6 Barang Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Naik Gunung

Mendaki gunung tidak sama dengan traveling ala backpacking biasa. Tidak hanya persiapan stamina, ada pula berbagai perlengkapan khusus yang harus dibawa yang akan membantu kamu untuk “menaklukkan” gunung hingga bisa mencapai puncak. Kira-kira barang penting apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum naik gunung? Simak!

A post shared by CharlieMike07 (@charliemike07) on

Tas Gunung atau Carier

Mungkin kamu akan bertanya, “Kenapa tidak membawa tas ransel biasa saja?” Sebenarnya tidak apa-apa jika kamu hanya melakukan perjalanan selama sehari. Namun, tas ranselmu tidak akan muat menampung segala barang bawaan jika kamu harus menginap. Usahakan untuk menggunakan tas gunung atau carier dengan ukuran minimal 40 liter. Biasanya, semakin mahal harganya, maka akan semakin awet dan ringan tas gunung tersebut. Jangan lupa pula membawa cover bag untuk melindungi tas dari hujan – walaupun pada umumnya, cover bag sudah termasuk dalam tas.

A post shared by FaleTehan (@ftehan_) on

Sepatu Gunung, Jaket, Sarung Tangan, Topi Kupluk

Ingat, medan yang akan kamu hadapi nanti tidak sama dengan jalanan kota yang biasa kamu lewati sehari-hari. Karenanya, atribut yang kamu kenakan juga harus dipersiapkan dengan seksama. Gunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung agar kamu bisa mendaki dengan langkah yang mantap.

Jangan lupa juga untuk membawa jaket, sarung tangan, topi kupluk, dan barang lain yang bisa menjagamu tetap hangat. Semakin tinggi kamu mendaki, semakin dingin pula udara yang akan kamu temui. Khusus untuk sarung tangan, benda satu ini tidak hanya melindungimu dari dingin, tetapi juga agar tangan tidak lecet saat harus memegang ranting pohon.

A post shared by Bundeswehr (@bundeswehr) on

Tenda, Matras, dan Sleeping Bag

Bagi yang berencana mendaki gunung selama beberapa hari, tenda, matras, dan sleeping bag menjadi barang yang haram hukumnya untuk dilupakan. Saat tidur di dalam tenda, lapisi alasnya dengan matras. Beberapa pendaki senior menyarankan untuk melapisi matras dengan aluminium foil demi memberi kehangatan lebih. Jika ingin lebih nyaman lagi, jangan lupa untuk membawa sleeping bag yang benar-benar bisa menjaga kehangatan tubuh.

Senter atau Headlamp

Barang satu ini sangat diperlukan untuk memberi pencahayaan dalam keadaan gelap, terutama bagi kamu yang ingin mengejar sunrise di puncak gunung sehingga harus mendaki saat malam hari. Jangan pernah mengandalkan cahaya dari senter ponsel kamu. Selain membawa senter atau headlamp yang mumpuni, sediakan pula baterai cadangan secukupnya. Bayangkan kalau kamu kehabisan baterai di tengah pendakian dan harus bergantung pada cahaya dari senter teman kamu. Pastinya akan sangat tidak nyaman dan bisa-bisa memperlambat pendakian.

A post shared by @wrangler1125 on

Jas Hujan Ponco

Tidak ada yang bisa memprediksi cuaca di pegunungan. Bahkan saat musim kemarau pun, kemungkinan untuk turun hujan di daerah pegunungan selalu ada. Hal ini disebabkan oleh tekanan udara yang rendah, dinginnya suhu, serta padatnya udara. Oleh sebab itu, bawalah jas hujan ponco untuk melindungi tubuh agar tetap kering. Jas hujan ponco juga bisa dialihfungsikan sebagai tenda darurat sehingga kamu tidak perlu repot memasang tenda terlalu lama saat keadaan darurat.

 

Kantong Plastik

Yup, selain kelima barang di atas, jangan lupa juga membawa kantong plastik untuk menyimpan sampah-sampah yang kamu hasilkan selama pendakian. Dengan begitu, kamu tidak akan meninggalkan kotoran di pegunungan. Selamat mendaki!

Leave a Reply