5 Universitas Favorit di Eropa Tujuan Pelajar Indonesia

Berbagai universitas di Eropa sering menjadi tujuan favorit para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya. Hal ini bukannya tanpa alasan, tapi banyak universitas di benua ini menawarkan hal menarik yang tidak kamu temukan di tempat lain, mulai dari budayanya yang lebih beragam hingga banyaknya penelitian akademik berkualitas di sana. Ini beberapa universitas favorit di Eropa tujuan para pelajar Indonesia?

University of Stuttgart, Jerman

A post shared by baiyunu (@baiyunu) on


Fakultas favorit: Fakultas Teknik, Ilmu Alam dan Matematika, Ilmu Bahasa dan Budaya, serta Ilmu Bisnis dan Sosial.

Dari sekian banyak negara tak berbahasa Inggris yang ada di Eropa, Jerman menjadi negara paling favorit bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Alasannya sederhana: biaya pendidikan yang relatif lebih murah dibandingkan negara-negara favorit lainnya. University of Stuttgart jadi salah satu universitas paling favorit bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi, terutama bagi mereka yang tertarik di bidang teknik. Universitas satu ini mengklaim dirinya sebagai pusat riset, baik untuk yang berbasis universitas maupun tidak.

Imperial College London, Inggris


Fakultas favorit: Kedokteran, Teknik

Bergeser sedikit ke London, kamu bisa menemukan pelajar Indonesian yang meneruskan pendidikan di Imperial College London. Didirikan sejak tahun 1907, Imeprial College London dikenal sebagai universitas bertaraf internasional dengan spesialisasi pada bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan kedokteran. Universitas yang masuk ke daftar 50 universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings 2014/2015 ini tercatat memiliki lebih dari 3.000 staf dan sekitar 15.000 mahasiswa dari 125 negara berbeda. Bisa dibayangkan betapa banyak hal yang bisa kamu pelajari jika bisa bersekolah di sini, kan?

Leiden University, Belanda


Fakultas favorit: Jurusan Teknik dan Kedokteran.

Universitas yang pertama kali didirikan pada tahun 1575 ini dikenal sebagai universitas riset internasional terpopuler di Belanda. Kabar baiknya, Leiden University ternyata sudah bertahun-tahun menjalin kolaborasi dengan Indonesia, baik melalui pemerintah maupun beberapa universitas terkemuka. Bagi Leiden University, beragamnya kondisi yang dialami Indonesia, baik dari segi kekayaan alam hingga kisah sejarahnya, merupakan obyek penting untuk dipelajari. Sebagai tambahan, Asian Library milik Leiden University merupakan salah satu dari pusat sumber buku Asia terbesar di Eropa, termasuk di dalamnya adalah koleksi buku-buku Indonesia.

University of Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya

A post shared by Aleksandr Terleev (@terleev) on


Fakultas favorit: Bisnis Manajemen, Teknik Pertambangan dan Teknologi.

Skotlandia ternyata juga menjadi tujuan favorit para pelajar Indonesia untuk meneruskan studi, tepatnya di University of Edinburgh. Berdiri pada tahun 1583, universitas satu ini menerima sebanyak kurang lebih 47.000 pendaftar setiap tahunnya. Hal ini menjadikan kampus ini dikenal sebagai universitas paling populer ketiga di Britania Raya.

Kalau mengunjungi situs resmi University of Edinburgh, kamu akan menemukan halaman khusus yang ditujukan bagi pelajar asal Indonesia yang ingin bersekolah di sana. Di universitas ini ternyata juga memiliki komunitas khusus bernama Edinburgh University Indonesian Society. Tidak hanya pelajar Indonesia, mahasiswa yang tertarik untuk belajar lebih jauh tentang Indonesia juga bisa mendaftarkan diri di komunitas ini.

Newcastle University, Inggris


Fakultas favorit: Teknik Industri, Bisnis Manajeman dan Kedokteran

Sama seperti University of Edinburgh, Newcastle University juga memiliki halaman khusus pada situs resminya bagi pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan studi di sana. Informasinya pun cukup lengkap, mulai dari kriteria, estimasi biaya hidup yang dibutuhkan, hingga opsi untuk mendapatkan beasiswa. Newcastle University dikenal sebagai salah satu universitas yang memiliki kemampuan riset terbaik di Eropa. Mereka bahkan menduduki posisi ke-16 untuk kategori research power di UK dan posisi ke-3 di UK dalam hal research quality. Selain itu, Newcastle Unviersity juga menjadi bagian dalam 20 besar strategic partner untuk Engineering and Physical Sciences Research Course (EPSRC).

 

Leave a Reply