6 Destinasi Liburan Alam untuk Long Weekend Bersama Keluarga

Long weekend is coming! Ternyata di bulan depan, akan ada long weekend di awal bulan loh. Rencana apa saja yang sudah Anda buat bersama keluarga? Jika belum, ini adalah saat yang baik bagi Anda dan keluarga untuk mengakrabkan diri dengan kekayaan alam di Indonesia. Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua setelah Brazil? Saking kayanya, mungkin Anda bingung harus memulai perjalanan dari mana. Enam destinasi di pulau Jawa dan Bali berikut ini mungkin dapat menjadi permulaan yang tepat.

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Photo Credit: adutop.com

Dibangun pada tahun 1894, dulunya museum satu ini dikenal dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Awalnya, Museum Zoologi Bogor berfungsi sebagai laboratorium yang digunakan untuk penelitian pada bidang pertanian dan zoologi. Kini, tempat tersebut telah dikembangkan untuk mengoleksi binatang yang telah diawetkan dan beberapa binatang hidup untuk penelitian ilmiah. Koleksi ilmiah yang dimiliki Museum Zoologi Bogor terdiri dari kategori mamalia, ikan, burung, reptil, amphibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.

Museum Zoologi Bogor terbagi menjadi dua, yakni ruang pameran yang di terletak di Jakan Ir. H. Juandan No. 9, Bogor, dan dibuka setiap hari untuk umum; serta museum lain yang berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, letaknya berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong. Di museum inilah terdapat 3,5% jenis fauna yang ada di Indonesia. Kedua museum tersebut dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi, LIPI.

Jendela Alam Farm Bandung

JendelaAlam1-1160x543

Photo Credit: hellobandungku.com

Mengenalkan kekayaan Indonesia terhadap anak-anak harus dilakukan dengan cara yang fun. Mereka bisa sekaligus belajar pentingnya melestarikan alam. Mengunjungi Jendela Alam Farm di Komplek Graha Puspa Lembang dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat. Anda juga bisa sekaligus refreshing menikmati pemandangan khas pegunungan dengan cuacanya yang sejuk. Benar-benar destinasi yang pas untuk libur long weekend keluarga.

Ada lima wahana edukasi yang bisa dinikmati oleh anak-anak Anda, yakni; Jendela Air, yang memiliki program perkenalan proses menjernihkan air; Jendela Petualangan, arena permainan outbond seperti flying fox, panjat tebing, berkuda, jembatan goyang, dan bersepeda; Jendela Bermain, wahana bermain seperti trampolin dan bak pasir; Jendela Hewan, area peternakan yang memungkinkan anak-anak untuk memberi makan kepada kelinci dan kambing; serta Jendela Tumbuhan, perkebunan luas berisi tomat, ceri, stroberi, labu raksasa, dan kebuh hydrophonic.

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Photo Credit: telusurindonesia.com

Destinasi satu ini sepertinya sudah cukup familiar di telinga Anda. Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang tidak dimiliki oleh mayoritas objek wisata lain, yakni gunung-gunung pasir di sekitar pantai yang disebut dengan julukan gumuk. Angin lautnya yang cukup kencang bisa Anda manfaatkan untuk menerbangkan layang-layang bersama anak-anak dan keluarga. Jika ingin berkeliling, Anda bisa menyewa ATV, kereta kuda, atau kuda yang ditawarkan oleh penduduk lokal Yogyakarta.

Pantai Parangtritis juga menjadi tujuan orang-orang yang hobi melakukan olahraga udara (aeromodeling). Selain laut, panyai yang berada di kawasan Bantul ini memiliki area pemandian bernama Parangwedang. Konon, kandungan belerang yang terdapat dalam air pemandian tersebut mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk mengairi kolam kecil bermain anak-anak.

