16 Tempat di Jogja yang Bikin Kamu Makin Baper sama AADC 2

 

571f3ef2956f9854329526 (1)

source : www.cumicumi.com

Sejak Cinta dan Rangga berpisah di bandara pada tahun 2002 lalu, para penggemar film Ada Apa dengan Cinta (AADC) bertanya-tanya tentang kisah kelanjutan mereka. Akhirnya, pada tanggal 28 April 2016 kemarin, pasangan tersebut kembali hadir di layar lebar melalui film AADC 2. Berbeda dari film pertama, 70% proses syuting dilakukan di Yogyakarta. Riri Riza selaku sutradara berkata bahwa pihaknya ingin menampilkan sisi lain kota tersebut. Tempat mana saja yang dipilih sebagai lokasi syuting AADC 2?

 

Rumah Doa Bukit Rhema

1. Rumah Doa Bukit rhema

Photo Credit: assets.kompas.com

Lokasi satu ini dipilih sebagai latar perbincangan serius yang dilakukan Cinta dan Rangga setelah berpisah selama empat belas tahun. Berbeda dari kebanyakan rumah doa yang biasa Anda lihat, Rumah Doa Bukit Rhema berbentuk seperti ayam, lengkap dengan kepala dan corong mulutnya. Ia terletak di kawasan Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah.

 

Via-Via Restaurant & Bakery

2. Via-Via Restaurant & Bakery

Photo Credit: 2.bp.blogspot.com

Bosan dengan bakpia pathok sebagai jajanan khas Yogyakarta? Anda dapat mengunjungi Via-Via Restaurant & Bakery yang terletak di Jalan Manukan, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta ini. Mayoritas menu yang ditawarkan dibuat menggunakan bahan-bahan organik, jadi kesehatannya sudah pasti terjamin. Di toko roti ini jugalah tokoh Milly dan Karmen melihat Rangga untuk pertama kalinya.

 

Punthuk Setumbu

3. Punthuk Setumbu

Photo Credit: jalanjogja.com

Saat ini, Punthuk Setumbu menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Anda dapat menikmati fenomena alam tersebut lengkap dengan latar belakang Candi Borobudur yang masih menyerupai siluet ketika terkena kabut pagi.

 

Sellie Coffee

4. Sellie Coffee

Photo Credit: cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Sudah sempat menonton trailer film AADC2? Anda pasti ingat adegan ketika Cinta dan Rangga duduk berdua berhadap-hadapan di sebuah kafe, dengan Cinta yang terlihat marah sambil mengatakan, “Rangga, apa yang kamu lakukan ke saya itu…. jahat.” Ya, di Sellie Coffee inilah adegan tersebut diambil. Apabila tertarik mengunjunginya, Anda bisa langsung ke Jalan Geriliya No. 882, Prawirotaman II.

 

Klinik Kopi

5. Klinik Kopi

Photo Credit: laughonthefloor.com

Selain wisata bersejarah, Yogyakarta juga merupakan “rumah” dari berbagai kedai kopi unik dan cozy, salah satunya adalah Klinik Kopi yang terletak di Jalan Kaliurang KM 75 ini. Bagi yang sudah menonton film AADC 2, Anda pasti masih ingat dengan seorang barista yang sempat mengobrol dengan Cinta dan Rangga, bukan? Ia adalah Pepeng, pemilik dari Klinik Kopi.

 

Villa Sunset

6. Villa Sunset

Photo Credit: webmaya.com.my

Selama berlibur di Yogyakarta, Cinta, Karmen, Milly, dan Maura memutuskan untuk menginap di Villa Sunset. Tidak hanya konsepnya yang terkesan jadul, Villa Sunset juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Anda bahkan dapat menikmati matahari terbenam dari sana. Tertarik untuk mengajak teman dan keluarga menginap di Villa Sunset? Lokasinya terletak di kawasan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

 

Lokal Resto

7. Lokal Resto

Photo Credit: 4.bp.blogspot.com

Lokal Resto terletak persis di depan bangunan hotel dengan nama sama, tepatnya di Jalan Jembatan Merah nomor 104C, Yogyakarta. Meski bernama “Lokal”, resto satu ini tetap menyediakan beberapa menu western. Meski begitu, mayoritas bahan yang digunakan berasal dari dalam negeri. Tempatnya begitu cozy dengan desain interior apik, tidak heran jika Lokal Resto juga muncul pada film AADC2.

 

Greenhost Hostel

8. Greenhost Hotel

Photo Credit: pix6.agoda.net

Masih ingat dengan adegan pameran karya seni Eko Nugroho dalam film AADC2? Di Greenhost Hostel inilah acara tersebut berlangsung. Hotel yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan berbagai dedaunan yang menjulur pada bangunannya ini terletak di Jalan Prawirotaman II. Selain itu, Greenhost Hostel ternyata juga dijadikan sebagai tempat menginap resmi oleh para kru film AADC2 selama syuting di Yogyakarta.

