5 Hidden Gems yang Wajib Dikunjungi di Bandung!

0. HeaderPhoto Credit: klikhotel.com

Bagi beberapa orang Bandung menjadi surga shopping dengan banyaknya factory outlets yang tersebar di sana. Apabila sudah lelah mengitari factory outlets, biasanya mereka akan mengistirahatkan diri di salah satu dari sekian banyak kafe menarik yang ada di Bandung. Ditambah dengan hawa Bandung yang sejuk, bisa-bisa aktivitas nongkrong pun berlangsung hingga lupa waktu.

Lebih dari sekadar destinasi shopping dan nongkrong, Bandung sebenarnya memiliki banyak tempat tersembunyi yang keren. Kebanyakan di antaranya memang merupakan wisata alam, namun hal tersebut justru bisa membantu Anda untuk melepaskan rasa lelah setelah berjam-jam shopping di factory outlet.

Bukit Moko

1. Bukit Moko
Photo Credit: ridwanbejo.wordpress.com
Ingin menikmati keindahan Kota Bandung dari ketinggian? Bukit Moko bisa menjadi spot yang oke. Terletak di Desa Cimenyan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, akses menuju Bukit Moko tidaklah susah untuk dilewati. Anda hanya perlu jalan lurus yang menanjak hingga Jalan Padasuka. Di kawasan tersebut, terdapat sebuah wisata yang cukup terkenal di Bandung, yakni Saung Angklung Udjo. Persiapkan diri Anda jika mengunjungi Bukit Moko saat weekend atau hari libur, akses jalan ke sana bisa lebih ramai dari biasanya. Sebenarnya, ada jalan alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menuju Bukit Moko, namun tidak terlalu direkomendasikan karena keadaan jalannya yang lebih sulit untuk dilalui.

Danau Situpatenggang

2. Danau Situpatenggang
Photo Credit: yukpiknik.com
Nama Situpatenggang berasal dari Bahasa Sunda, yakni “situ” yang berarti danau dan “pateangan-teangan” yang berarti saling mencari. Masyarakat setempat percaya bahwa ada mitos tentang Situpatenggang yang menceritakan kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka sempat terpisah sekian lama, namun karena perasaan cinta yang dalam, mereka berdua tetap saling mencari. Usaha Ki Santang dan Dewi Rengganis akhirnya berhasil ketika mereka bertemu di suatu spot di Danat Situpatenggang yang disebut dengan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan perahu agar mereka dapat berlayar bersama.

Perkebunan Teh Rancabali

3. Perkebunan Teh Rancabali
Photo Credit: rajatourbandung.com
Kawasan Ciwidey di Bandung memiliki banyak pilihan wisata alam, tapi sudah pernahkah Anda mendengar tentang Perkebunan The Rancabali? Hamparan perkebunan teh ini terletak sepanjang jalanan menuju Kawah Putih. Tapi, melewatinya saja tidak cukup. Anda wajib mampir dan menyusuri jalanan setapak di sela-sela tanaman daun teh yang tersebar dari kaki bukit hingga puncak. Karena landscape-nya yang begitu cantik, tidak heran jika Perkebunan Teh Rancabali sering dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding. Perkebunan Teh Rancabali berada di bawah naungan PR Perkebunan Nusantara VIII, yang juga mengelola 41 kebun di 11 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Taman Wisata Alam Maribaya

4. Taman Wisata Alam Maribaya
Photo Credit: indonesia.tripcanvas.co
Pernah mengunjungi Taman Hutan Raya Juanda di Bandung? Tidak jauh dari sana, terdapat sebuah area wisata air terjun yang usianya sudah mencapai puluhan tahun, yakni Taman Wisata Alam Maribaya. Sayangnya, image yang muncul justru tidak jauh dari kata kumuh dan kotor padahal pemandangan yang disajikan tidak kalah dari wisata alam lain di Bandung. Namun, kini Taman Wisata Alam Maribaya telah selesai mengalami renovasi. Maribaya Resort Bandung mengambil alih manajemennya sehingga kini tampilan dan fasilitas Taman Wisata Alam Maribaya sudah berubah drastis. Ada beberapa spot yang cukup menarik untuk dieksplor, yakni Air Terjun Maribaya, Sky Bridge Tapak Halimun, Kolam Talaga Giri, dan pemandian air panas.

ZEN Rooms Raya Lembang

5. ZEN Rooms Raya LembangPhoto Credit: hotels.com
Liburan di Bandung tidak akan lengkap tanpa menginap di tempat yang oke. Booking kamar di ZEN Rooms Raya Lembang, yuk! Lokasinya terletak di kawasan Parongpong, tepatnya di Hotel Moscato Lembang. Selain sebagai tempat menginap, Hotel Moscato Lembang juga bisa menjadi spot nongkrong yang keren. Ada bagian patio yang kalau malam terlihat cantik dengan berbagai lampunya. Terlebih, ZEN Rooms Raya Lembang juga cukup dekat dengan beberapa tempat wisata lain, seperti Bosscha Observatorium yang hanya berjarak 5 km. Bagi yang hobi berbelanja, Ruma Mode Factory Outlet bisa ditempuh dengan jarak 10 km dari hotel.

Tunggu apa lagi? Segera cari waktu yang tepat untuk berangkat traveling ke Bandung dan mengeksplor tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa booking kamar di ZEN Rooms Raya Lembang agar kegiatan istirahat Anda bisa berlangsung nyaman dan aman.

Leave a Reply