12 Tempat Makan Romantis di Jogja Bikin Suasana Adem Tambah Intim

Jogja bukan cuma terkenal akan kuliner khas seperti gudeg, bakpia, maupun makanan kaki lima yang murah dan enak saja. Kalau kebetulan kamu mengisi liburan di Jogja berdua pasangan, alangkah menyenangkannya bisa menikmati momen makan malam berdua di tempat yang romantis. Entah sekadar bersantap malam atau candlelit dinner sambil merayakan hari jadi, tempat-tempat makan di Jogja ini bisa jadi pilihan yang membangkitkan suasana intim.

Sebagai rekomendasi tempat menginap di Jogja, ZEN Rooms menawarkan berbagai pilihan kamar hotel murah untuk kamu pesan. Dan selama bulan Oktober ini, kamu bisa menggunakan kode promo ZENJOGJA15 untuk mendapatkan diskon tambahan. (Photo Credit: @arthasimo)

 

  1. Secret Garden Coffee & Chocolate

Alamat: Jl. Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Yogyakarta

Photo Credit: Secret Garden Coffee & Chocolate

Sesuai namanya, café ini berkonsep taman dengan perpaduan interior modern dan Jawa. Keindahan dan keasrian taman di café ini terasa benar-benar membuat suasana jadi tambah romantis ketika dikunjungi saat malam hari dan ditemani cahaya lampu yang temaram.Menu yang disajikan cukup banyak, salah satunya adalah menu andalan Nasi Goreng Keju dan Secret Nutella Roll.

 

  1. Rosella Easy Dining

Alamat: Jalan Kabupaten KM.3,5 No.50, Sleman, Yogyakarta

 

Photo Credit: @wageatoa

Suasana persawahan yang sejuk dan “ndeso” menjadi daya tarik sendiri bagi Rosella Easy Dining. Restoran yang terletak di Sleman ini memiliki menu-menu tradisional Indonesia yang dikemas dengan sentuhan modern dan terkesan mewah. Menu favorit di Rosella Easy Dining di antaranya adalah Pecel Ayam, Rawon, serta sajian peninggalan jaman Belanda, Rijstaffel.

 

  1. Beukenhof Restaurant

Alamat: Kawasan Museum Ullen Sentalu, Jl. Boyong Km. 25, Kaliurang Barat, Yogyakarta

Photo Credit: @chainofmind

Vintage dan unik, itulah kesan yang akan kamu rasakan ketika melangkahkan kaki ke dalam restoran yang terletak di dalam area museum ini. Desainnya bergaya kolonial khas rumah-rumah Belanda tempo doeloe, mulai dari penggunaan ubin bermotif, kehadiran lampu-lampu gantung, pilar,, serta jendela-jendela yang besar. Namun yang bikin restoran ini tambah spesial adalah area outdoor-nya yang begitu romantis bak sedang berada di tengah hutan nan sejuk.

 

  1. Pasta Banget Signature

Alamat: Jl. Watugede No.2A, Sleman, Yogyakarta

Photo Credit: Pasta Banget Signature

Pasta dan Corn Dog identik dengan sajian comfort food yang kasual, namun di Pasta Banget Signature, kamu bisa menikmatinya dengan cara yang lebih berkelas dan romantis namun sangat ramah di kantong. Jika datang ke sini di malam hari, suasana lilin, dan lampu-lampu yang terpasang di pohon ataupun sawah yang mengitari resto ini langsung memberi nuansa romantis. Pas banget untuk dinner date bareng gebetan.

 

  1. Gadjah Wong Restaurant

Alamat: Jl. Affandi No.79D, Depok, Sleman, Yogyakarta

Photo Credit: @plexplorer93

Tempat ini bisa kita sebut warung makan ekslusif karena konsepnya mengabungkan tradisional dan kontemporer. Pengunjung di sini kebanyakan wisatawan. Menu yang disajikan cukup mewah dan suasananya lain dari pada resto umumnya. Memasuki Gadjah Wong ada tiga pilihan ruang untuk makan yaitu Ruang Bebek, Gajah, atau Kura kura – masing masing memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

 

  1. Canting Restaurant

Alamat: Galeria Mall Lt. 4 Rooftop, Jalan Sudirman No. 99-101, Gondokusuman, Yogyakarta

Photo Credit: Canting Restaurant

Meskipun sedang berada di mall, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati suasana bersantap yang romantis berdua si dia. Bahkan memasuki Canting Restaurant yang berada di area rooftop Galeria Mall, suasananya sangat jauh berbeda, begitu mewah dan elegan seolah kita sudah tidak berada di mall lagi. Menunya sangat beragam, dari Asia, Eropa, Indonesia sampai menu fusion seperti Short Ribs Adobo yang menggiurkkan.

