20 Alasan Kenapa Kamu Harus Traveling Waktu Masih Muda

Photo credit: @anisupertramp

Ada yang bilang kalau traveling itu cuma buang-buang uang dan kita harus mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya waktu masih muda untuk modal hari tua. Tapi sebenarnya traveling waktu masih muda itu justru punya lebih banyak manfaat, lho. Ini 20 alasan yang ZEN kumpulkan kenapa kamu harus traveling waktu masih muda.

  1. Banyak Waktu

Photo credit: @ travelholic_insta

Selagi muda, kamu masih punya banyak waktu luang. Meskipun kamu harus bekerja di kantor, tapi di akhir pekan kamu masih punya banyak waktu tersisa untuk bersenang-senang. Manfaatkan saja untuk traveling.

  1. Stamina Masih Kuat

Semakin bertambahnya usia, fisikmu pun juga akan semakin melemah. Oleh sebab itu, di usia yang masih muda, jangan sia-siakan hal ini dengan menantang diri kamu untuk menjelajah dari satu tempat ke tempat lainnya.

  1. Lebih Memaknai Hidup

Photo credit: @ sheisnotlost

Dengan berkunjung ke tempat-tempat baru, kamu akan berjumpa dengan orang-orang baru dan belajar tentang kehidupan mereka. Kamu pun akan lebih menghargai hidup dan bersyukur dengan apa yang kamu miliki selama ini.

  1. Kesempatan Berkenalan dengan Orang Lain

Berkunjung ke tempat baru tentu akan membuatmu bertemu dengan orang-orang baru juga. Berkomunikasilah dengan mereka karena ini bisa menjadi pengalaman yang terlupakan. Kalian pun bisa saling bertukar cerita seru.

  1. Paham dengan Budaya Baru

Photo credit: @ vissiapoppy

Setiap tempat memiliki tradisi yang berbeda0beda. salah satu sisi menarik dari traveling di usia muda adalah bahwa kamu bisa belajar mengenai budaya lain yang berbeda dengan yang sudah kamu jumpai selama ini.

  1. Lebih Bebas

Karena masih belum berkeluarga, kamu pun bisa lebih bebas menikmati hidup. Tidak da orang yang akan mengekang atau melarangmu untuk pergi ke sana kemari.

  1. Membuka Wawasan Lebih Luas

Photo credit: @ fernwesen

Tentu saja dengan ber-traveling kau pun jadi lebih membuka jendela pengetahuanmu. Akan ada banyak hal-hal baru yang kamu jumpai sepanjang perjalanan traveling dan di tempat kamu menginap, apa lagi kalau kamu menginap di rumah penduduk.

  1. Melatih Jiwa Empati

Kamu yang sedang dalam perjalanan harus mau membantu orang lain yang kesusahan karena kamu juga pasti akan memerlukan bantuan tersebut. Oleh sebab itu, kamu pun akan lebih berempati untuk menghargai perasaan orang lain.

  1. Berani Menghadapi Tantangan

Photo credit: @ lucialul1

Jiwa mudah adalah jiwa yang menggelora. Di masa-masa ini kamu akan selalu merasa terpanggil dengan melihat tantangan-tantangan baru.

  1. Rasa Penasaran yang Tinggi

Rasa penasaran akan hal baru akan mendorongmu untuk pergi ber-traveling dan melihat dengan mata kepala sendiri betapa indahnya tempat yang ingin kamu kunjungi. Tak cukup hanya melihatnya dari media sosial.

  1. Punya Cerita untuk Anak Cucu Kelak

Photo credit: @ andre.hrs

Nah, ini adalah manfaat lain dari traveling di usia muda. Kamu bisa menabung cerita untuk dibagikan kepada anak cucumu kelak, tak hanya di sosial media untuk saat ini saja.

  1. Banyak Pengalaman yang Perlu Dicoba

Masih banyak pengalaman yang perlu kamu coba selagi masih punya kesempatan. Semakin banyak pengalaman akan membuatmu menjadi individu yang berkualitas.

  1. Tidak Begitu Banyak Tanggungan

Photo credit: @ hannibalg1122

Mungkin pada waktu muda kamu hanya punya tanggungan berupa beban kerja, bukan tanggungan seperti mengurus anak dan suami atau istri. Jadi, kamu punya lebih banyak kesempatan.

  1. Lebih Kreatif Menentukan Tujuan

Karena tak ada orang yang memegang kendali dalam hidupmu, kamu pun bisa lebih bebas menentukan tujuan traveling kamu sesuai yang kamu butuhkan.

  1. Lebih Mudah Membawa Diri Sendiri

Photo credit: @ eden.mc

Baik kamu ber-traveling dengan teman atau sendirian, karena kamu masih sendirian, hal ini akan memudahkanmu dalam menjelajah tempat. kamu tidak perlu ribet membawa orang lain.

  1. Masih Ada Kesempatan Untuk Berubah

Dengan ber-traveling, kamu pun jadi bisa lebih paham mengenai pelajaran hidup. Ini akan membuatmu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Finansial Masih Stabil

Photo credit: @ ahzdesign

Karena kamu hanya bekerja untuk menghidupi diri sendiri, kamu pun bisa menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk traveling, tentu saja setelah kamu menabung, ya!

  1. Melepas Stres

Ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Manfaat ini akan maksimal kalu kamu melakukan traveling bersama teman kamu.

  1. Melatih Kemandirian

Photo credit: @ vissiapoppy

Ber-traveling akan melatihmu menjadi pribadi yang mandiri karena kamu dituntut untuk bisa menghadapi persoalan sendiri selama perjalanan.

  1. Membuatmu Lebih Berani

Soal keberaian diri, jangan ditanya. Mereka yang hobi ber-traveling adalah mereka yang berjiwa pemberani dan tangguh menghadapi tantangan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu alasannya. Jadi, jangan sia-siakan waktu muda mu, ya. Tunggu apa lagi, yuk segera atur agenda traveling kamu!

Leave a Reply