Oxen Free

9. Oxen Free

Photo Credit: 4.bp.blogspot.com

Kedai kopi lain yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta adalah Oxen Free. Terletak di Jalan Sosrowijayan No. 2, Yogyakarta, Oxen Free mengusung tema kebun dengan dua macam ruangan, yakni indoor dan outdoor. Jika sudah menonton film AADC2, Anda pasti tahu bahwa Oxen Free menjadi salah satu bagian dari kisah pertemuan Cinta dan Rangga.

 

Sate Klatak Pak Bari

10. Sate Klatak Pak Bari

Photo Credit: sonofmountmalang.files.wordpress.com

Gudeg bukan hanya satu-satunya makanan enak yang bisa Anda temukan di Yogyakarta. Coba kunjungi kawasan Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul. Anda akan menemukan sebuah warung Sate Klatak Pak Bari yang menjadi salah satu rujukan wisata kuliner terbaik di Yogyakarta. Cinta dan Rangga bahkan tidak melewatkan kesempatan untuk dapat mencicipinya.

 

Istana Ratu Boko

11. Istana Ratu Boko

Photo Credit: 1hal.com

Apabila Punthuk Setumbu merupakan salah satu tempat terbaik di Yogyakarta untuk menikmati sunrise, maka predikat salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset dipegang oleh Istana Ratu Boko. Terletak di Jalan Solo KM 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, lokasi ini memiliki luas 250 ribu meter persegi dengan berbagai situs bersejarah tersaji di sana.

 

Papermoon Puppet Theatre

12. Papermoon Puppet Theatre

Photo Credit: 1.bp.blogspot.com

Apakah Anda merupakan penggemar seni teater? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Papermoon Puppet Theatre ketika berada di Yogyakarta. Tempat satu ini menjadi saksi malam romantis yang dilewati Cinta dan Rangga sambil menikmati pertunjukan teater. Lokasinya berada di Jalan Langensuryo KT II No. 176.

 

Pantai Parangkusumo

13. Pantai Parangkusumo

Photo Credit: cahayablog.files.wordpress.com

Berbicara tentang Yogyakarta, Pantai Parangtritis pasti menjadi salah satu destinasi yang paling sering disebutkan. Sesekali, cobalah untuk mengunjungi Pantai Parangsukmo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini, yang bisa ditempuh hanya sekitar 45 menit dari pusat kota. Pantai ini jugalah yang menjadi salah satu destinasi kunjungan Cinta, Karmen, Milly, dan Maura.

 

Kotagede

14. Kotagede

Photo Credit: upload.wikimedia.org

Kotagede merupakan salah satu kecamatan yang ada di Yogyakarta. Hal yang membuatnya berbeda dari kecamatan-kecamatan lain adalah banyaknya situs bersejarah di sana. Pada film AADC2, lokasi dari Kotagede yang dipilih untuk syuting adalah Makan Panembahan Senopati. Senopati merupakan raja Mataram Islam pertama yang wafat pada tahun 1601.

 

Padepokan Pak Bagong Kussudiardja

15. Padepokan Pak Bagong Kussudiardja

Photo Credit: pegipegi.com

Padepokan satu ini dikenal sangat aktif dalam melakukan berbagai kegiatan seni di Yogyakarta, mulai dari lukisan hingga penampilan musik. Terletak di kawasan Desa Kembaran, Kasihan, Bantul, Padepokan Pak Bagong Kussudiarja dipilih sebagai lokasi ketika Cinta mengucapkan selamat tinggal kepada Rangga dalam film AADC2.

 

Restoran Bu Ageng

16. Restoran Bu Ageng

Photo Credit: warungbuageng.com

Sudah merasa lelah berkeliling Yogyakarta? Restoran Bu Ageng dapat menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat. Menu yang ditawarkan tidak jauh dari nuansa rumahan, seperti nasi campur, ayam suwiran, es cincau, bubur jagung, dan sebagainya. Seniman Butet Kertaradjasa adalah pemilik dari Restoran Bu Ageng ini. Pada film AADC2, tokoh Milly, Karmen, dan Maura juga sempat mengunjungi restoran tradisional satu ini.

 

Apabila Anda merupakan penggemar berat dari film AADC2, tidak ada salahnya melakukan napak tilas ke enam belas lokasi di atas untuk mengenang kembali berbagai adegannya. Tidak hanya menghidupkan kembali kisah Cinta dan Rangga, film AADC2 juga berhasil menampilkan sisi lain dari kota Yogyakarta.

 

4 thoughts on “16 Tempat di Jogja yang Bikin Kamu Makin Baper sama AADC 2

Leave a Reply