Kebun Raya Bedugul Bali

Kebun Raya Bedugul Bali

Photo Credit: anythingbali.com

Selama ini, Bali begitu populer dengan koleksi pantainya. Siapa sangka pulau dewata tersebut ternyata juga memiliki kebun raya sebagai destinasi wisata? Sama seperti Museum Zoologi Bogor, Kebun Raya Bedugul juga dikelola oleh LIPI. Ada lebih dari 2000 spesies tanaman yang duawtkan di Kebun Raya Bedugul, beberapa di antaranya berasal dari daerah pegunungan di Indonesia Timur, seperti Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Kebun Raya Bedugul berada di desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, kira-kira 56 km dari Denpasar. Terletak pada ketinggian antara 1250-1450 di atas permukaan laut, Kebun Raya Bedugul memiliki hawa yang begitu sejuk dengan dikelilingi pemandangan khas pegunungan dan danau. Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda dan keluarga kunjungi di Kebun Raya Bedugul, seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, patung Kumakarna Laga, danau Beratan, dan kebun mawar.

 Mangrove Surabaya

Mangrove Surabaya

Photo Credit: auratour-sby.com

Tidak hanya Jakarta dan Bali yang memiliki wisata alam mangrove, Surabaya pun tidak mau ketinggalan. Di ibu kota Jawa Timur tersebut, wisata mangrove bisa Anda temukan di kawasan Wonorejo, Rungkut. Untuk menikmati mangrove, ada jalanan setapak kayu panjang yang dikelilingi oleh rawa dan bakau. Di berbagai sisinya, terdapat papan informasi tentang jenis-jenis burung dan hewan yang hidup di hutan mangrove tersebut. Anak-anak pun dapat sekaligus mendapat edukasi baru.

Wisata mangrove Surabaya juga menyediakan fasilitas perahu bagi Anda yang tertarik untuk menyusuri hutan bakau lebih jauh. Tiketnya dihargai sebesar Rp 25.000,- bagi orang dewasa dan Rp 15.000,- untuk anak-anak di atas 5 tahun. Perahu akan menyusuri sungai di hutan bakau sepanjang lima kilometer dengan kedalaman air sekitar lima meter. Jika Anda sudah melihat pemandangan laut lepas, perahu akan segera berbalik dan berhenti di hutan bakau terdalam agar Anda bisa melihat lebih banyak populasi burung dan monyet.

Pantai Indah Kapuk Jakarta

Pantai Indah kapuk JakartaPhoto Credit: 1bp.blogspot.com

Di Jakarta, wisata alam mangrove terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk. Hampir mirip dengan yang dimiliki Surabaya, mangrove di Jakarta juga menyediakan jalanan setapak kayu agar Anda bisa menikmati suasana secara lebih leluasa. Cukup banyak pula korporat yang menyumbangkan tanaman bakau di sana. Uniknya, jika tertarik untuk menaiki perahu, Anda harus mengayuhnya sendiri. Biaya sewanya sebesar Rp 50.000,- dengan jangka waktu selama empat puluh menit.

Selain itu, beberapa area kosong di wisata mangrove Jakarta bisa Anda sewa sebagai tempat berkemah. Anda bisa membawa tenda sendiri atau menggunakan tenda kayu yang telah disediakan di sana. View-nya pun cukup memuaskan karena menghadap langsung ke hutan mangrove. Pemandangannya yang memuaskan membuat wisata mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta juga sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding, dengan biaya sebesar Rp 1.000.000,- untuk sewa lokasi.

Sudah siap menghadapi long weekend? Yuk, manfaatkan liburan kali ini dengan mengenal lebih jauh kekayaan alam di Indonesia bersama anak-anak dan keluarga. Tidak hanya untuk refreshing, pengetahuan Anda pun akan semakin bertambah setelah selesai berlibur. Tidak lupa klik www.zenrooms.com untuk kamar berkualitas dengan harga murah.

Siap buat pesan kamar? Mau yang murah?
ZEN Rooms lah! Klik disini
!

Leave a Reply