5 Alasan Liburan ke Thailand itu Ternyata Murah Banget

Photo Header Credit: Bangkok.com

 

Selain Singapura, Thailand sepertinya menajadi negara kedua di wilayah Asia Tenggara yang suka dikunjungi masyarakat Indonesia untuk berlibur. Salah satu alasan mengapa Thailand menjadi destinasi liburan yang cukup populer adalah karena kamu tidak perlu menyiapkan budget yang terlalu banyak. Yes, liburan ke Thailand itu murah banget! Kita-kira kenapa bisa begitu, ya?

 

Banyak Street Food Lezat

1-banyak-street-food-lezat

Photo Credit: pinkpangea.com

Kalau kamu merupakan penggemar kuliner, jangan sampai tidak mampir Bangkok kalau sedang ke Thailand. Pasalnya, Bangkok merupakan surga bagi para penggemar street food. Popularitasnya bahkan sudah menggema hingga tingkat internasional! Kamu pasti bakal puas banget menikmati jajanan pinggir jalan yang nggak cuma lezat, tetapi juga ramah kantong. Beberapa jenis street food yang bisa kamu coba di Bangkok adalah mango sticky rice, salad pepaya muda, pad thai, khanom buang (crepe ala Thailand), hingga jangkrik dan belalang goreng!

 

Surga Belanja di Pasar Chatuchak

2-surga-belanja-di-pasar-chatuchak

Photo Credit: bangkokattractions.com

Kalau ada teman kamu yang ngotot traveling ke Thailand saat weekend, kemungkinan besar dia bakal mengunjungi Pasar Chatuchak di Bangkok yang memang cuma buka saat weekend. Terbagi menjadi 27 area, Pasar Chatuchak menghadirkan 8.000 kios dengan berbagai barang dagangan mereka. Mulai dari pakaian, buku, barang antik, hingga binatang pun bisa kamu temukan di sana. Setiap weekend, kurang lebih ada 200.000 pengunjung yang datang ke Pasar Chatuchak. Namun, meski harus berdesakan, Pasar Chatuchak wajib kamu kunjungi karena harga barang yang dijual terjangkau banget!

 

Rendahnya Nilai Pajak

3-rendahnya-nilai-pajak

Photo Credit: thelogicalindian.com

Setiap tahun, World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report untuk mengetahui kondisi ekonomi dunia. Nah, dari data tersebut, situs businnesinsider.co.id mencatat beberapa negara dengan pajak bisnis terendah di dunia. Ternyata, Thailand merupakan salah satu di antaranya, yakni 26,9%! Jumlah pajak pemasukan perusahaan di Thailand rata-rata berkisar pada angka 20% meskipun keuntungan akan dikenakan pajak berbeda berdasarkan jumlahnya. Misalnya, keuntungan kurang dari 3 juta baht (sekitar Rp 1,13 milyar) hanya dikenakan pajak sebesar 15%.

 

Ramah Pejalan Kaki

4-ramah-pejalan-kaki

Photo Credit: lmschaeffer.wordpress.com

Kalau mau mengeksplor kota destinasi traveling, sepertinya tidak ada yang lebih asik dari berjalan kaki. Nah, Thailand merupakan negara yang cukup ramah dengan pejalan kaki. Bahkan kamu bisa mengunjungi banyak lokasi wisata dalam sehari! Coba saja menginap di kawasan Khao San Road, yang memang kerap ditinggali para backpacker. Hanya dengan berjalan kaki, kamu bisa mengunjungi Emerald Budha, Grand Palace, Old Big Gun Museum, Wat Pho, Wat Arun, Suan Santichai Prakan, Pom Phra Sumen, dan Museum Nasional Bangkok. Puas banget, kan?

 

Transportasi Umum Nyaman

5-transportasi-umum-nyaman

Photo Credit: randomwire.com

Sudah lelah berjalan kaki? Langsung saja naik transportasi umum yang ada di Thailand. Kalau untuk traveller seperti kamu, lebih baik naik BTS Skytrain, kereta yang pemberhentiannya berada di pusat-pusat perbelanjaan atau bisnis. Nah, BTS Skytrain menyediakan kartu One-Day Pass seharga 120 Baht (sekitar Rp 45.000) yang bisa kamu pakai tanpa batas. Namun, kalau mau lebih tradisional, kamu bisa naik samlor (kendaraan roda tiga yang harus dikayuh manual seperti becak) atau tuktuk (transportasi lokal mirip bajaj).

 

Yuk, tunggu apa lagi? Segera siapkan paspormu, packing secukupnya, dan jelajahi Thailand dengan budget yang terjangkau. Siapkan tas khusus untuk mewadahi oleh-oleh kamu, ya!

 

Leave a Reply