5 Manfaat Travelling Dalam Suatu Hubungan Menurut Pakar Psikologi

Couple hugging on ferry in urban harbor
Photo credit: huffingtonpost.com

Travelling memiliki manfaat yang sangat besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Setelah travelling, seseorang akan merasa kembali segar dan ceria dengan kondisi mood yang bagus. Siapa sangka, travelling juga memberikan dampak positif terhadap sebuah hubungan. Ada manfaat-manfaat penting travelling dalam suatu hubungan yang tercipta setelah melakukan travelling.

Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi, saat diwawancarai oleh ZenRooms beberapa waktu yang lalu. Saskhya mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang dirasakan oleh masing-masing pasangan selepas melakukan travelling bersama. Apa saja manfaatnya?

Mengembalikan kondisi jiwa untuk siap kembali menjalani hubungan

Beautiful couple having fun and stretching arms against sky
Photo credit: www.hialbarshadubai.com

“Travelling mampu membuat jiwa kita merasa recharged dan siap untuk me-manage kondisi hubungan kita”, ungkap Saskhya. Ketika travelling, kondisi kejiwaan seseorang akan kembali hidup sehingga semakin bergairah untuk melanjutkan hubungan. Rasa sayang akan selalu tumbuh dan berkembang.

Jenuh adalah salah satu masalah terbesar yang membuat sebuah hubungan jadi renggang. Dengan travelling, kejenuhan terhadap masing-masing pasangan akan terhapuskan dengan sempurna. Inilah yang dinamakan #RefreshRelationship, yakni menciptakan suasana hati yang baru dalam menjalin hubungan.

Simulasi hubungan yang akan datang

02Photo credit: fablefeed.com

Selama travelling, pasangan dapat saling mengenal satu sama lain lebih dalam. Seseorang akan dengan mudah mengenali kebiasaan pasangan yang sebenarnya dibalik penampilannya yang selalu sempurna di depan orang tersebut. Bila ketika kencan biasanya pasangan akan tampil sempurna, saat liburan tentu akan kelihatan aslinya.

“Dengan travelling, kita dapat mengetahui pasangan kita tipe seperti apa, apakah dia orang yang terorganisir atau tidak”, ungkap Saskhya. Menurutnya, perbedaan antara pasangan mampu melatih diri masing-masing untuk menjadi pelengkap satu sama lain. Travelling menjadi media simulasi yang tepat dalam menjalani hubungan yang akan datang.

Belajar toleransi

03Photo credit: www.ultimate.travel

Dalam sebuah hubungan, toleransi adalah hal yang mutlak harus dilakukan masing-masing pasangan. Mau memahami merupakan kunci dalam toleransi. Travelling-lah yang akan membantu kamu untuk belajar lebih mengenai toleransi.

“Ketika travelling, kita dapat belajar bertoleransi, menghandle situasi, membangun percakapan, dan menikmati waktu refreshing bersama”

Menurut Saskhya, percakapan yang dibangun saat travelling bersama pasangan akan membuat kita belajar untuk hidup bersama. Pasti ada masalah saat travelling sekecil apapun itu. Masalah tersebut akan memaksa kita untuk belajar memahami bagaimana menanganinya bersama-sama. Sederhana saja, seperti ketika mencari tempat penginapan atau sekedar masalah tempat makan. Masalah tersebut harus diselesaikan untuk mencapai kesenangan sesama.

Menghilangkan stress

04

Photo credit: www.hexjam.com

Stress dalam sebuah hubungan sangat berbahaya. Coba bayangkan ketika pasanganmu tidak salah apa-apa kemudian kamu datang dan marah-marah. Karena merasa tak canggung, semua amarah kamu dilampiaskan ke pasangan. Akibatnya, kamu dan pasangan bertengkar besar. Ini semua bisa terjadi ketika suasana pikiran kamu sedang stress.

Travelling adalah cara yang ampuh untuk redakan stress, begitu Saskhya menekankan pentingnya travelling dalam sebuah hubungan. Ketika stress mereda, pertengkaran juga akan semakin kecil terjadi dalam sebuah hubungan.

Membangun Suasana Hati yang Gembira

05Photo credit: matadornetwork.com

“Ketika pulang travelling, bisa full charge dan happy”, tambah psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Hati yang gembira, menurutnya, akan mengembalikan semangat untuk saling mencintai dan mengasihi sehingga perasaan cinta selalu baru setiap saat. Dengan demikian, rasa jenuh tak akan hinggap di hati masing-masing.

Itulah beberapa manfaat travelling pada suatu hubungan menurut pakar psikologi. Membentuk hubungan yang sehat dapat dimulai dari suatu hal yang sederhana: travelling. Jadi, tunggu apa lagi? Pastikan travelling kamu benar-benar istimewa dan menimbulkan kenangan indah bersama pasangan.

Leave a Reply