5 Tips Menjalani Lebaran dengan Baik

Lebaran sudah tinggal menghitung hari! Meskipun kehadirannya selalu dinanti, tidak dapat dipungkiri bahwa ada rasa sedih yang mengganjal dalam hati karena harus berpisah dengan Ramadan. Agar perasaan tersebut hilang, persiapkan diri Anda agar nanti bisa menjalani lebaran dengan baik. Lagi pula, lebaran merupakan momen spesial yang hanya datang sekali dalam setahun. Pastikan Anda menjalaninya dengan maksimal.

Siapkan Jawaban untuk Berbagai Pertanyaan Mengganggu

1. Siapkan Jawaban untuk Berbagai Pertanyaan Mengganggu

Photo Credit: uk.askmen.com

Tidak ada yang bisa menandingi hangatnya suasana kumpul keluarga saat lebaran berlangsung. Tapi, suasana tersebut terkadang bisa tercemar oleh beberapa pertanyaan tidak penting yang diajukan beberapa anggota keluarga. “Kapan lulus?, “kapan nikah?”, “sudah bekerja, belum?” menjadi contoh pertanyaan yang kerap muncul saat acara kumpul keluarga. Anehnya, biasanya orang-orang yang menanyakan hal tersebut justru tidak seberapa dekat dengan kita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merespon pertanyaan-pertanyaan tersebut. Cara paling simpel mungkin bisa dilakukan dengan mengalihkan pembicaraan, pura-pura mengangkat telepon, hingga yang paling ekstrim seperti pura-pura tidak mengenal identitas sang penanya.

 

Jangan Bawa Ponsel Saat Salat Ied

Muslim women attend an Eid al-Fitr prayer marking the end of the holy fasting month of Ramadan at Parangkusumo beach in Yogyakarta, Indonesia, Friday, July 17, 2015. (AP Photo/Slamet Riyadi)

Tinggal di era digital memang membuat kita “gatal” untuk melakukan posting di media sosial sesering mungkin. Kalau kata anak kekinian, biar eksis dan hits. Tapi, yang namanya ibadah tidak boleh dibantu gugat. Hindari membawa ponsel saat salat ied agar Anda bisa lebih khusyuk dan khidmat dalam menjalankannya, termasuk juga ketika ceramah berlangsung. Lagi pula, salat Idul Fitri hanya dilakukan sekali dalam setahun. Apa salahnya meninggalkan ponsel di rumah? Jadi Anda tidak akan sibuk selfie ketika khatib menyampaikan ceramah. Hargai sedikit, bos!

Stand By Terus di Dekat Meja Makan

3. Stand By Terus di Dekat Meja Makan

Photo Credit: sbs.com.au

Selain suasana hangat yang khas, lebaran juga identik dengan makanan-makanan lezat yang bisa jarum pada timbangan berat badan bergerak ke arah kanan. Lontong cap gomeh, rendang, soto, belum lagi sajian minuman segar untuk melengkapi makanan-makanan tersebut. Biasanya, saat acara kumpul keluarga, seluruh makanan akan tersaji di satu meja besar agar Anda dan anggota keluarga lain bisa leluasa mengambilnya. Begitu sampai di rumah keluarga, segera cari spot di dekat meja makan agar bisa berulang kali menambah isi piring tanpa diketahui banyak orang. Hal ini juga bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk menghindari dari pertanyaan-pertanyaan mengganggu. Saat melihat ada salah satu tante atau om yang sepertinya akan menghampiri Anda, langsung saja beralih ke meja makan.

Membawa Koleksi Film

4. Membawa Koleksi Film

Photo Credit: techtimes.com

Sehangat-hangatnya suasana kumpul keluarga, pada suatu titik Anda pasti akan merasa bosan atau minimal mengantuk. Daripada mendadak bad mood, lebih baik Anda mengantisipasinya sejak awal. Bawa hard disk berisi koleksi film atau serial televisi. Tontonlah ramai-ramai bersama sepupu dan anggota keluarga lain. Tapi, kalau ada yang masih berada di bawah umur, pilihlan film-film yang aman ditonton oleh mereka, ya. Jangan sampai Anda kena semprot orang tua dari anak-anak tersebut karena memberikan tontonan yang kurang pantas. Masa baru maaf-maafan, sudah langsung ribut-ribut lagi?

Tidak Mudik? Traveling Saja!

Photo Credit: huffingtonpost.ca

Ada beberapa keluarga yang baru berangkat mudik setelah hari pertama lebaran berlalu. Tapi, jika tidak mudik ke mana-mana pada lebaran tahun ini, Anda bisa melakukan traveling. Tidak perlu jauh-jauh, kunjungi saja kota-kota tetangga. Misalnya Anda tinggal di Jakarta, traveling saja ke Bandung atau kawasan puncak. Bagi yang tinggal di Surabaya, Malang atau Madura bisa menjadi destinasi yang cukup seru. Ajak pula sanak saudara agar kegiatan traveling jadi lebih ramai. Jika berencana menginap, jangan lupa mem-booking tempat penginapan yang memadai. ZEN Rooms siap menyediakan kamar-kamar yang nyaman dan aman untuk Anda dan keluarga.

Itulah beberapa tips menjalani lebaran yang bisa coba Anda terapkan. Semoga kita bisa bertemu dengan Ramadan dan lebaran tahun depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mohon maaf lahir dan batin!

Leave a Reply