5 Destinasi Seru Saat Long Weekend untuk Para Solo Traveller

Liburan yang menyenangkan adalah liburan tanpa persiapan. Mitosnya, bila Anda terlalu banyak berencana, maka kemungkinan besar liburan Anda jadi mengecewakan karena belum tentu berjalan sesuai rencana Anda. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjadi petualang sekali-kali. Beli tiket secara mendadak untuk menghabiskan long weekend, dan pergilah tanpa perlu mengajak teman-teman Anda.

Travelling sendirian bisa memberikan Anda kesempatan menjelajahi banyak tempat tanpa perlu terlalu lama bernegosiasi dengan orang lain. Ingin mulai mencoba jadi solo traveller? Inilah lima destinasi yang bisa Anda coba, lengkap dengan tempat-tempat liburan yang akan membuat Anda terkesan.

Jogjakarta

Angkringan Pendopo Ndalem Jogjakarta

Photo credit: www.andikaawan.blogspot.com

Opsi destinasi pertama adalah Jogjakarta. Kota satu ini memang punya nuansa magis yang bisa membuat Anda kerasan dan tidak ingin pulang. Untuk mencapai Jogjakarta tidaklah sulit, terlebih karena stasiun dan bandaranya menawarkan banyak alat transportasi untuk Anda mencapai penginapan.

Bila Anda berkunjung ke Jogjakarta, sebagai seorang solo traveller, hal yang wajib Anda lakukan adalah berburu angkringan. Jogjakarta terkenal dengan berbagai tempat makan yang enak dan murah alias angkringan. Salah satu angkringan favorit di Jogjakarta adalah Angkringan Pendopo Ndalem di Ngasem. Angkringan satu ini unik karena menggunakan pendopo sebagai tempat jualannya, bukan hanya gerobak biasa.

Selain itu, untuk pecinta gudeg, Anda bisa mampir ke Angkringan Wijilan yang letaknya dekat dengan Alun-Alun dan Malioboro. Oh iya, Anda pun wajib keliling Malioboro bila sedang berlibur ke Jogjakarta. Temukan banyak barang khas Jogjakarta yang murah, dan nikmati hiburan musisi jalanan dengan suara emas mereka.

Bali, Surga Dunia

Pantai Dreamland Bali

Photo credit: youtube.com

Bali sudah terkenal sebagai destinasi liburan baik bagi masyarakat dalam atau luar negeri. Pertanyaannya, ke manakah tempat tujuan Anda ketika sudah sampai di Bali? Lupakan sejenak soal klub dan pestanya, namun pergilah ke pantai-pantainya yang indah dan menenangkan.

Pantai pertama yang bisa menjadi tujuan pilihan Anda adalah Pandawa. Pantai berpasir putih ini tidak terlalu ramai, sehingga cocok untuk Anda menenangkan diri. Terdapat dua bukit kapur di depannya, serta patung Pandawa yang sengaja ditempatkan di dinding tebing. Pantai ini ada di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh.

Pantai berpasir putih berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Bali adalah Dreamland. Letaknya ada di Desa Pecatu, Kuta Selatan. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk mencapai tempat ini dari Bandara Ngurah Rai. Sebelum menuju patung Garuda Wisnu Kencana atau Pura Uluwatu, Anda mungkin bisa mencoba mampir dulu ke pantai satu ini. Setelah pantai Dreamland, Anda juga akan menemukan pantai Padang-Padang yang pernah menjadi lokasi syuting film Eat, Pray, Love.

Wisata Kuliner di Bandung

Pasar Cisangkuy Bandung

Photo credit: www.adeknakemal.blogspot.com

Ingin liburan ke tempat yang masih bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi? Cobalah pergi ke Bandung. Kota satu ini tidak bosan-bosannya menjadi pilihan utama banyak orang untuk mencari suasana baru.

Salah satu hal yang membuat Bandung jadi terkenal dan dirindukan adalah makanannya. Bagi pecinta wisata kuliner, Bandung dapat menjadi destinasi yang tepat untuk Anda. Cobalah pergi ke jalan Cisangkuy di Bandung, dan Anda akan menemukan beragam jenis kuliner di Pasar Cisangkuy. Bukan hanya menyajikan yoghurt Cisangkuy yang terkenal itu, namun juga berbagai jenis makanan dan minuman tradisional, ala Barat, dan lain-lain. Selain menghadirkan aneka olahan makanan dengan konsep yang menarik, Anda pun bisa merasakan nuansa Indonesia tempo dulu di pasar yang lokasinya dekat Gedung Sate ini.Masih belum puas dengan Pasar Cisangkuy? Pergilah ke HDL 293 Cilaki, itu pun bila Anda kebagian tempat duduk. Di sini, Anda bisa menemukan jawaranya hidangan laut.

Kota Pahlawan Surabaya

House of Sampoerna Surabaya

Photo credit: www.danarif.com

Destinasi terakhir yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Kota Pahlawan alias Surabaya. Selain terkenal karena tawaran wisata kuliner bebeknya yang beragam, Surabaya memiliki House of Sampoerna sebagai sarana liburan Anda. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Jembatan Merah, alias “Kota Tua”nya Surabaya.

Untuk Anda yang suka fotografi, kawasan ini sangat cocok buat Anda. Ada banyak bangunan peninggalan jaman Kolonialisme Belanda yang masih berfungsi hingga kini, hingga penjara Kalisosok yang bersejarah.

Di House of Sampoerna, terdapat berbagai koleksi barang yang dipamerkan. Aroma cengkeh dan tembakau menyeruak ketika Anda memasuki museum ini. Bangunan House of Sampoerna sudah ada sejak tahun 1864, sehingga desainnya tua dan punya kesan historis yang kuat.

Di antara empat destinasi di atas, mana yang paling menggugah jiwa petualang Anda? Selamat menikmati long weekend!

Leave a Reply