6 Lokasi Air Terjun di Jawa Barat yang Indah

Dengan deretan pegunungan yang indah, Jawa Barat menjadi salah satu tempat untuk menikmati air terjun terbaik di Indonesia. ZEN mengumpulkan enam lokasi air terjun di Jawa Barat yang mempunyai pemandangan terbaik yang mungkin bisa jadi lokasi tujuan traveling Anda berikutnya.

Curug Cikaso

Let's see the beauty of nature. #ExploreSukabumi

A post shared by Muhammad Luthfi Sobana (@luthfisobana) on

Bagi sebagian besar warga sekitar Ujung Genteng Sukabumi, mengenalnya dengan nama Curug Luhur. Tapi bagi wisatawan luar Sukabumi, nama terkenal dari air terjun ini adalah Curug Cikaso. Dengan ketinggian air terjun mencapai 40-50 meter, kamu akan melihat keindahan air terjun yang berada Kampung Ciniti tersebut. Ada dua cara mengunjungi Curug Cikaso, kamu bisa trekking sepanjang 100-200 meter atau menggunakan perahu. Saran kami, gunakan perahu untuk menikmati keindahan Sungai Cikaso.

Curug Bengkok

Berada di daerah Wangun Cileungsi, Ds. Karang Tegah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor kamu akan menemukan air terjun yang mini tapi sangat menakjubkan. Curug Bengkok ini memang kecil, tetapi kelebihannya adalah kamu bisa berenang di sana. Salah satu keunggulan dari Curug Bengkok ini airnya yang berwarna hijau.

Curug Malela

https://www.instagram.com/p/BR9tb95jgYn/?tagged=curugmalela

Berada di Desa Cicadas, Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat kamu harus sedikit berusaha untuk menuju Curug Malela. Untuk menuju Curug Malela kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Sesampai Desa Cicadas kamu juga harus menyusuri perbukitan dengan pemandangan menakjubkan sejauh sekitar 10 kilometer. Curug Malela ini juga mempunyai beberapa air terjun yang akan memanjakan mata kamu.

Curug Cigangsa

Selanjutnya ada Curug Cigangsa yang berada di Sukabumi, Jawa Barat. Jika kamu pernah mengunjungi Curug Cikaso, kamu hanya perlu pergi ke barat sekitar 10 kilometer untuk menuju Curug Cigangsa. Air terjun ini berbeda dengan yang lain, kamu bisa menikmati pemandangan dari atas air terjun maupun dari bawah.

Curug Sanghyang Taraje

Berada di Pakenjeng, Kabupaten Garut, kamu akan menemukan air terjun yang mempunyai cerita legenda sangat asik. Curug Sanghyang Taraje ini diyakini sebagai tempat berpijak Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit atas permintaan Dayang Sumbi. Bahkan diyakini ada batu berbentuk tapak raksasa yang konon dipercaya sebagai Tapak Sangkuriang. Ketinggian Curug Sanghyang Taraje ini juga sangat tinggi, sekitar 100 meter lho.

Curug Bandung

Walaupun letaknya bukan di Bandung, Curug Bandung ini sangat terkenal seantero Jawa Barat. Dengan tujuh buah air terjun dalam satu aliran sungai, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Berada di Desa Mekarbuana, Karawang kamu harus menempuh 3 kilometer perjalanan untuk sampai di air terjun ini.

 

Leave a Reply