik. Dan yang paling seru, di sini juga ada bioskop yang menyajikan pengalaman menonton 6D!!!

 

  1. Taman Pintar

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3 Yogyakarta 55122

Tiket Masuk: Dewasa Rp18.000, anak-anak Rp10.000

Photo Credit: @ria_dipta

Liburan sambil melakukan aktivitas yang mengasah otak, kenapa tidak? Taman Pintar Jogja adalah tempat wisata yang hampir selalu ramai dikunjungi karena menyediakan beragam wahana edukatif namun menyenangkan. Selain Playground Arena dengan berbagai permainan edukatif, seperti Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari dan lain-lain, ada juga bioskop 4D, dan Kampung Kerajinan, di mana anak-anak bisa belajar membatik, membuat gerabah, atau melukis kaus.

 

  1. Museum De Mata dan De Arca

Alamat: Jalan Veteran, Umbul Harjo, Gedung XT Square, Yogyakarta

Tiket Masuk: Mulai dari Rp30.000

Photo Credit: @gunz_praz

Ingin berfoto dengan tokoh-tokoh terkenal dunia? Atau bahkan superhero? Di sini si kecil bisa mewujudkannya.  Tempat unik yang memiliki konsep seperti museum lilin Madame Tussaud atau museum 3D di Bali ini buka tiap hari hingga pukul, 10 malam. Jadi kamu bisa puas seharian di sini. Ada berbagai tokoh dunia yang bisa dijumpai di sini, mulai dari para kepala negara, musisi (Taylor Swift!) hingga superhero favorit anak-anak.

 

  1. Grand Puri Waterpark

Alamat: Jalan Parangtritis KM 9,5, Gabusan, Sewon, Kab. Bantul, Yogyakarta 55186

Tiket Masuk: Dewasa Rp35.000, anak-anak Rp25.000 (hari biasa) | Rp25.000 (hari libur)

Photo Credit: @sasihemaw

Belum puas bermain air? Segera ajak si kecil bermain ke tempat ini! Dibangun di atas lahan seluas 1.5 hektar, Grand Puri Waterpark memiliki wahana bermain dengan luas satu hektar dan setengah hektar untuk lahan parkir. Keunikan dan daya tarik Grand Puri Water Park  berada di 4 Kolam Wahana Utama, yaitu: Kolam Semi Olympic, Kolam Batita, Kolam Penerima, dan Kolam Arus, beserta beberapa wahana tambahan seperti 6 Water Slide dari yang mini sampai setinggi 12 meter, 2 Racing Slide, Ember Tumpah, dan lain sebagainya.

 

  1. Museum Anak Kolong Tangga

Alamat: Gedung Taman Budaya, Jalan Sriwedari 1 No. 2 Yogyakarta

Tiket Masuk: Dewasa Rp5.000, anak-anak di bawah 14 tahun gratis.

Photo Credit: @adi_san_

Rasanya hampir semua anak-anak suka dengan mainan, dan di museum ini terdapat sekitar 10.000 koleksi yang terdiri dari mainan, buku cerita, dan banyak lagi. Uniknya, semua mainan yang ada di sini adalah mainan tradisional yang mungkin beberapa diantaranya sudah langka, antara lain kuda-kudaan dari katu, mainan motor kayu, miniature rumah-rumahan, gasing dari berbagai negara, laying-layang, dan masih banyak lagi. Di akhir pekan, mereka juga mengadakan berbagai kegiatan untuk anak-anak seperti storytelling, membuat kerajinan tangan, menari, dan banyak lagi.

 

  1. Kids Fun Parcs

Alamat: Jl Wonosari Km 10 Yogyakarta

Tiket Masuk: Dewasa Rp67.000, anak-anak Rp74.500

 

Photo Credit: Kids Fun Parcs

Kids Fun Yogyakarta menghadirkan 21 wahana untuk anak-anak dan 10 wahana orang dewasa. Ada arung jeram yang mendebarkan, sepeda air, bombom car, rollercoaster,  flying fox,Jurrasic Park  dan banyak lagi. Tak perlu was-was soal keselamatan karena mereka memiliki staf terlatih dan prosedur keselamatan yang pastinya aman bagi si kecil. Ingin ngadem setelah mencoba berbagai wahana? Langsung saja ke Aquasplash yang terdiri dari berbagai kolam renang dan meluncur di perosotan sepanjang 52 meter!

 

  1. Alun-Alun Kidul

Alamat: Jalan Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @yakobus_gerry

Alun-Alun Kidul atau biasa disingkat “Alkid” merupakan kawasan hiburan rakyat murah-meriah yang legendaris di Yogyakarta. Tak hanya di siang hari, menjelang malam justru kawasan ini akan tambah meriah dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati keluarga. Salah satunya adalah menaiki becak wisata bdengan berbagai bentuk yang dihiasi lampu-lampu berwarna-warni mengelilingi lapangan Alun-Alun Kidul.

 

 

Leave a Reply