5 Pulau di Indonesia yang Bisa Kamu Sewa Seharian

headerPhoto Credit: paketwisatakomodo.com

Pantai menjadi salah satu destinasi liburan paling favorit di Indonesia. Coba kunjungi pantai-pantai di tempat tinggal kamu saat weekend, jumlah pengunjungnya pasti membeludak. Demi bisa menikmati pemandangan laut dengan tenang, mau tidak mau kamu harus mengambil cuti atau izin dari kantor. Sayangnya, cuti yang diberikan hanya sehari! Tenang, kamu masih bisa menjelajahi pulau-pulau ini seharian, kok.

Pulau Rinca

1-pulau-rincaPhoto Credit: junglekey.in

Kamu punya hobi trekking? Langsung aja jadwalkan liburan kamu untuk mengunjungi Pulau Rinca. Karena tidak ada kendaraan bermotor, kondisi Pulau Rinca masih bebas dari polusi dan sangat alami. Pulau Rinca ternyata merupakan pulau dengan populasi komodo paling banyak di Nusa Tenggara Timur dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Landscape-nya akan mengingatkan kamu dengan bukit savanna di Afrika. Ditambah dengan laut birunya yang jernih, tidak berlebihan kalau Pulau Rinca disebut sebagai salah satu area paling eksotis di Indonesia.

Pulau Semau

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Photo Credit: travelmotoblog.com

Pulau kecil satu ini terletak tepat di bagian barat Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Kalau dari Kupang, langsung saja naik kapal ke Pelabuhan Tenau. Asiknya, pelabuhan tersebut bisa langsung dimasuki menggunakan motor. Jadi, kamu tinggal bawa motor ke ujung dermaga agar motor kamu bisa ikut diangkut ke kapal hingga ke Pulau Semau. Kamu akan sampai di Pantai Otan dengan butiran pasir putihnya yang indah. Ada pula Pantai Oenian yang bisa kamu tempuh selama kurang lebih dua jam. Jangan lupa mengunjungi Bukit Liman untuk menikmati sunset di NTT. Cocok untuk tempat foto-foto bersama teman-teman kamu!

Pulau Pari

3-pulau-pariPhoto Credit: Indonesia-tourism.com

Pulau Pari termasuk salah satu gugusan Kepulauan Seribu. Jadi, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sedang butuh tempat untuk “kabur” seharian, Pulau Pari bisa menjadi destinasi yang tepat. Agar lebih cepat, sebaiknya kamu menggunaakan transportasi kapal cepat (speedboat) dari Marina Ancol. Biasanya, speedboat akan berangkat pukul 08.00 dan kembali pada pukul 15.00. Karena Pulau Pari cukup populer, sekarang ada beberapa travel agent yang menyediakan paket perjalanan sehari ke pulau tersebut. Sesuai dengan harga yang ditentukan, kamu akan mendapat fasilitas welcome drink, tiket PP speedboat, makan siang, guide lokal, banana boat, dan lain sebagainya.

Pulau Tidung

4-pulau-tidungPhoto Credit: epicwander.com

Sama seperti Pulau Pari, Pulau Tidung juga masih merupakan salah satu gugusan Kepulauan Seribu dan bisa dicapai menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Pesona keindahannya tidak kalah dengan Pulau Pari. Di sini, kamu akan menemukan pengendalian pemeliharaan hutan bakau alami yang sedang dirintis. Nah, kalau bergabung dengan paket perjalanan travel agent, biasanya kamu bisa mengunjungi beberapa wisata di Pulau Tidung, yakni Pantai Saung Perawan, Pantai Saung Cemara Kasih, Jembatan Cinta, dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Arborek

5-pulau-arborek

Photo Credit: topindonesiaholidays.com

Masih merasa asing dengan nama pulau satu ini? Terletak di wilayah Papua Barat, Pulau Arborek masih menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Raja Ampat. Pemandangannya akan mengingatkan kamu dengan Koh Phi Phi di Thailand. Kamu bisa menempuh Pulau Arborek selama satu jam dari daerah Waisai. Asiknya lagi, tidak ada kendaraan bermotor di Pulau Arborek, jadi suasananya pun benar-benar tenang dan bebas polusi. Bahkan sampah pun tidak terlihat! Dengan pasir putih yang berkilau dan air laut yang jernih, dijamin kamu tidak akan mau pulang dari Pulau Arborek.

Jika lain kali ada waktu libur sehari, kamu sudah tahu ke mana harus menghabiskan waktu, kan? Walaupun bisa dijelajahi hanya dalam sehari, keindahan kelima pulau di atas pasti akan membuatmu ingin berlibur di sana lebih lama. Selain melepas penat, kamu juga bisa semakin sehat karena banyak berjalan kaki atai bersepeda di sana.

Leave a Reply