5 Gedung Opera Terbaik di Dunia

Di Eropa, khususnya di Italia dan Yunani, gedung opera bisa disejajarkan dengan gedung bersejarah semacam Colosseum, Pantheon atau bahkan jembatan Ponte Vecchio. Yang menarik, sejarah mengatakan bahwa pentas opera adalah salah satu pentas khusus para bangsawan. Jika kamu tertarik untuk merasakan pengalaman menonton pertunjukan opera atau teatrikal terbaik, berikut lima gedung opera terbaik di dunia yang masuk dalam daftar ZEN. Coba masukkan salah satu gedung opera ini dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Мечты сбываются. 😊 #teatri #teatroallascala #theatre #Milan #lascala #Italy

A post shared by Evgeniya Petrova (@evgeni_y_a) on

La Scala, Milan

Gedung opera paling terkenal adalah La Scala yang letaknya di Milan, Italia. Bisa jadi, ini adalah gedung opera paling bersejarah dan paling unik di Italia. Dibangun pada tahun 1778, La Scala menjadi tempat “latihan” para composer terbaik opera. Mulai dari Rossini, Bellini, Donizetti dan Verdi pernah bergantian bermain di La Scala.

Il tempo resterà.

A post shared by Aurora Ramazzotti (@therealauroragram) on

Tetro di San Carlo, Naples

Dibangun oleh raja Charles of Bourbon tahun 1737, Tetro di San Carlo merupakan salah satu gedung opera terbaik di Italia. Raja Charles tidak mau gedung operannya ini dimainkan oleh pemain “kacangan”, maka raja Charles mendatangkan komposer berkelas seperti Gioachino Rossini. Sampai sekarang Tetro juga menjadi salah satu gedung opera yang menyajikan drama musikal terbaik.

#teatrocolon #atriles #foso #buenosaires #Argentina

A post shared by Romina Sena (@rominagsena) on

Teatro Colon, Buenos Aires, Argentina

Selain di Eropa, Argentina juga “demam” opera. Banyaknya bangsawan Eropa yang eksodus ke Argentina pada tahun 1900an membuat munculnya gedung opera di sana. Salah satunya adalah Teatro Colon yang desainnya sangat mirip dengan kebanyakan gedung opera di Eropa. Sempat mengalami beberapa kali pemugaran, pada tahun 2010, Teatro Colon sudah bisa digunakan kembali secara normal.

Royal Opera House, London, Inggris

Gedung yang ketika pertama kali dibangun bernama Theater Royal ini merupakan salah satu gedung opera terbesar di Inggris. Beberapa kali pertunjukkan tingkat dunia terselenggara di sana. Salah satu yang paling berpengaruh adalah Michael Costa, composer music yang dipercaya memberikan warna baru di dunia opera. Sampai sekarang tidak hanya menampilkan pertunjukkan opera, di Royal Opera House juga kerap dijadikan pertunjukkan balet.

The Bolshoi, Moskow, Rusia

Rusia tidak ketinggalan dalam urusan opera. The Bolshoi adalah gedung opera terbesar di Moskow, Rusia. Desain paling keren di The Bolshoi adalah patung Apollo yang berada di depan gedung yang membuat Bolshoi semakin ikonik. Komposer besar dari Rusia juga lahir di The Bolshoi salah satunya adalah Yuri Grigorovich.

Leave a Reply