5 Goa Terbaik di Indonesia yang Bisa Jadikan List Liburan

1Photo credit: dimaselvi.blogspot.com

Pada anak zaman sekarang mungkin tidak akrab dengan yang namanya goa. Tetapi pada zaman dahulu, goa adalah teman sekaligus sahabat para petualang. Goa bisa menjadi tempat berteduh bahkan bermalam ketika terjadi hujan deras. Ada beberapa teori yang membahas bagaimana terbentuknya goa. Pertama adanya aliran air tanah secara terus menerus yang akhirnya menjadikan lubang berukuran besar. Sebenarnya ada banyak sekali goa-goa kecil di dalam tanah, tetapi karena ukurannya yang tidak terlalu besar, jadi tidak bisa dianggap sebagai goa.

Nah goa di Indonesia ini termasuk menjadi salah satu wisata. Bahkan ada beberapa goa yang dipermah sedemikian rupa agar bisa dimasuki secara mudah dan tidak membahayan pengunjungnya. Sekarang simak 5 goa terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan list liburan Anda.

Goa Gong

2Photo credit: youtube.com

Goa Gong ini berada di Pacitan, kota paling selatan di Jawa Timur. Tetapi kamu juga bisa mengunjungi Goa Gong dari Yogyakarta lewat Gunungkidul Solo atau dari Ponorogo. Di Goa Gong ini kamu akan disuguhi bagaimana stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Beberapa tempat juga terdapat cahaya-cahaya yang menyeruak masuk dari luar goa, yang membuat pemandangan Goa Gong sangat indah.

Goa Jomblang

3Photo credit: www.beautytour.info

Goa Jomblang ini berada di Gunungkidul Yogyakarta. Dan uniknya, di Gunungkidul Yogya ini banyak sekali goa, ada ratusan goa kecil maupun besar. Ternyata ada proses geologi selama ratusan tahun yang membuat tanah ambles dan kemudian terbentuknya goa alami. Goa Jomblang ini menjorok ke tanah sekitar 25 meter dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan.

Goa Pindul

4Photo credit: infojalanjalan.com

Goa Pindul juga berada di Gunungkidul dan agak sedikit lebih terkenal jika dibandingkan dengan Goa Jomblang. Goa Pindul ini sangat unik karena untuk melewati goa harus dengan menggunakan ban pelampung karena seluruh permukaan goa ditutupi oleh aliran sungai. Menyusuri Goa Pindul dari mulut gua sampai bagian akhir gua memakan waktu sekitar 1 jam.

Goa Maharani

5Photo credit: seotim8.wordpress.com

Di Lamongan Jawa Timur terdapat Goa Maharani yang mempunyai keindahan stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Mulai dari luas goa sampai proses alami goa ini sampai disejajarkan dengan goa terkenal di luar negeri seperti Goa Altamira Spanyol dan Goa Mamonth di Amerika Serikat.

Goa Jatijajar

headerPhoto credit: www.wikiwand.com

Pada tahun 1802, ada petani yang tiba-tiba terjatuh di dalam lubang yang sangat dalam. Ternyata petani tersebut terjatuh di dalam goa. Letaknya di daerah Kebumen Jawa Tengah, Goa Jatijajar sekarang menjadi objek wisata yang sangat eksotis.

Itulah 5 goa terbaik yang mungkin jarang orang tahu karena memang bukan destinasi wisata favorit. Tetapi sekarang kamu bisa memasukan goa-goa di atas untuk mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

Leave a Reply