5 Destinasi Liburan Long Weekend yang Asyik Dikunjungi Ramai-Ramai Sekantor

Bertemu dengan teman-teman sekantor setiap hari tidak dapat menjamin adanya kualitas hubungan yang baik. Interaksi yang terjadi sering kali hanya berkisar pada hal-hal berbau pekerjaan. Long weekend adalah saat yang tepat untuk saling mengenal lebih jauh karakter dan kehidupan masing-masing. Jika merasa bingung dalam menentukan destinasi, berikut ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan.

Wahana Bermain di Ancol

Wahana Bermain di Ancol

Photo Credit: citytourjakarta.com

Meskipun identik dengan pengunjung anak-anak, Ancol masih dapat menjadi destinasi yang seru untuk dikunjungi ramai-ramai dengan teman sekantor. Setidaknya ada lima area wisata yang bisa Anda temukan di Ancol, yakni Dunia Fantasi (Dufan), dengan luas area mencapai kurang-lebih 9,5 hektar dengan berbagai wahana permainannya yang seru; Atlantis Water Adventure, yang fokus pada wahana permainan air seperti delapan kolam renang dan tabung seluncur; Ocean Dream Samudra, memiliki Teather Cinema 4D dan terkadang menghadirkan pentas lumba-lumba; Ocean Ecopark, yang sering menjadi tempat konser musik, namun baru-baru ini membuka program memancing bernama Ecofishing; serta Taman Impian & Pasar Seni, sebagai pusat kuliner dan sembako murah.

Wisata Candi Yogyakarta

Wisata Candi Yogyakarta

Photo Credit: marikitadolan.files.wordpress.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Yogyakarta merupakan rumah dari berbagai candi di Indonesia. Beberapa yang paling populer di kalangan masyarakat adalah Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Jika Anda dan teman-teman sekantor ingin mengunjungi candi-candi lain yang tidak mainstream, Candi Plaosan di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, dapat dijadikan pilihan. Ia merupakan salah satu spot berburu sunrise terbaik di Yogyakarta.

Ada pula Candi Sewu di lembah Prambanan yang terbentang dari lereng selatan Gunung merapi di utara hingga pegunungan Sewu di perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bisa dibayangkan, bukan, bagaimana megahnya? Candi Sewu adalah candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur. Beberapa candi lain yang bisa Anda dan teman-teman kantor kunjungi di Yogyakarta adalah Candi Kalasan, Candi Sambasari, dan Candi Ijo.

Belajar Sejarah Laut di Monumen Jalasveva Jayasmahe

Belajar Sejarah Laut di Monumen Jalasveva Jayamahe

Photo Credit: picture.triptrus.com

Kapan terakhir kali Anda melakukan wisata edukasi? Manfaatkan waktu long weekend untuk mengunjungi Monumen Jalasveva Jayamahe di kawasan pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Monumen yang tingginya mencapai 30,6 meter ini dibangun atas prakarsa Laksamana TNI Muhammad Arifin, Kepala Staf TNI yang menjabat pada tahun 1990-an. Setiap Hari Peringatan Armada, Monumen Jalasveva Jayamahe melakukan open house untuk umum sehingga tidak perlu izin petugas jika ingin masuk ke sana. Namun, saat berkunjung ke sana, Anda dan teman-teman sekantor diwajibkan untuk mengenakan pakaian rapid an bersepatu. Di dalamnya terdapat berbagai diorama perjuangan para TNI AL. Ada pula sejumlah miniatur, beberapa model kapal yang digunakan oleh TNI AL, dan sejumlah benda bersejarah lainnya.

 Danau Situ Gede Bogor

Danau Situ Gede Bogor

Photo Credit: upload.wikimedia.org

Daerah puncak bukan satu-satunya destinasi wisata yang ada di Bogor. Kota hujan tersebut juga memiliki danau bernama Situ Gede yang bisa Anda datangi ramai-ramai bersama teman-teman sekantor. Lokasi danau Situ Gede terletak di Kelurahan Situgede, Bogor barat, Kota Bogor. Dengan luas mencapai enam hektar, danau Situ Gede dikelilingi oleh hutan penelitian bernama Dramaga yang dimiliki dan dikelola oleh Badan Litbang Kehutanan. Anda dapat mengadakan piknik di sekitar danau bersama dengan teman-teman sekantor Anda. Jika tertarik, ada pula jasa penyedia perahu kecil berbentuk bebek yang bisa Anda kayuh sendiri untuk mengelilingi danau. Setiap perahu hanya dapat dikendarai oleh dua orang. Anda dapat mengadakan kompetisi kecil-kecilan sesama teman-teman sekantor untuk mengayuh perahu tersebut.

Merilekskan Diri di Nusa Dua Bali

Merilekskan Diri di Nusa Dua Bali

Photo Credit: equatoremeralds.files.wordpress.com

Nusa Dua dikenal sebagai kawasan mewah di Bali karena banyaknya hotel-hotel bintang lima yang berdiri di sana. Lebih dari itu, sebenarnya Nusa Dua memiliki cukup banyak pantai yang indah dan cenderung lebih sepi, cocok dijadikan tempat untuk rekreasi long weekend bersama teman-teman sekantor. Salah satunya adalah Pantai Geger, dengan pasir putihnya yang tidak kalah indah dari pantai-pantai mainstream lain di Bali. Ia memiliki angina yang cenderung dingin karena lokasinya yang menghadap ke timur.

Selain itu, ada pula Pulau Serangan yang dijadikan sebagai kawasan konservasi penyu. Untuk mencapai tempat tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengendarai perahu yang banyak tersedia di sana. JIka ingin kabur sejenak dari suasana pantai, Anda dan teman-teman sekantor dapat mengunjungi Museum Pasifika yang menampilkan karya-karya dari seniman Eropa dan pelukis lokal terkenal. Beberapa nama seniman yang turut meramaikan Museum Pasifika adalah Paul Gauguin, Teho Meier, Arie Smith, Rudolf Bonnet, dan masih banyak lagi.

Rencanakan liburan dengan teman-teman sekantor agar tercipta excitement yang sejak jauh-jauh hari. Hal tersebut akan membuat Anda lebih semangat untuk menyambut liburan long weekend bersama teman-teman sekantor. Terlebih, merencanakan liburan bersama daapt menjadi quality time tersendiri yang akan mendekatkan hubungan Anda dengan teman-teman sekantor. Yuk share ke teman kantor mu untuk rencana long weekend bulan depan! Dijamin seru!

Leave a Reply