5 Taman Nasional di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Tahukah kamu bahwa ternyata Indonesia memiliki sekitar 50 taman nasional yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan? Berdasarkan UU No. 5 Tahun 1990 Pasal 1 Butir 14, taman nasional mengacu pada kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Pengelolaannya dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Jadi dalam sekali kunjungan, kamu tak hanya akan memanjakan kedua mata dengan pemandangan menakjubkan di taman nasional, tapi juga memberi โ€œvitaminโ€ kepada otak dalam bentuk informasi. Nah, dari sekian banyak taman nasional yang ada di Indonesia, berikut lima rekomendasi yang harus kamu kunjungi terlebih dulu.

A post shared by MNF (@mutiaranatasha) on

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Provinsi Lampung, Taman Nasional Way Kambas menjadi pusat konservasi gajah paling besar di Indonesia. Meski begitu, gajah bukan satu-satunya satwa yang dilindungi di taman nasional ini. Kamu juga bisa bertemu dengan Badak Sumatera, orang utan, dan beberapa spesies fauna lainnya. Taman Nasional Way Kambas memiliki pusat latihan gajah sehingga gajah-gajah yang ada di sana bisa ditunggangi, mengangkut kayu, hingga membajak sawah. Kamu bahkan bisa menyaksikan beberapa atraksi gajah, lho, seperti bermain bola, mengalungkan bunga, tarik tambang, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu daya tarik khas Lombok yang keindahannya membuat orang tersihir untuk pergi ke sana. Dan di taman nasional inilah gunung api tertinggi kedua di Indonesia ini berdiri. Dengan luas mencapai 41.000 hektar, Taman Nasional Gunung Rinjani membentang di sepanjang Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Ketiga wilayah tersebut masih termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Taman Nasional Bali Barat

Selama ini, Bali selalu dikenal dengan koleksi pantainya yang luar biasa. Siapa sangka bahwa ternyata Bali juga memiliki taman nasional? Berlokasi di ujung barat Pulau Bali, Taman Nasional Bali Barat menyimpan keindahan perpaduan antara hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, savanna, terumbu karang, padang lamun, pantai berpasir, serta perairan laut dangkal dan dalam. Wow, cukup banyak juga, ya? Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa bertemu beberapa spesies satwa seperti burung Jalak Bali, kijang, luwak, trenggiling, dan kancil.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Penasaran dengan gunung api tertinggi di Indonesia? Datanglah ke Taman Nasional Kerinci Seblat karena di sinilah terdapat Gunung Kerinci yang notabene adalah gunung api tertinggi di Indonesia. Dengan luas mencapai 13.750 km2, Taman Nasional Kerinci Seblat membentang di empat provinsi sekaligus, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Saking luasnya, kamu bisa menemukan 370 spesies burung di sini, juga satwa-satwa lain seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, hingga beruang madu.

A post shared by Dennisa (@denalcantara) on

Taman Nasional Gunung Tambora

Belum familiar dengan taman nasional yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada 11 April 2015 lalu ini, ya? Well, you should, karena Gunung Tambora juga memiliki sejarah yang cukup menarik untuk disimak. Pada tahun 1815, Gunung Tambora meletus hebat hingga menghancurkan tiga kerajaan di Nusa Tenggara Barat, yakni Kerajaan Tambora, Kerajaan Pekat, dan Kerajaan Sanggar. Tapi tenang saja, kini Gunung Tambora berada dalam status aman sehingga bisa dikunjungi. Kira-kira mana taman nasional yang akan kamu kunjungi terlebih dulu?

Leave a Reply