 

  1. Gazebo Garden Restaurant

Alamat: Kompleks Purawisata, Jl. Brigjen Katamso, Gondomanan, Yogyakarta

 

Photo Credit: Rob Verhoef

Suasana petang menjelang malam di Gazebo Garden Resto Purawisata ini benar-benar romantis. Pemandangan temaram Joglo Rama dan Gazebo Shinta yang didominasi lampu kuning sangat memesona. Kentara sekali kalau Purawisata memang mengusung konsep yang mencerminkan citra Jogja sebagai Kota Budaya. Walaupun njawani, tapi kesan mewah tetap ditampilkan lewat susunan menu di setiap meja.

  

  1. Sasanti Restaurant & Lounge

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 52A, Yogyakarta

Photo Credit: Sasanti Restaurant & Lounge

Tempat ini bisa dibilang merupakan salah satu restoran terbaik di Jogja. Perpaduan antara citarasa kuliner kelas tinggi bertemu disatukan dengan seni kerajinan Yogyakarta yang sudah kesohor. Temaramnya lampu taman di tepian kolam yang jernih akan membuat suasana semakin romantis. Serasa di Bali! Buat kamu yang ingin menikmati santap makan malam di bawah langit yang indah, maka Sasanti adalah tempat yang sangat kami rekomendasikan.

 

  1. Abhayagiri Restaurant

Alamat: Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu, Prambanan, Yogyakarta

Photo Credit: @sora_ruki

Inilah salah satu restoran yang sedang hits di Instagram. Meskipun perjalanan ke sini dari pusat kota lumayan menyita waktu, namun keindahan pemandangan yang ditawarkannya benar-benar spektakuler dan romantis. Kalau berencana makan malam di sini, sebaiknya datanglah dari sore hari supaya kamu bisa menyaksikan panorama sunset yang menakjubkan, Gunung Merapi, juga Candi Prambanan di kejauhan.

 

  1. La Pergola Italiano Restorante

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.10, Mantrijeron, Yogyakarta

Photo Credit: @rezayudhistiira

Suasana yang romantis dan terkesan mewah menjadi salah satu pembeda restoran ini dengan rumah makan lain di Yogyakarta. Ada pilihan untuk duduk di luar ruangan maupun di dalam ruangan. La Pergola sendiri bertempat di sebuah rumah lama dengan halaman yang cukup luas dan terawatt dengan air mancur di tengah-tengahnya. Romantis kan? Menunya? So pasti serba Italian.

 

  1. Indische Koffie

Alamat: Museum Benteng Vredeburg, Jl. Jend. A. Yani No. 6, Yogyakarta

Photo Credit: Indische Koffie

Berada di dalam satu bangunan bersejarah di Indonesia, Indische Koffie menyajikan  wisata kuliner dan wisata sejarah dalam satu tempat. Begitu masuk, para pengunjung akan diajak bernostalgia kembali pada jaman kolonial Belanda. Atmosfer masa lampau pun dihadirkan melalui ornamen-ornamen ruangan dan galeri foto yang ada di Indische Koffie.

 

  1. Sekar Kedhaton Restaurant

Alamat: Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta

Photo Credit: Sekar Kedhaton

Restoran yang mengusung tagline A Luxurious Touch of The Royal Javanese Majesty” adalah tempat yang sangat unik, di mana tamu tidak hanya dapat menikmati menu makanan terbaik yang disajikan, namun di sini pengunjung juga dapat menemukan kemewahan dan kenyamanan suasana dengan sentuhan-sentuhan keagungan dekorasi etnik Jawa yang kental.

 

 

 

 

 

Leave a Reply