18 Ide Staycation: Liburan Seru & Murah Meriah Tanpa Pergi Ke Luar Kota

Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘staycation’? Berasal dari gabungan dua kata, ‘stay’ dan ‘vacation’, staycation merupakan alternatif kegiatan liburan yang bisa dilakukan tanpa keluar kota.

Ya, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah mungkin kita berlibur tanpa pergi keluar kota? Sangat mungkin kok. Malah belakangan ini staycation semakin sering dilakukan orang karena selain lebih hemat biaya, liburan di dalam kota juga tidak terlalu menyita terlalu banyak waktu. Daripada terjebak macet berjam-jam setiap liburan akhir pekan ke luar kota, coba deh staycation.

Bingung mau ngapain aja saat staycation? Inilah beberapa ide mengisi memanfaatkan waktu staycation yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Berkunjung ke Museum / Galeri Seni

Kamu mungkin sudah bertahun-tahun tinggal di kota ini, tapi apakah kamu sudah pernah mengunjungi berbagai museum yang ada di kota? Selain bisa menambah ilmu dan wawasan, berkunjung ke museum juga bisa mengenalkan kita pada sejarah masa lalu yang luar biasa yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, pilihannya bahkan sangat beragam, mulai dari museum nasional, museum wayang, museum layang-layang, museum batik, dan masih banyak lagi.

 

  1. Main di Taman Rekreasi

Kata siapa taman rekreasi hanya untuk anak kecil saja? Beberapa taman rekreasi bahkan memiliki wahana/permainan khusus orang dewasa yang menguji adrenalin. Selain bisa melepaskan stres, bermain di taman rekreasi akan membangkitkan kembali jiwa anak-anak kamu. Tertantang ingin mencobanya?

 

  1. Pergi ke Pantai atau Kolam Renang

Sebagian besar kota-kota besar di Indonesia berada di tepi laut, begitu pula dengan Jakarta. Jadi, kalau mau menikmati liburan di pantai, nggak usah repot-repot naik pesawat ke pulau eksotis. Ingin basah-basahan dan bermain air tapi malas ke pantai? Ke kolam renang atau waterpark saja!

 

  1. Bersepeda

Selain menyehatkan, bersepeda santai di akhir pekan mengelilingi taman kota bisa menjadi pilihan mengisi liburan yang bisa bikin pikiran jadi jernih. Apalagi sekarang beberapa kota sudah menyediakan jalur khusus di jalan raya untuk kamu yang mengendarai sepeda, jadi kamu bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

 

  1. Nonton Film

Kamu bisa mengajak teman-teman untuk berkumpul di rumah dan nonton bareng film-film seru seharian atau pergi ke bioskop. Dua-duanya sama mengasyikkannya kok. Jangan lupa membawa popcorn, ya!

 

  1. Menyaksikan Pertunjukan Teater/Musik

Tak ada waktu saat hari biasa untuk menyaksikan pertunjukan teater  atau musik kesayangan kamu? Tenang, di akhir pekan kamu bisa memuaskan hobi tersebut. Tapi sebaiknya pesan tiket dari beberapa hari sebelumnya agar tidak kehabisan tempat duduk.

 

  1. Belanja

Siapa bilang belanja tak ada gunanya dan hanya menghabiskan duit saja? Bagi sebagian orang, belannja merupakan aktivitas rekreasi yang menyenangkan lho. Apalagi kalau kita berhasil menemukan barang-barang yang kita butuhkan. Selain belanja di mall, cobalah akhir pekan nanti berkunjung ke pasar loak atau pasar tradisional. Pasti kamu bakal kaget melihat ada apa saja di sana. Eits… tapi belanjanya jangan sampai kebablasan ya.

 

  1. Pijat dan Spa

Setelah seminggu penuh mengisi waktu dengan bekerja, bekerja dan bekerja, tak ada cara lain yang lebih bikin relaks di akhir pekan selain memanjakan diri dengan pijat atau menikmati spa. Ada banyak pilihan layanan pijat dan spa sesuai dengan kebutuhan kamu, tinggal pilih saja. Kalau perlu sekalian manicure dan pedicure. Setelah itu tubuh pasti akan enteng dan kamu bakal siap untuk kembali beraktivitas.

