17 Ciri Khas Orang Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

0. HeaderPhoto Credit: tpp8a.com

Sepertinya hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki love-hate relationship dengan negara kebanggaan kita ini. Padahal, perasaan tersebut juga muncul akibat perilaku kebiasaan masyarakatnya sendiri. Ada yang bikin kamu bangga, gelen-geleng kepala, menggeram gemas, terenyuh, dan tentunya kangen, apalagi jika kamu sudah lama tidak tinggal di Indonesia. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

Harus Makan Nasi

1. Harus Makan Nasi

Photo Credit: aceh.tribunnews.com

Bagi orang Indonesia, belum makan namanya kalau belum pakai nasi! Bahkan jika sudah makan karbohidrat lain seperti roti atau pasta, kebanyakan dari kita pasti masih akan makan lagi dengan nasi. Perut rasanya belum kenyang!

Menawar Harga

2. Menawar Harga

Photo Credit: indonesianway.com

Coba kamu datang ke pasar-pasar tradisional di daerah tempat tinggal, pemandangan ibu-ibu yang terlihat sedang bertengkar dengan penjual dagangan sudah tidak asing lagi ditemukan. Padahal, sebenarnya mereka sedang melakukan proses tawar menawar harga. Tidak ada yang akan mengalah sampai bertemu titik tengah.

Makan Cabai Rawit Mentah-Mentah

3.Makan Cabai Rawit Mentah-Mentah

Photo Credit: pak-tani.com

Di luar negeri, mana ada orang yang memakan cabai rawit mentah–mentah? Orang Indonesia biasanya memakan cabai rawit sebagai pelengkap gorengan. Beberapa juga memakannya sebagai pendamping mi goreng.

Menyentuh Dada Setelah Bersalaman dengan Orang

4. Menyentuh Dada Setelah Bersalaman dengan Orang

Photo Credit: indo5.net

Salaman dengan orang memang sudah biasa, tapi menyentuhkan tangan ke dada setelah bersalaman? Sepertinya hanya terjadi di Indonesia. Entah apa tujuannya dan bagaimana sejarahnya, tapi kebiasaan satu ini benar-benar sudah mendarah daging.

Tidak Sedia Tisu Toilet

Lantai Granit Untuk Kamar Mandi Mendesain Kamar Mandi Yang Menarik Dan Nyaman Niro Granite Indonesia  - Desain Rumah, Interior, Eksterior, Gedung, Hotel, Sekolah
Photo Credit: zonadesain.com

Mau buang air kecil maupun besar, orang Indonesia harus menggunakan air untuk membersihkan diri. Beda sekali dari masyarakat luar negeri yang lebih memilih untuk menggunakan tisu khusus toilet.

Makan Belum Lengkap Tanpa Sambal

6. Makan Belum Lengkap Tanpa Sambal

Photo Credit: thestar.com.my

Mungkin tidak semua dari kamu menyukai makanan pedas, tetapi memang rasanya tidak afdol kalau makan tanpa sambal. Coba lihat beberapa kenalan kamu yang hendak pindah ke luar negeri. Kemungkinan besar mereka pasti membawa bekal sambal botolan untuk persediaan selama di sana.

Kerokan

7. Kerokan

Photo Credit: radarpekalongan.com

Kebiasaan satu ini benar-benar unik. Kerokan dilakukan sebagai bentuk penyembuhan untuk orang yang masuk angin. Di sisi lain, penyakit masuk angin ini pun sepertinya juga hanya bisa kamu temukan di Indonesia.

Memperhatikan Kecelakaan di Jalan

8. Memperhatikan Kecelakaan di Jalan

Photo Credit: kjbcnews.com

Jalanan yang biasanya lancar mendadak macet? Mungkin sedang terjadi kecelakaan, tapi bukan itu yang menjadi penyebabnya, melainkan orang-orang yang berhenti untuk menyaksikan kejadian tersebut.

Makan Langsung Pakai Tangan

9. Makan Langsung Pakai Tangan

Photo Credit: palembang.tribunnews.com

Beberapa orang Indonesia mungkin menganggap kebiasaan satu ini menjijikkan karena alasan higienis, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa makanan yang memang lebih nikmat disantap langsung dengan tangan, seperti pecel lele

Cari Tanggal Merah

10. Cari Tanggal Merah

Photo Credit: jalantikus.com

Ada satu ritual yang kerap dilakukan orang Indonesia setiap awal bulan, yakni mencari tanggal merah. Baru memulai bulan baru untuk bekerja atau sekolah, sudah pengin cepat-cepat libur saja.

Hanya Patuh Saat Ada Petugas

11. Hanya Patuh Saat Ada Petugas

Photo Credit: merahbirunews.com

Bagi orang Indonesia, mungkin peraturan memang diciptakan untuk dilanggar, ya. Kita baru akan menaati peraturan tersebut jika ada penampakan polisi atau petugas yang berkepentingan.

Selalu Pakai Tangan Kanan

12. Selalu Pakai Tangan Kanan

Photo Credit: proideo.co

Sejak kecil, kamu diberi tahu orang tua untuk selalu menggunakan tangan kanan, baik ketika makan, bersalaman, atau memberikan barang. Orang Indonesia dengan tangan kidal pun dipandang sebagai sosok yang “langka” dan “wow”.

Membungkukkan Badan Saat Melewati Orang yang Lebih Tua

13. Membungkukkan Badan Saat Melewati Orang yang Lebih Tua

Photo Credit: tanjunkpriok.blogspot.com

Kebiasaan satu ini mungkin lebih banyak ditemukan di kalangan orang Jawa. Ketika melewati orang yang lebih tua, mereka akan secara otomatis membungkukkan badan sambil mengatakan “permisi” untuk menghormati keberadaan orang yang lebih tua tersebut.

Rasa Ingin Tahu Berlebihan

14. Rasa Ingin Tahu Berlebihan

Photo Credit: huffingtonpost.com

“Sudah lulus?”, “Kapan nikah?”, “Kok belum punya anak?” merupakan contoh pertanyaan yang kerap muncul ketika berkumpul bersama keluarga besar atau reuni dengan teman lama. Bukan sebagai bentuk dari rasa peduli, melainkan hanya buah dari rasa ingin tahu.

Menyekar Sebelum Lebaran

15. Menyekar Sebelum Lebaran

Photo Credit: undaanlor.desa.id

Tradisi ini sepertinya hanya ada dalam agama Islam. Saat puasa hingga menjelang lebaran, makam-makan di Indonesia biasanya akan ramai dengan pengunjung yang menyekar untuk membacakan Alquran dan berbagai doa.

Lomba Hari Kemerdekaan Indonesia

16. Lomba Hari Kemerdekaan Indonesia

Photo Credit: jabar.tribunnews.com

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi salah satu dari sekian banyak momen bersejarah negara kita. Berbagai lomba seperti makan kerupuk dan memasukkan paku dala botol pun diadakan untuk memperingatinya.

Gotong Royong

17. Gotong Royong

Photo Credit: blog.aseankorea.org

Saat ada tetangga yang meninggal atau mengadakan acara, orang Indonesia tidak akan segan memberikan bantuan. Hal ini merupakan salah satu bentuk gotong royong yang memang menjadi ciri khas Indonesia. Sifat gotong royong ini bahkan kerap dikagumi oleh orang-orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia.

Itulah beberapa ciri khas orang Indonesia yang akan selalu membuat kamu kangen. Terlepas dari love-hate relationship yang kamu rasakan terhadap Indonesia, tidak ada negara lain yang lebih nyaman untuk ditinggali selain di negeri sendiri. Setuju?

Leave a Reply