5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

HeaderHeader: shireenlouw.com

Saat Ramadan, waktu terasa berjalan lebih lambat dari biasanya. Inginnya waktu berbuka puasa segera datang, tapi setiap lihat jam di dinding atau ponsel, waktu baru berlalu selama lima menit saja. Daripada sibuk memperhatikan jarum jam, lebih baik Anda melakukan ngabuburit. Dalam Bahasa Sunda, ngabuburit berarti “menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya sore”. Jadi, sebenarnya tidak spesifik mengacu pada aktivitas sebelum berbuka puasa saat Ramadan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kata ngabuburit mengalami pergeseran makna. Orang-orang menggunakan kata tersebut untuk menyebut berbagai aktivitas yang mereka lakukan sesaat sebelum berbuka puasa Ramadan. Ada banyak aktivitas ngabuburit anti membosankan yang bisa Anda coba untuk mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan dahaga.

Hunting Foto di Tempat Bersejarah

1. Hunting Foto di Tempat Bersejarah

Photo Credit: pusakaindonesia.org

Selama tinggal di kampung halaman, sudah ada berapa banyak tempat bersejarah yang Anda kunjungi? Jumlahnya mungkin akan kalah jauh apabila dibandingkan dengan mall. Kali ini, mengapa tidak memanfaatkan waktu ngabuburit untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota tempat tinggal Anda? Hunting foto di tugu, candi, atau museum tidak kalah mengasyikkan dari jalan-jalan di mall, kok. Anda juga bisa sekaligus mempromosikan hasil foto melalui media sosial seperti Path atau Instagram. Sambil tetap eksis, Anda pun mendapat pengetahuan baru tentang situs bersejarah tersebut. Lakukan browsing untuk mencari tahu tempat-tempat bersejarah oke di kota tempat tinggal Anda.

Bersepeda Keliling Komplek Perumahan

8.7.3 (301)
8.7.3 (301)

Photo Credit: panduanhidupsehat.com

Berpuasa selama Ramadan bukan menjadi alasan untuk berhenti olahraga. Justru olahraga saat Ramadan akan membuat tubuh Anda semakin kuat untuk menunaikan ibadah puasa. Tubuh tidak akan mudah loyo dan ngantuk saat beraktivitas sehari-hari. Karena tubuh tidak mendapat asupan energi, tentu harus ada penyesuaian porsi olahraga. Tidak perlu berat-berat, Anda bisa bersepeda keliling komplek perumahan selama beberapa menit sesaat sebelum berbuka puasa. Lakukan ramai-ramai bersama teman-teman atau keluarga agar rasa lelahnya tidak terasa. Begitu sampai di rumah, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama lagi untuk berbuka puasa.

Memainkan Game Seru

3. Memainkan Games Seru

Photo Credit: gogirlmagz.com

Setiap orang memiliki definisi seru yang berbeda, jadi game yang bisa dimainkan tergantung pada selera masing-masing. Jika tidak ingin keluar rumah, Anda bisa saja bermain PlayStation atau Xbox. Undang teman-teman apabila ingin meramaikan suasana. Mau yang lebih tradisional? Keluarkan game Monopoli Anda dan mainkan ramai-ramai bersama teman-teman atau keluarga. Tapi, jika lebih suka bermain game di luar rumah, Anda bisa mencoba main laser tag. Anda bisa membentuk tim untuk melawan tim lain dengan menembak mereka menggunakan laser. Biasanya, interior ruangan akan didesain menyerupai tema tertentu agar permainan semakin seru. Jadi, mau bermain sendiri, ramai-ramai, di dalam atau luar rumah, keseruan yang dirasakan pasti akan membuat Anda melewatkan waktu tanpa terasa.

Streaming Film atau Serial Televisi

4. Streaming Film atau Serial Televisi

Photo Credit: huffingtonpost.com

Saat ini, ada banyak layanan streaming film atau serial televisi di internet. Manfaatkan layanan tersebut untuk menonton film dan serial televisi favorit Anda. Banyaknya judul yang tersedia memungkinkan Anda untuk memilih secara lebih leluasa. Daripada berulang kali memperhatikan jam, lebih baik segera tutup kedua telinga Anda dengan headphone dan fokuskan perhatian pada film atau serial televisi yang diputar. Asyiknya, ada beberapa layanan streaming yang dapat diakses dari berbagai jenis perangkat, mulai dari televisi, laptop, hingga smartphone. Saat terjebak macet, misalnya, Anda bisa segera mengeluarkan smartphone dan menonton layanan streaming.

Menonton Tutorial Memasak

5. Streaming Film atau Serial Televisi

Photo Credit: saltedtv.com

Sudah beberapa jam lagi hingga waktu berbuka puasa tiba namun belum tahu akan menghidangkan apa? Buka saja video-video tutorial memasak yang banyak terdapat di internet. Anda pasti akan mendapatkan inspirasi menu berbuka puasa dari sana. Sambil menonton video tutorial, Anda bahkan bisa langsung ikut mempraktikkannya. Namun, jangan sampai Anda lupa sedang berpuasa dan memasukkan makanan ke mulut untuk mencicipinya. Jika ada orang rumah yang sedang tidak berpuasa, lebih baik minta mereka saja untuk mencicipi.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat ngabuburit. Daripada terus berharap agar jam cepat berlalu, lebih baik Anda melakukan hal-hal tersebut untuk mengalihkan fokus dari haus dan dahaga. Selamat ngabuburit! Semoga ibadah puasa Anda berjalan lancar.

Leave a Reply