5 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Surabaya

surabaya

Photo credit: www.kyriad.com

Pernahkah Anda mengunjungi Kota Pahlawan, Surabaya? Kota yang berdiri sejak tahun 1293 ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Jarang sekali ada orang yang mengunjungi Surabaya selain untuk urusan bisnis. Padahal sebenarnya banyak hal menarik yang dapat Anda temukan di kota dengan moto Sparkling Surabaya ini. Berikut ini adalah beberapa destinasi liburan favorit yang bisa Anda jadikan alasan kuat kenapa Anda wajib mengunjungi Surabaya.

Kota Seribu Taman

3723_T00669_www_yukpiknik_com_wpcontent_uploads_2015_05_tamanbungkul

Photo credit: pegipegi.com

Surabaya, selain terkenal sebagai Kota Pahlawan, juga merupakan kota dengan jumlah yang cukup banyak. Hampir di setiap sudut kota terdapat taman-taman kota yang dilengkapi dengan air mancur yang indah dan juga bersih. Beberapa taman yang bisa Anda kunjungi antara lain: Taman Mundu, Taman Bungkul, Taman Undaan, Taman Surya, dan Taman Pelangi. Di tahun 2013 lalu, Taman Bungkul bahkan mendapat penghargaan sebagai Taman Terbaik di ajang The Asian Townscape Award oleh PBB.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di taman-taman kota di Surabaya. Selain berolahraga di pagi hari, Anda juga bisa menikmati suasana taman yang tertata rapi lengkap dengan sentra PKL di sekitarnya sekaligus fasilitas internet Wi-Fi gratis.

Perbanyak pengetahuan dengan berkunjung ke museum

tupal2

Photo credit: hellowsurabaya.com

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga penuh dengan banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi museum. Selain mendapatkan pengetahuan baru, Anda juga bisa asyik ber-selfie ria dengan background museum dan obyek-obyek unik yang ada di dalam museum. Beberapa museum yang bisa Anda kunjungi antara lain Museum Sampoerna, Museum Kapal Selam, dan Museum Tugu Pahlawan.

Di Museum Tugu Pahlawan yang terletak satu komplek dengan Monumen Tugu Pahlawan, banyak hal menarik yang dapat Anda temukan. Museum ini terletak 7 meter di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan. Diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, dalam museum ini banyak foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Selain itu, ada juga rekaman pidato Bung Tomo yang menjadi pelecut semangat Arek-Arek Suroboyo dalam melawan penjajah.

Kuliner Unik khas Surabaya

Resep-Masakan-Rujak-Cingur

Photo credit: resepkulinerbunda.com

Bukan jalan-jalan rasanya apabila Anda tidak mencicipi kuliner khas di daerah tujuan Anda. Begitu juga dengan Surabaya. Banyak kuliner-kuliner yang memiliki nama unik dengan cita rasa yang cukup berbeda. Sebut saja misalnya: Lontong Balap, Rawon Setan, Rujak Cingur, bahkan Sate Kelapa.

Rujak Cingur, merupakan makanan khas Surabaya yang berbeda dari rujak biasa. Bila Anda biasa makan rujak yang cita rasanya manis pedas, Rujak Cingur justru memiliki rasa yang khas. Yang membedakan adalah saus bumbu utama dalam rujak yang mengandung petis, sejenis pasta udang dan ikan. Selain itu, kata β€œcingur” sendiri memiliki arti hidung sapi, dimana memang hidung sapi dicampurkan dalam Rujak Cingur. Mungkin Anda akan sedikit bergidik mendengar kata hidung sapi. Namun ternyata, rasa hidung sapi yang kenyal dan empuk ini cukup enak dan lezat ketika berpadu dengan saus rujak.

Penginapan murah tak jauh dari tengah kota

details_820x461_214766552_Copy-of-IMG_0758

Photo Credit : zenrooms.com

Tak perlu sulit mendapatkan penginapan murah di Surabaya. Banyak penginapan tersebar di penjuru Kota Surabaya. Ingin lebih dekat dengan Bandara Juanda? ZEN Rooms Raya Juanda siap untuk Anda singgahi. Lengkap dengan fasilitas parkir, Wi-Fi Gratis, hingga shower air panas dan air dingin dijamin membuat Anda nyaman. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas airport shuttle sebagai akomodasi antar jemput dari dan ke bandara. Dengan semua fasilitas tersebut, Anda hanya cukup membayar seharga Rp 350.000 per malam.

Ingin lebih dekat dengan pusat kota? ZEN Rooms Gubeng Kertajaya dapat menjadi pilihan. Lengkap dengan Wi-Fi Gratis hingga fasilitas TV kabel, istirahat Anda selama liburan tidak akan terganggu. Cukup dengan Rp 225.0000 per malam, ZEN Rooms Gubeng Kertajaya sudah siap Anda nikmati.

Akhiri malam di taman bermain

Susana-Malam-di-Suroboyo-Carnival

Photo credit: tekooo.com

Tiada malam yang lebih indah selain meriahnya suasana pasar malam. Suasana ini dapat Anda rasakan di Suroboyo Carnival Night Market. Terletak tidak jauh dari Bandara Juanda, taman bermain yang didesain layaknya sebuah karnaval ini cocok untuk menutup hari di Kota Surabaya. Banyak wahana permainan yang dapat Anda nikmati disana. Selain itu, konsep pasar malam yang kental di taman bermain ini akan membuat suasana hati Anda semakin senang dan ingin kembali berkunjung di Surabaya.

Dengan alasan-alasan di atas, bukan tidak mungkin Surabaya benar-benar jadi destinasi wisata yang cukup istimewa. Surabaya memang kota yang cukup padat. Meski demikian, potensi Surabaya sebagai destinasi wisata bukan hanya isapan jempol belaka. Lebih menyenangkan lagi apabila Anda mengajak rekan-rekan atau keluarga untuk berkunjung bersama untuk nikmati Sparkling Surabaya. Selamat berlibur!

Leave a Reply