17 Pantai Terbaik di Indonesia

00 - cover image

Photo credit: www.ciputra-uceo.net

Sebagai negara maritim dengan ribuan pulau yang ada, Indonesia memiliki banyak pantai indah yang jadi pilihan utama ketika berwisata. Baik pasir hitam atau pasir putih, di daerah yang ramai penghuni hingga terpencil, keindahan panorama pantai di Indonesia tidak dapat ditandingi oleh pantai manapun. Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh di tanggal 17 Agustus nanti, berikut ini adalah 17 pantai terbaik di Indonesia yang dapat Anda jadikan destinasi wisata di masa liburan nanti.

Pantai Nihiwatu – Sumba

01Photo credit: kakabantravelservices.blogspot.com

Tersembunyi dibalik rimbunnya hutan Sumba, Pantai Nihiwatu yang terbentang sepanjang 2,5 kilometer ini jadi urutan 17 pantai terbaik di dunia.

Pantai Pink – Pulau Komodo

02

Photo credit: telusurindonesia.com

Pasir hitam itu elegan. Pasir putih, menawan. Bagaimana dengan pasir pink? Di Pantai Pink, Pulau Komodo, ini terdapat pasir pantai berwarna pink yang merupakan percampuran antara pasir putih dan pasir merah. Pantai seperti ini hanya ada tujuh di dunia.

Pulau Weh – Aceh

03

Photo credit: www.pepih.com

Pulau yang terletak di ujung barat wilayah Indonesia ini memiliki beberapa pantai yang luar biasa indah. Ada Anoi Itam, Gapang, dan Iboih yang jadi andalan pantai tujuan wisata di Pulau Weh.

Raja Ampat – Papua

04

Photo credit: zonalibur.com

Nama kepulauan yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Tak perlu sebutkan nama pantainya, daerah ini punya banyak pantai yang semuanya indah seperti mawar melati.

Teluk Tomini – Sulawesi Utara

05 - teluk tomini

Photo credit: kompas.com

Tak usah diragukan lagi keindahan pantai di Teluk Tomini. Salah satu hal yang jadi keunggulan Teluk Tomini adalah kejernihan airnya. Oleh karena itu, lokasi ini cocok untuk snorkeling dan diving.

Pantai Ora – Maluku Tengah

06

Photo credit: piknikasik.com

Tahu Pantai Bora-Bora yang ada di Maladewa? Pantai Ora adalah kembarannya. Terletak di Maluku Tengah, pantai ini sering jadi lokasi wisata favorit wisatawan mancanegara.

Pantai Sawarna – Banten

07

Photo credit: mohiyosrosyid.wordpress.com

Hanya beberapa jam dari Jakarta, Pantai Sawarna yang terletak di Banten ini punya banyak bukit berbatu, gua, dan hutan lebat. Cocok sekali untuk kamu yang suka berpetualang.

Pulau Derawan – Kalimantan

08

Photo credit: www.pasirpantai.com

Pulau yang terletak di timur Pulau Kalimantan ini memiliki beragam flora dan fauna laut yang tergolong langka. Di sini, kamu bisa berenang bebas di lautan lepas.

Pulau Belitung – Kepulauan Bangka Belitung

09

Photo credit: www.bobocantik.com

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu destinasi pantai terindah yang paling menarik di Pulau Belitung. Lokasi ini sempat jadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Pantai Pasir Putih, Karang Asem – Bali

10

Photo credit: plesiryuk.com

Jauh dari kota, lokasi pantai ini berada di daerah Bali Timur. Pantai yang cukup tersembunyi ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Gili Trawangan – Lombok

11

Photo credit: webwisata.com

Pantai yang satu ini mungkin jadi yang paling sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Namun memang, keindahan dan kekayaan alam di Pantai Gili Trawangan tak bisa disejajarkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia.

Pulau Rote – NTT

12

Photo credit: sherwinufi.wordpress.com

Titik paling selatan Indonesia ini memiliki keindahan alam yang masih asli. Jarang ada orang yang singgah di pulau ini sehingga kelestariannya masih terjaga dengan baik.

Karimun Jawa – Jawa Tengah

SONY DSC
Photo credit: Wikipedia.org

Lokasi ini terkenal akan spot diving yang sangat indah. Banyak flora dan fauna bawah air yang bisa kamu nikmati keindahannya di kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil ini.

Pantai Suluban – Bali

14

Photo credit: keziakainina.wordpress.com

Pantai Suluban sebenarnya tidak jauh dari Pantai Uluwatu, Bali. Pemandangan indah dan gua yang menawan dapat kamu temui di sana.

Pantai Padang-Padang – Bali

15Photo credit: panduanwisata.id

Pantai yang jadi lokasi film Eat Pray Love ini dipenuhi banyak karang besar di pinggirnya. Ombak yang ada di pantai ini juga cocok untuk peselancar.

Pulau Ndaa – Wakatobi

16

Photo credit: beritaterbaruexo.blogspot.com

Pulau kecil yang terletak di Kabupaten Wakatobi ini punya air laut yang jernih dan indah. Hebatnya, kamu bisa secara langsung melihat dasar pantai.

Pantai Klayar – Pacitan

17

Photo credit: www.initempatwisata.com

Keeksotisan pantai yang terletak di kampung halaman mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini tidak dapat diragukan lagi kehebatannya.

Itulah 17 Pantai Terbaik di Indonesia yang bisa jadi tujuan wisata kamu di masa liburan mendatang. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan untuk menikmati pantai yang indah dibutuhkan kemerdekaan yang absolut. Maka dari itu, hargai para pahlawan dengan merawat kelestarian pantai indah tersebut.

Leave a Reply