6 Pantai Terbaik di Yogyakarta

00-pantai-cover

Source: piknikasik.com

Jika mendengar kata Yogyakarta, mungkin di benak Anda langsung teringat akan keraton dan kebudayaan Jawa yang kental. Keraton dan kebudayaan Jawa memang menjadi daya tarik utama pengunjung yang bewisata ke Yogyakarta. Selain keraton, ternyata potensi alam di Yogyakarta juga menarik untuk Anda kunjungi, khususnya pantai. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat banyak pantai yang indah untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Berikut ini adalah beberapa pantai terbaik di Yogyakarta yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam kunjungan wisata selanjutnya.

Pantai Parangkusumo

Ada-Apa-Dengan-Cinta-2-Take-di-Pantai-Parangtritis

Source: eryan1808.wordpress.com

Berada di Kabupaten Bantul, sekitar 30 kilometer di selatan Kota Yogyakarta, terdapat wisata alam Pantai Parangkusumo. Disini Anda dapat merasakan nikmatnya suara deburan ombak yang menyatu dengan karang khas daerah pantai selatan Pulau Jawa. Selain itu, di pantai ini terdapat petilasan yang konon merupakan lokasi bertemunya Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Pantai ini cukup dekat dengan Pantai Parangtritis, bahkan dapat Anda akses hanya dengan berjalan kaki dari terminal Parangtritis.

Pantai Indrayanti

02-pantai-indrayanti

Source: www.pegipegi.com

Pantai Indrayanti atau juga yang sering disebut sebagai Pantai Pulang Sawal memiliki hamparan pasir putih yang membentang dan sayang untuk dilewatkan. Pantai yang cukup bersih ini memiliki fasilitas lengkap, mulai dari watersport hingga gazebo dimana Anda dapat menikmati suasana pantai yang asri. Terletak satu kawasan dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Anda dapat menjangkau lokasi pantai dengan berkendara sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal

03-pantai-Pok-Tunggal

Source: http://jasawisata.com/

Tak jauh dari Pantai Indrayanti, Anda dapat mengunjungi Pantai Pok Tunggal. Lokasinya yang masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang berkunjung. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup terjal sehingga Anda harus melalui jalan yang berliku dan cukup sempit. Namun, perjuangan Anda akan terbayar lunas saat Anda sampai di lokasi pantai ini. Perbukitan karang yang mengelilingi pantai seakan sedang melindungi pantai dari dunia luar. Nama Pok Tunggal sendiri berdasarkan adanya sebuah pohon tunggal yang berdiri tegak melawan angin dan ombak di tengah hamparan pasir putih.

Pantai Ngobaran

04-pantai-ngobaran

Source: kompasiana.com

Bertetangga dengan Pantai Ngerenahan, Pantai Ngobaran menjadi lokasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi. Meski belum seberapa terkenal, Anda akan mendapatkan hal unik yang jarang ada di pantai-pantai lainnya. Bila Anda memasuki pantai ini, Anda akan mendapati sebuah Pura Hindu. Selain itu, ada juga tempat sembahyangan kepercayaan Kejawan dan Kejawen. Tak hanya sampai disitu, ada juga sebuah masjid kecil yang menghadap ke selatan. Semua unsur religi ini seakan menyatu dengan keindahan alam sehingga benar-benar memberikan suasana damai bagi orang-orang yang mengunjungi pantai ini.

Pantai Siung

05-pantai-siung

Source: http://www.klikhotel.com/

Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan olahraga panjat tebing? Bila iya, mungkin pantai yang satu ini cocok untuk Anda. Pasalnya, di lokasi Pantai Siung ini terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing yang mengarah ke salah satu bukit tertinggi di pinggir pantai. Namun bila Anda hanya ingin bersantai di pinggir pantai saja, tidak masalah, karena pemandangan pantai ini cukup indah dengan dikelilingi oleh bukit dan tebing berselimut pepohonan. Nama Siung sendiri berarti gigi taring dalam bahasa Jawa. Pantai ini dinamakan demikian karena salah satu karangnya yang menjorok ke laut menyerupai gigi taring.

Pantai Wedi Ombo

06-pantai-wediombo

Source: http://melancongjogja.com/

Pantai Wedi Ombo yang berarti hamparan pasir yang luas terletak di ujung timur-selatan Yogyakarta. Hamparan pasir putih yang menyatu dengan bebatuan alam menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata yang menyenangkan ketika liburan tiba. Setiap tahun diadakan sebuah upacara nelayan tradisional Ngalangi di pantai ini. Dalam upacara ini, penduduk Wedi Ombo aka mengambil akar pohon yang disebut wawar dari bukit Kedungdowok dan bersama-sama menariknya ke laut sebagai jaring ikan. Bila Anda berkunjung di waktu yang tepat, akan banyak landak laut dan kerang yang dapat Anda temukan di pantai. Bila Anda ingin, Anda juga bias meminta seafood tersebut dimasak di warung pinggir pantai.

Mana lokasi pantai yang tepat untuk Anda? Dimanapun Anda berwisata, pastikan untuk menginap di lokasi yang aman dan nyaman. Jangan sampai setelah Anda asyik berwisata, Anda malah bermasalah ketika sampai di penginapan dan membuat liburan Anda jadi melelahkan.

 

Untuk kamar terbaik di Yogya klik : https://www.zenrooms.com/id

3 thoughts on “6 Pantai Terbaik di Yogyakarta

Leave a Reply