17 Destinasi Liburan Favorit di Indonesia

00 - cover image

Photo credit: Sebandung.com

Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang punya banyak lokasi wisata menarik. Beragam kekayaan alam serta budaya yang menarik menjadi salah satu hal yang membuat Indonesia dipandang sebagai lokasi tujuan wisata oleh banyak wisatawan asing. Spesial di Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus ini, kali ini kalian akan disuguhkan dengan 17 destinasi liburan paling favorit di Indonesia.

ย Kawah Putih โ€“ Bandung

01 - kawah putih

Photo credit: noorhotel.com

Di lokasi wisata ini, kalian dapat merasakan sensasi kawah serba putih yang cantik dan mempesona. Kawah Putih terletak di arah Gunung Patuha yang terletak sekitar 50 km selatan Kota Bandung.

Air Terjun Sipisopiso โ€“ Medan

02 - sipiso-pisoPhoto credit: jalansanasini.com

Meski namanya mengandung benda tajam, kalian tidak akan menemukan pisau di Air Terjun Sipisopiso. Yang kalian temukan adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter.

Taman Laut Nasional Bunaken โ€“ Manado

03 - bunaken

Photo credit: duniabackpacker.net

Nama Taman Laut Nasional Bunaken rasanya sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan baik asing maupun lokal. Di sini, kalian dapat melihat 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Dugon adalah salah satu keunggulan di Bunaken.

ย Gunung Rinjani โ€“ Lombok

04 - rinjani

Photo credit: trekkingrinjani.com

Gunung vulkanis yang masih aktif hingga sekarang ini jadi daya tarik wisata populer di Lombok selain pantainya yang indah. Di sini, kalian akan menemukan pemandangan luar biasa dari ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Fort Rotterdam โ€“ Makassar

05 - fort rotterdam

Photo credit: sobatpetualang.com

Mungkin dari namanya, kalian langsung menduga bahwa ini adalah benteng peninggalan Belanda. Keunikan banteng ini terletak pada desainnya yang mirip penyu sehingga benteng ini juga kerap disebut sebagai Benteng Penyu.

Pantai Tanjung Tinggi โ€“ Bangka Belitung

06 - tanjung tinggi

Photo credit: ksmtour.com

Yang satu ini merupakan pantai paling menawan di Bangka Belitung. Tak heran bila lokasi ini dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Hamparan pasir putih yang menyatu dengan bebatuan granit membuat pantai ini makin eksotis.

Museum Tsunami โ€“ Aceh

07 - museum tsunami

Photo credit: glory-travel.com

Bencana tsunami yang sempat menerjang Aceh di 2004 lalu memang menyisakan duka yang amat dalam. Untuk itu, dibangunlah Museum Tsunami demi upaya mengenang serta menghormati korban meninggal akibat bencana tersebut. Bangkitnya semangat masyarakat Aceh pasca bencana adalah satu hal yang wajib kita apresiasi bersama.

Klenteng Sam Poo Kong โ€“ Semarang

08 - sam poo kong

Photo credit: atmajayanews.wordpress.com

Lokasi ini merupakan petilasan dimana Laksamana Tiongkok, Cheng Ho, mendarat dan singgah di Semarang untuk pertama kalinya.

Pantai Balekambang โ€“ Malang

09 - Pantai Balekambang malang

Photo credit: wisatabahari-jawatimur.blogspot.co.id

Malang Selatan merupakan daerah yang dijuluki sebagai Kota Seribu Pantai karena banyaknya pantai yang terdapat di daerah ini. Salah satunya adalah Pantai Balekambang, yang sering juga dianggap sebagai โ€œTanah Lot-nya Malangโ€ karena terdapat pura di tengah pulau kecil yang terpisahkan oleh air.

Tugu Khatulistiwa โ€“ Pontianak

10 - tugu khatulistiwa

Photo credit: wisatapontianak.com

Tugu yang satu ini merupakan kebanggaan warga Pontianak. Tugu ini menanadai garis imajiner khatulistiwa yang melintas mengelilingi bumi.

Pasar Terapung โ€“ Banjarmasin

11 - pasar terapung

Photo credit: hasanzainuddin.wordpress.com

Pasar Terapung ini merupakan ciri khas masyarakat Banjarmasin. Disebut terapung karena semua kegiatan dagang dilakukan di atas perahu yang berkumpul di muara Sungai Barito. Istimewanya, aktivitas ini telah ada sejak 400 tahun lalu!

Pulau Cinta โ€“ Gorontalo

Web

Photo credit: pulocinta.com

Ingin berbulan madu dengan tenang sambil menikmati indahnya pantai pasir putih? Pulau Cinta di Gorontalo bisa jadi pilihan liburan kalian berikutnya.

Kepulauan Raja Ampat โ€“ Papua

13 - raja ampat

Photo credit: www.remotelands.com

Kepulauan Raja Ampat merupakan surganya pecinta snorkelling. Di perairan kepulauan ini terdapat sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu.

Pantai Kuta โ€“ Bali

14 - pantai kuta

Photo credit: pedomanwisata.com

Di mata wisatawan dunia, Pantai Kuta merupakan destinasi paling favorit karena lokasinya yang dekat dengan bandara dan keramaian kota. Ombak di pantai ini juga cocok untuk peselancar pemula yang baru belajar surfing.

Keraton Ngayogyakara Hadiningrat โ€“ Yogyakarta

15 - keraton-jogja

Photo credit: oediku.wordpress.com

Biasa disebut sebagai Keraton Yogyakarta, lokasi yang satu ini merupakan tempat dimana generasi ke generasi Kesultanan Yogyakarta memimpin daerahnya. Saat ini keraton juga jadi tempat wisata penuh budaya yang wajib didatangi ketika berada di Yogyakarta.

Tugu Pahlawan โ€“ Surabaya

DSC_0194

Photo credit: Wikipedia.org

Monumen yang satu ini merupakan markah bagi kota berjuluk Kota Pahlawan ini. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa 10 November dimana banyak pahlawan gugur dalam perang kemerdekaan.

Tugu Monas โ€“ Jakarta

17 - tugu monas

Photo credit: iberita.com

Monas atau Monumen Nasional adalah kebanggaan Indonesia. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 dan dipimpin oleh Presiden Soekarno. Uniknya, di ujung Tugu Monas terdapat replika api yang dilapisi emas asli sebagai lambang semangat perjuangan masyarakat Indonesia.

Dengan mengetahui 17 destinasi liburan favorit di Indonesia, diharapkan kalian sebagai generasi penerus bangsa dapat mendukung perkembangan potensi wisata Indonesia sehingga nama bangsa sebagai destinasi wisata Internasional semakin kuat. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Leave a Reply