 

  1. Membaca Buku

Apakah kamu termasuk orang yang hobi membeli buku namun selalu tak sempat untuk menyelesaikannya? Nah, isi liburan akhir pekan kali ini dengan mencoba menyelesaikan buku-buku baru yang mulai menumpuk di rak. Dengan membaca, tanpa harus bergerak pun kamu akan mengalami “petualangan” seru dan mendebarkan. Paling asyik membaca buku sambil ditemani segelas minuman hangat.

 

  1. Wisata Kuliner

Selalu penasaran dengan tempat-tempat makan baru namun tak pernah punya kesempatan untuk mengunjunginya? Maka staycation adalah momen yang pas untuk menyambangi tempat-tempat makan tersebut. Ingat, tidak ada istilah diet saat liburan!

 

  1. Piknik

Saat ini kota-kota besar di Indonesia semakin sadar akan pentingnya taman-taman kota dan ruang terbuka hijau yang nyaman untuk digunakan beraktivitas, termasuk untuk piknik. Undanglah keluarga dan teman-teman terdekat untuk berpiknik ria. Agar tidak repot sendirian, bagilah tanggung jawab kepada setiap orang supaya membawa bekal makanan/minuman tertentu untuk dinikmati bersama-sama. Oh ya, jangan lupa cek juga ramalan cuaca… Tak mau kan lagi asyik-asyik piknik tahu-tahu hujan deras.

 

  1. Pesta Barbekyu

Ingin berkumpul dengan teman-teman dan keluarga tapi malas ke mana-mana di akhir pekan karena takut macet dan sesak? Undang saja mereka main ke rumah dan buatlah pesta barbekyu sendiri di halaman belakang. Sosis, burger, ayam bakar, steik…. Nyam!

 

  1. Berkemah

Kegiatan ini biasanya dilakukan di alam terbuka di tengah udara sejuk pegunungan. Tapi kamu juga bisa kok melakukannya di pekarangan rumah sendiri. Siapkan tenda, makanan dan minuman, gitar, dan tak ketinggalan aneka permainan seru untuk dimainkan hingga larut malam bersama keluarga atau teman-teman.

 

  1. Memasak

Ingin mengasah kemampuan memasakmu sekaligus mencoba resep-resep baru? Maka saat liburan adalah waktu yang paling tepat untuk melakukannya. Akan lebih seru lagi jika kamu mengajak pasangan atau keluarga untuk memasak bersama. Apapun hasilnya nanti, yang penting pengalaman dan waktu berkualitas yang dihabiskan bersama-sama.

 

  1. Olahraga

Ya, idealnya olahraga memang wajib dilakukan setiap hari. Namun bagi orang-orang dengan rutinitas pekerjaan yang supersibuk, waktu untuk berolahraga merupakan sebuah kemewahan tersendiri. Oleh karena itu manfaatkan staycation kali ini dengan berolahga, entah itu bermain basket, tenis, gym, yoga, pilates dan lain sebagainya.

 

  1. Nonton Bola

Sepakbola merupakan olahraga terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Dan untungnya, jadwal pertandingan sepakbola biasanya  berlangsung di akhir pekan. Kalau ingin keseruan yang lebih hebat daripada nonton bola di layar televisi, ajaklah teman-teman nonton langsung di stadion. Jangan lupa untuk mengenakan atribut tim sepakbola kesayangan kamu!

 

17. Berburu Foto

Kamu punya hobi fotografi? Maka gunakanlah kesempatan liburan singkat kali ini dengan berkunjung ke sudut-sudut kota yang eksotis yang jarang kamu kunjungi untuk mengasah kemampuan fotografi kamu dengan obyek-obyek foto yang menawan.

 

18. Menginap di Hotel

Photo: ZEN Rooms Ampera Jakarta

Ingin merasakan suasana liburan dengan menginap di tempat baru tanpa harus pergi keluar kota? Tak ada salahnya untuk bersantai dan menghabiskan staycation dengan menginap di hotel.  Dengan menginap di hotel yang menyenangkan, fasilitas lengkap, dan pelayanan prima, rasanya sama seperti liburan di luar kota kok.

Sebagai pilihan hotel murah untuk staycation, lihatlah rekomendasi hotel murah dari ZEN Rooms yang bisa kamu pilih.

Leave a Reply