6 Jenis Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Jalan-jalan Secara Gratis

headerPhoto Credit: blog.queensland.com

Hampir semua orang suka traveling, tapi tidak semuanya berhasil mewujudkannya karena terkendala masalah budget. Tapi, gimana kalau kamu justru dibayar untuk traveling? Sekilas mungkin terdengar mustahil, tapi nyatanya kini ada cukup banyak pekerjaan yang bisa bikin kamu jalan-jalan secara gratis. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat di bawah ini.

Travel Consultant

businesswoman waiting for flight
Photo Credit: travelclub360.com

Pekerjaan satu ini cocok banget untuk kamu yang suka bertemu dan berkenalan dengan orang baru. Sesuai namanya, travel consultant adalah orang yang memberi konsultasi pada bidang traveling. Kamu lah yang akan mengatur perjalanan orang lain. Sebagai langkah awal, kamu bisa bergabung dengan travel agent di kota tempat tinggal kamu. Kalau sudah cukup berpengalaman dan mendapat banyak kepercayaan, kamu bisa membuka jasa travel consultant sendiri. Dengan ikut rombongan yang menggunakan jasamu, kamu bisa ikut jalan-jalan bersama mereka secara gratis.

Fotografer Perjalanan

2-fotografer-perjalanan

Photo Credit: pixabay.com

Seiring dengan pertumbuhan industri wisata, profesi fotografer semakin banyak dicari untuk mendokumentasikan berbagai tempat wisata dan kuliner setempat. Kalau tidak ingin terikat dengan perusahaan tertentu, kamu bisa menjadi fotografer kontributor yang dibayar berdasarkan jumlah foto. Bahkan kini ada beberapa orang yang traveling dan sengaja menyewa fotografer agar bisa mengabadikan momen mereka dengan jepretan profesional. Atau kamu juga bisa meng-upload foto di media sosial. Jika ada yang tertarik, biasanya kamu akan diajak kerja sama melalui paid promotion.

Staff Kapal Pesiar

3-staff-kapal-pesiarPhoto Credit: ayc.com.au

Sudah dibayar, bisa jalan-jalan mengelilingi lautan pula! Itulah kelebihan yang akan kamu dapatkan jika bekerja sebagai salah satu staff di kapal pesiar. Sambil bekerja, kamu bisa menikmati pemandangan lautan dan kemewahan fasilitas yang disediakan. Tapi, bekerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Kamu harus memiliki paspor yang sah dan memenuhi syarat untuk bekerja di negara tempat kapal pesiar terdaftar. Umumnya, panjang kontrak yang ditawarkan adalah 3-6 bulan, dengan jumlah bayaran sekitar Rp 8 juta hingga Rp 15 juta.

Instruktur Selam

4-instruktur-selam

Photo Credit: goprocozumel.com

Kamu jago berenang dan hobi menyelam? Jadikan hal terebut sebagai sebuah profesi, yuk! Tapi, jago berenang saja tidaklah cukup untuk membuatmu lolos sebagai instruktur selam. Kamu harus berusia dia atas delapan belas tahun dan memiliki kekuatan fisik yang mumpuni. Bagaimana pun juga, kamu bertanggung jawab terhadap keselamatan penyelam yang Anda damping. Kalau jam terbang sudah tinggi, nantinya kamu bisa bergabung dengan Professional Association of Driving Instructors (PADI) dan bekerja di resor-resor terkenal internasional.

Pilot dan Pramugari

5-pilot-dan-pramugariPhoto Credit: fpcreativegroup.com

Coba tanya anak-anak kecil tentang cita-cita mereka. Beberapa di antaranya pasti akan menjawab pilot atau pramugari. Alasannya pun sederhana, karena ingin bisa jalan-jalan secara gratis. Mungkin dulu kamu pun juga memiliki jawaban yang sama, ya. Hingga kini pun pilot dan pramugari masih menjadi profesi yang banyak diinginkan orang karena keistimewaan tersebut. Selama di pesawat, kamu memang harus bekerja dan melayani penumpang. Tapi begitu sampai tempat tujuan, kamu bebas jalan-jalan dan mengeksplor tempat wisata di sana!

Travel Blogger

Man Using Laptop on a Cliff

Photo Credit: fly-pia.com

Kalau kamu jago menulis, sepertinya tidak ada profesi yang lebih tepat untuk kamu selain travel blogger atau travel writer. Kamu bisa bergabung dengan media tertentu atau bekerja secara freelance. Kamu akan dibayar untuk jalan-jalan dan membuat tulisan berdasarkan pengalaman liburan kamu tersebut. Seru banget, kan? Tentu dibutuhkan proses yang tidak instan. Karenanya, kamu harus bisa menemukan β€œsuara” kamu sendiri dalam menulis sehingga bisa memberi keunikan dan membedakan kamu dari berbagai travel bloggers lain yang sudah ada.

Itulah keenam pekerjaan yang bisa membantu kamu untuk jalan-jalan secara gratis. Seru juga pergi traveling tanpa harus menyiapkan budget. Dari berbagai pilihan di atas, kira-kira pekerjaan mana yang menarik perhatian kamu dan ingin kamu tekuni?

Leave a Reply