5 Cara Memilih Maskapai Penerbangan Paling Murah

Photo Header Credit: pinterest.com

 

Masih ingat ketika beberapa tahun lalu maskapai penerbangan berlomba-lomba untuk menawarkan harga tiket pesawat semurah mungkin? Bukan tidak mungkin dulu orang-orang mendapatkan tiket PP rute tertentu hanya dengan harga Rp 100.000-an. Namun, kini sudah ada peraturan mengenai batas penawaran harga terendah tiket pesawat. Kalau kamu perhatikan, para maskapai penerbangan pun tidak mengadakan promo sesering dulu lagi.

 

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa lagi mendapatkan tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang murah. Selama mengikuti beberapa tips di bawah ini, kondisi kantong kamu bakal tetap aman selama traveling!

 

Pesan Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari

1-pesan-tiket-pesawat-jauh-jauh-hari

Photo Credit: prdvs.org

Idealnya, kamu bisa memesan tiket pesawat maksimal enam puluh hari sebelum keberangkatan domestik. Sedangkan untuk keberangkatan internasional, tiket pesawat bisa dipesan maksimal 150 hari sebelumnya. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh CheapAir pada tahun 2015 menemukan bahwa waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 54 hari sebelum keberangkatan. Pada waktu tersebut, banyak maskapai penerbangan yang menyelipkan tiket murah!

 

Terapkan Mode Incognito

2-terapkan-mode-incognito

Photo Credit: updatepedia.com

Semakin sering kamu mengecek harga tiket pesawat melalui laptop atau smartphone, harganya akan semakin mahal karena website menaikkan harga berdasarkan cookie pada browser. Sebaiknya, kamu menggunakan mode incognito agar cookie pada browser kamu ter-reset setiap kamu membuka windows mode incognito baru. Nah, agar hasil search kamu sebelumnya terhapus, jangan lupa tutup semua window dengan mode incognito tersebut, lalu buka window yang baru.

 

Pilih Dua Maskapai Penerbangan Berbeda

3-pilih-dua-maskapai-penerbangan-berbeda

Photo Credit: airlinereporter.com

Demi alasan praktis, orang-orang biasanya memilih dua maskapai penerbangan sama untuk berangkat dan pulang. Padahal, menggunakan dua maskapai penerbangan berbeda bisa relatif lebih murah, lho. Kalau langsung memesan tiket pesawat melalui situs resmi masing-masing maskapai penerbangan, mungkin akan lebih repot. Namun, kini sudah ada cukup banyak agen travel online yang memungkinkan kamu untuk membandingkan harga dari banyak maskapai penerbangan sekaligus.

 

Pesan Tiket Saat Malam Hari

Man using smartphone at night browsing internet updating social

Photo Credit: businessadministrationinformation.com

Semakin malam, semakin bagus! Idealnya, semakin malam, jumlah pemburu tiket pesawa akan semakin berkurang. Jadi, kamu tidak perlu bersaing dengan terlalu banyak orang. Biasanya, waktu ideal untuk berburu tiket pesawat murah pada malam hari dimulai pukul 23.00. Tidak apa-apa sesekali harus begadang agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah yang diinginkan. Buktikan bahwa traveling tidak harus membuat kantong kamu jebol.

 

Rute Transit Biasanya Lebih Murah

5-rute-transit-biasanya-lebih-murah

Photo Credit: vvo.aero

Kalau sedang tidak terburu-buru untuk sampai di suatu tujuan, sebaiknya kamu terbang melalui rute transit. Pasalnya, hal ini bisa menghemat keuangan kamu hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah apabila dibandingkan penerbangan rute langsung! Selain menawarkan harga yang relatif lebih murah, kamu pun bisa sekalian traveling singkat di kota transit kamu. Apalagi kalau lokasi bandara di kota tersebut dekat dengan tempat wisata. Sekali mendayung, dua hingga tiga pulau terlampaui, deh!

 

Mulai sekarang, jangan buru-buru membeli tiket pesawat, ya. Terapkan beberapa tips di atas agar kamu bisa traveling tanpa harus menguras kantong. Jangan lupa juga untuk terus aktif memantau jadwal promo dari maskapai penerbangan favorit kamu.

Leave a Reply