5 Tips Traveling Agar Puasa Tetap Lancar

Jangan jadikan puasa sebagai hambatan untuk beraktivitas fisik, termasuk melakukan hobi traveling. Kalau kamu merencanakannya dengan baik, justru traveling saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan akan menjadi momen yang tak akan terlupakan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa bepergian tanpa merasa loyo di saat bulan puasa.

  1. Pilih Destinasi Ramah Muslim

Photo credit: @afetsener

Tak bisa dipungkiri, saat berpuasa yang namanya godaan yang dapat membatalkan puasa banyak sekali. Oleh karena itu, pastikan tempat yang bakal kamu datangi benar-benar mendukung ibadah puasa yang kamu lakukan. Misalnya, memiliki banyak tempat makan halal, tempat ibadah sholat lima waktu, dan pastinya obyek wisata menarik untuk dikunjungi.

 

  1. Atur Baik-Baik Agenda Perjalanan

Photo credit: @muslimtravelgirl

Kalau biasanya kamu merasa bebas menjelajah tempat liburan seharian penuh, berhubung sedang puasa, ada baiknya kamu memilih waktu mengeksplorasi yang tidak terlalu menyita energi, misalnya di pagi hari, atau sore hari menjelang buka. Di siang hari, kunjungilah tempat-tempat di mana kamu nggak perlu panas-panasan sampai keringetan, seperti museum atau galeri. Dan yang tak kalah penting, rencanakan di mana kamu akan berbuka puasa.

 

  1. Cari Tahu Waktu Ibadah di Tempat Tujuan

Photo credit: @nafees_singer

Seandainya kamu memilih traveling di tempat yang tidak banyak umat muslimnya atau bahkan di belantara antah berantah, cari tahu terlebih dahulu jadwal-jadwal penting seperti waktu untuk sholat, sahur dan juga berbuka puasa. Karena tiap negara atau bahkan tiap daerah memiliki jadwal yang berbeda-beda dan sukar untuk diperkirakan.

 

  1. Bawalah Barang-Barang Seperlunya

Photo credit: @thetudungtraveller

Nah, hal yang paling merepotkan pada saat liburan adalah packing. Oleh sebab itu, bawalah barang-barang sewajarnya yang sekiranya akan dibutuhkan selama perjalanan. Tak boleh ketinggalan, siapkan tas jinjing untuk dibawa ke mana-mana dan gunakan sebagai tempat menyimpan perlengkapan sholat dan air mineral seandainya terpaksa berbuka di jalan.

 

  1. Jaga Selalu Kondisi Fisik Agar Tetap Prima

Photo credit: @sugarplumlaurel

Tak ingin kan liburan tapi bawaannya lemes, pusing, atau mengantuk. Oleh karena itu menjaga kondisi tubuh saat traveling di bulan puasa amat diwajibkan. Cara paling mudah, minum air putih yang banyak serta makan buah-buahan setelah berbuka puasa dan saat sahur. Kalau perlu, tambah juga asupan suplemen dan vitamin. Selain itu, yang selalu beristirahat yang cukup.

Leave a Reply