6 Cara Unik untuk Lebih Mencintai Bumi

Salah satu krisis yang dihadapi oleh para manusia saat ini adalah kurangnya udara segar, terutama di kota besar. Volume jumlah kendaraan yang tinggi dan juga penggunaan berlebihan produk plastik membuat bumi seolah kesusahan untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Tapi kamu bisa membantu bumi dengan cara yang unik dan mudah. Coba lakukan hal-hal sederhana ini untuk menjaga keindahan bumi.

 

Pilah Sampah

Cara ini sudah dilakukan di banyak negara maju. Bila kamu sering pergi ke luar negeri, pasti pernah melihat tempat sampah yang dipilah dengan benar-benar detail. Hal ini bisa kamu lakukan sendiri mulai saat ini. Pilah sampah dengan membuka tutup botol dari tempatnya, melepaskan kertas yang menjadi pelapis botol minuman, dan tidak lupa untuk meremas botol tersebut hingga pipih. Pilah juga sampah kertas, sisa makanan, dan sampah yang sekiranya masih bisa didaur-ulang. Hal ini secara tidak langsung mampu membantu bumi, lho.

 

Tanam Tanaman di Botol Bekas

Punya banyak botol bekas? Jangan dibuang dulu! Sebaiknya kamu gunakan botol-botol tersebut sekali lagi. Bila kamu menyukai tanaman, kamu bisa menggunakan botol bekas sebagai pengganti vas bunga. Jangan takut bila tampilannya tidak indah, kamu bisa menghias botol tersebut dengan cat atau kertas kado yang manis. Tanaman yang kamu tanam di botol ini pun bisa beragam sesuai dengan ukuran botol. Mulai dari bunga yang cantik hingga tanaman rerumputan yang sederhana.

 

Buat Sendiri Tas Belanjamu

Daripada menghabiskan tas plastik setiap kali datang ke supermarket atau toko kelontong, sebaiknya kamu mulai membawa tas belanja sendiri. Di Jepang, tidak ada orang yang meminta tas plastik ketika belanja ke pasar karena mereka membawa tas belanja mereka sendiri. Kamu juga bisa memulai hal ini dengan membeli atau membuat tas belanja. Dengan membuat atau membeli sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu akan bisa lebih semangat dalam menggunakannya, termasuk tas belanja. Benar, kan?

 

Beli Botol Lucu Agar Tidak Beli Plastik di Luar

Yang satu ini juga bersifat sama seperti tas belanja. Dengan membeli botol lucu milikmu sendiri, kamu akan merasa sayang untuk membeli botol plastik atau minuman di luar. Selain untuk berhemat, kamu juga bisa membantu bumi dari sampah-sampah plastik yang tak terurai.

 

Jangan Buang Tiket Nonton

Tahu tidak, tiket nonton juga bisa menjadi sampah yang menumpuk, lho! Meskipun kecil, namun karena setiap hari ada ribuan orang yang nonton film, maka tentu saja sampah tiket nonton pasti jumlahnya besar. Daripada kamu buang tiket tersebut, lebih baik kamu pajang atau simpan tiket sebagai kenang-kenangan. Kamu bisa memajangnya di dinding, atau menyimpannya di dalam sebuah album sebagai memori yang bisa kamu lihat 10 atau bahkan 20 tahun ke depan. Nostalgia sambil mencintai bumi, siapa yang tidak mau?

 

Hias Luar Ruangan Kantor Dengan Tanaman

Jangan biarkan rooftop atau outdoor kantor kamu kosong, gunakan lahan tersebut untuk menanam tanaman yang cantik yang bisa menyegarkan dunia. Selain itu, kamu juga bisa memperindah kantor atau bangunan yang kamu tinggali dengan hiasan outdoor tersebut.

 

Leave a Reply