17 Kuliner Favorit Indonesia

0. HeaderPhoto Credit: recipeshubs.com

Indonesia dikenal dengan peninggalan budaya yang beragam. Dari seluruh peninggalan tersebut, aspek kuliner tidak boleh lupa untuk disebut. Tiap daerah bahkan sepertinya memiliki kuliner khas yang saking terkenalnya, kini sudah menjadi menu favorit masyarakat se-Indonesia. Kuliner jugalah yang kerap dirindukan oleh orang Indonesia setiap kali mereka traveling atau merantau ke luar negeri. Apa saja kuliner tersebut?

Ketoprak

1. Ketoprak

Photo Credit: titofebrian.com

Kebanyakan ketoprak di Indonesia disajikan dengan potongan lontong ketupat, lengkap dengan tahu, mi beras, dan komponen-komponen lain yang disiram menggunakan bumbu kacang. Ketoprak paling sering dijumpai di Jakarta, mengingat bahwa kuliner satu ini merupakan khas Betawi.

Siomay

2. Siomay

Photo Credit: masakanpraktis.com

Kalau siomay asli, biasanya terbuat dari berbagai macam daging, mulai dari udang, kepiting, hingga sapi. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang membuat siomay dengan bahan utama tepung kanji dan menjualnya di ruas pinggir jalan.

Nasi Goreng

3. Nasi Goreng

Photo Credit: makanajib.com

Makanan satu ini bisa dibilang merupakan comfort food-nya orang Indonesia. Rasanya hampir setiap restoran menyajikan nasi goreng sebagai salah satu menunya. Variannya pun bermacam-macam, ada yang khas Jawa hingga ala Singapura.

Bakso

4. Bakso

Photo Credit: merahputih.com

Daerah Indonesia mana yang tidak mengenal bakso? Baik dijual di depot, restoran, maupun secara berkeliling, bakso selalu memiliki penikmatnya tersendiri. Hingga saat ini, sepertinya Bakso Malang masih menjadi pemimpin di Kerajaan Bakso Indonesia.

Sate

5. Sate

Photo Credit: holobis.net

Mau daging ayam, sapi, atau kambing, selama ditusuk pada sebatang kayu lidi dan disiram bumbu kacang berwarna cokelat pekat, sepertinya rasanya akan selalu lezat. Sate dimasak dengan cara dibakar di atas arang, jadi rasa manis dari bumbu dan kecapnya akan tercampur dengan “rasa asap” dari arang. Yumm!

 Gado-Gado

6. Gado-Gado

Photo Credit: nuttedoutnutrition.com.au

Ini dia salad khas Indonesia! Apabila sayur-sayuran dalam salad disiram dengan mayonais, maka gado-gado memiliki bumbu kacang. Gado-gado akan semakin terasa nikmat jika didampingi dengan kerupuk udang dan emping.

 Opor Ayam

7. Opor Ayam

Photo Credit: junglekey.in

Biasanya, kuliner satu ini mendadak populer ketika lebaran datang. Kuahnya bertekstur kental karena terbuat dari santan. Kamu bisa menyantap opor ayam menggunakan nasi atau lontong. Apapun pilihanmu, rasanya akan sama lezatnya!

Gudeg

8. Gudeg

Photo Credit: cumibunting.com

Jangan mengaku suka makanan dengan rasa manis kalau belum pernah mencoba gudeg. Kuliner khas Yogyakarta satu ini berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan gula merah dan santan. Kamu bisa memilih lauk ayam, telur, atau lainnya sebagai pelengkap.

Rawon

9. Rawon

Photo Credit: mangcook.com

Kuah rawon memiliki warna yang gelap karena terbuat dari kluwek, salah satu bahan dapur kebanggaan Indonesia. Lauk rawon biasanya hadir dalam bentuk potongan daging. Beberapa orang juga suka menaburkan taoge pada rawon mereka.

Pempek

10. Pempek

Photo Credit: pempeklince.com

Berasal dari Palembang, biasanya pempek dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Ada pula pempek berisi telur yang disebut dengan pempek kapal selam. Kuah pempek terbuat dari gula dan saus cuka.

Soto

11. Soto

Photo Credit: duabelibis.co.id

Ada berbagai macam jenis soto di Indonesia, yang paling standar terdiri dari daging ayam dengan siraman kuah berwarna kuning bening. Beberapa daerah di Indonesia memiliki soto khas masing-masing seperti Soto Lamongan dan Soto Banjar.

Pecel Lele

12. Pecel Lele

Photo Credit: tokomesin.com

Di kawasan Jawa Timur, pecel lele lebih akrab disebut sebagai penyetan. Karena berbeda dari pecel standar yang terdiri dari sayuran dengan siraman bumbu kacang, pecel lele adalah lele yang digoreng dan disajikan bersama sambal.

 Otak-Otak

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Photo Credit: en.wikipedia.org

Otak-otak disajikan di salam daun pisang, lalu dibakar di atas tungku arang. Bahan utamanya terbuat dari ikan tenggiri, mirip dengan pempek. Kamu bisa mencelupkan otak-otak ke dalam bumbu kacang sebelum memakannya.

Batagor

14. Batagor

Photo Credit: resepharian.com

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Sudah jelas, bukan, apa bahan dasarnya? Kuliner asli Bandung ini disajikan dengan bumbu kacang yang biasanya dicampur dengan sambal.

Pepes

15. Pepes

Photo Credit: putrichairina.com

Dimasak di dalam balutan daun pisang, bahan utama untuk lauk pepes bisa bermacam-macam, mulai dari tahu, ikan, ayam, hingga udang. Nikmat sekali dinikmati dengan nasi panas dan kerupuk.

Rendang

16. Rendang

Photo Credit: duniainter.net

Siapa orang Indonesia yang tidak mengenal kuliner satu ini? Bahkan dunia internasional pun mengakui kelezatannya. Rendang berhasil masuk pada daftar 50 Hidangan Terlezat di Dunia very CNN Internasional. Kamu bisa menemukan rendang di berbagai restoran masakan Padang.

Gorengan

17. Gorengan

Photo Credit: majalahkesehatan.com

Camilan wajib masyarakat Indonesia! Bahan yang digoreng bisa bermacam-macam, mulai dari tahu, tempe, pisang, ketela, dan lain sebagainya. Gorengan bisa kamu temukan di berbagai ruas pinggir jalan.

Agak keterlaluan kalau setelah membaca tujuh belas kuliner favorit Indonesia, kamu tidak merasa tergiur sedikit pun. Perut kamu juga harus dimerdekakan dari rasa lapar yang mendera. Kuliner Indonesia adalah menu yang tepat untuk mengatasi rasa lapar kamu. Memang tidak ada yang bisa bisa menandingi kelezatan kuliner Indonesia, ya!

Leave a Reply