5 Tempat di Bogor untuk Pecinta Wisata Kuliner

Bila Anda adalah pecinta makanan dan gemar wisata kuliner, maka Bogor dapat menjadi destinasi liburan favorit Anda. Kota Hujan satu ini menawarkan banyak pilihan makanan dengan rasa yang sangat memuaskan. Suasananya pun mendukung untuk membuat Anda betah lama-lama berada di sana. Ini dia lima tempat makan di Bogor yang wajib Anda datangi sebagai pecinta wisata kuliner.

Kedai Kita

Pizza-Kayu-Bakar-Kedai-Kita

Photo credit: www.anekatempatwisata.com

Ingin mencoba pizza yang tidak biasa? Cobalah berkendara ke daerah Taman Surya Kencana di Bogor, dan mampir di restoran bernama Kedai Kita. Tempat ini selalu ramai, terutama karena orang-orang penasaran dengan makanan khas Kedai Kita, yaitu pizza kayu bakar.

Sesuai dengan namanya, pizza kayu bakar dimasak menggunakan tungku kayu bakar. Pizza ini memiliki berbagai topping seperti irisan daging sapi, tuna, daging sapi asap BBQ, dan lain-lain. Rasanya tentu tidak kalah dari restoran pizza kenamaan yang sudah sering Anda konsumsi.

Selain menyajikan pizza kayu bakar, Kedai Kita juga menjual beraneka makanan lain seperti sup, steak, pasta, dan makanan oriental. Kedai Kita sangat cocok untuk tempat Anda beristirahat, karena suasananya seperti di rumah dan dilengkapi dengan tata cahaya yang remang. Kedai Kita semakin juara karena harganya yang tidak terlalu mahal. Menu makanannya dimulai dari harga 25 ribuan, dan pizzanya sendiri seharga 60 ribuan.

Makaroni Panggang

MP

Photo credit: ceritaperut.com

Butuh membawa pulang makanan enak yang terkenal di Bogor sebagai oleh-oleh? Makaroni panggang dapat menjadi piihan utama Anda. Tempat ini terletak di Jalan Salak, Babakan, di depan Taman Kencana. Selain menyajikan makaroni panggang sesuai namanya, restoran ini menjual steak, klapertart, lasagna, nasi goreng, nasi timbel, dan berbagai olahan iga serta ayam.

Hati-hati bila Anda mencoba makan makaroni panggang di sini, karena bisa saja porsinya tidak sanggup Anda habiskan sendiri. Jumlahnya yang banyak dan kaya dengan jamur, daging, serta keju yang garing di atas namun lembut di tengahnya dapat membuat Anda sangat kekenyangan. Oleh sebab itu, pergilah bersama teman atau keluarga bila Anda ingin mencoba makan di Makaroni Panggang.

Pia Apple Pie

Pia Apple Pie

Photo credit: klikhotel.com

Bila Bali terkenal karena pie susunya, Bogor punya pie apel yang enak luar biasa. Makanan khas Amerika Serikat ini, justru menjad salah satu identitas kuliner khas Bogor berkat restoran Pia Apple Pie. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kedai Kita, yakni masih di daerah Taman Surya Kencana.

Terdapat berbagai macam rasa pie yang bisa menjadi pilihan Anda, mulai dari manis sampai gurih. Ada rasa cokelat, strawberry, blueberry, keju, dan tentu saja yang paling terkenal—apel. Harga pie di sini mulai dari 20 ribuan untuk ukuran yang kecil, 40 ribuan untuk ukuran medium, dan di atas 100 ribu untuk ukuran super besar.

Cungkring

Cungkring

Photo credit: www.hellobogor.com

Cungkring adalah makanan khas Bogor yang memang belum banyak diketahui orang. Cungkring merupakan sate potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning, kemudian diguyur dengan bumbu kacang.

Biasanya, cungkring dinikmati bersama dengan nasi ketan putih bercampur kelapa parut. Selain itu, cungkring juga nikmat disantap bersama tempe atau oncom goreng tepung, dan disajikan secara tradisional menggunakan pincuk daun pisang. Selama 40 tahun, cungkring sudah dijual di Gang Aut, Jalan Surya Kencana, Bogor. Bila Anda ingin mencobanya, datanglah pagi-pagi. Sebab, cungkring sudah dijual sejak pukul 7 pagi dan cepat habis hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Bapatong

Bapatong

Photo credit: www.saranwisata.com

Nama makanan satu ini mungkin terdengar sedikit aneh di telinga Anda. Bapatong adalah singkatan dari Bakso Kupat Kentong. Di Bogor, Bapatong adalah salah satu tempat makan yang terkenal dan wajib Anda kunjungi. Kuahnya sangat menggugah selera.

Meski pun mengusung nama ‘bakso’, sebenarnya Bapatong agak berbeda dengan bakso biasa. Sebab, Bapatong disajikan dengan menggunakan ketupat, dan ditambah dengan daging sebagai pelengkap kuah. Bapatong ini sangat cocok disantap di Bogor kala musim hujan, terlebih karena tekstur baksonya yang lembut.

Selain bakso kupat gentong tersebut, Bapatong memiliki menu lain yang tidak kalah enaknya. Yaitu bakso kuah, bakso BBQ yang ditusuk sate dan dipanggang dengan racikan bumbu khas, aneka mie ayam, dan berbagai macam jenis minuman.

Bogor memang juara soal makanan. Buat Anda pecinta kuliner, tunggu apa lagi?

Leave a Reply