7 Alasan Penting untuk Berhenti Merokok

Adalah suatu rahasia umum bahwa merokok adalah suatu aktivitas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Apalagi jika kebiasaan ini telah dilakukan selama bertahun-tahun. Namun, bagi para pecandunya, menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal yang mudah. Padahal, merokok memberikan banyak sekali kerugian. Berikut beberapa alasan penting yang mungkin bisa membuatmu berpikir dua kali untuk meneruskan kebiasaan merokokmu.

Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Photo source: @amal_ashok_a

Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat mengganggu kinerja sel darah putih dalam tubuh kita. Jika sel darah putih ini rusak, maka tubuh kita akan kekurangan โ€œpasukanโ€ untuk melawan penyakit sehingga daya tahan tubuh melemah.

Membuat Kulit Keriput

Photo source: @harleystreetemporium

Rokok dapat memicu tubuh untuk mengalami dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan berimbas pada kondisi kulit yang kering. Akibatnya, kulit akan membentuk keriput dan garis halus karena kurang air dan nutrisi. Kondisi inilah yang kita sebut dengan penuaan dini. Kebiasaan merokok bisa membuatmu keriput lebih cepat.

Wajah Terlihat Lebih Tua

https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-15/e35/18888746_134643717093485_5369284963445243904_n.jpg

Photo source: @bijunu

Cobalah amati perokok lain di sekitarmu. Bandingkan kondisi wajah mereka dengan orang lain yang bukan perokok tetapi memiliki umur yang sama. Kamu akan melihat bahwa mereka yang perokok memiliki wajah yang cenderung lebih tua daripada aslinya.

Napas Bau

Photo source: @thousandnews

Ketika kamu merokok, asap nikotin ini akan bersisa di lapisan atas permukaan gigi. Lama-kelamaan ini akan menimbulkan noda pada gigi. Noda pada gigi selain mengganggu penampilan juga menjadi penyebab kenapa napasmu bisa berbau tidak sedap. Selain itu, karena rokok memicu dehidrasi, maka rongga mulutmu pun juga akan menjadi lebih kering sehingga bakteri juga semakin banyak berkembang.

Mempercepat Menopause pada Wanita

Photo source: @high_lone_wolf

Pada wanita yang perokok, mereka cenderung mengalami menopause yang lebih cepat. Rokok mengandung bahan kimia yang berbahaya lainnya selain nikotin. Beberapa di antaranya mampu merusak metabolisme pada ovarium sehingga ovarium tidak mampu lagi menghasilkan sel telur secara normal.

Insomnia

Photo source: @iam_the_garden

Apakah kamu pernah mengalami, ketika tidur semalaman dan bangun di pagi hari bukannya merasa segar dan bertenaga tapi kamu justru merasa letih dan lemas? Padahal, kamu sudah tidur teratur selama 8 jam. Bisa jadi ini disebabkan oleh rokok. Rokok membuat tidurmu kurang nyaman dan maksimal. Bahkan, beberapa orang ada yang sampai mengalami insomnia karena rasa gelisah akibat merokok.

Perokok adalah Orang yang Egois

Photo source:ย  @juanelena.iswell

Tak hanya diri sendiri, tapi juga orang lain. Jangan dikira merokok hanya memberikan dampak negatif pada organ dalam tubuhmu. Secara tidak langsung, asap rokokmu juga menjadi penyebab polusi udara. Akibatnya, orang di sekitarmu akan ikut menghirup udara kotor yang bercampur dengan asap nikotin. Kamu tidak mau dibilang sebagai orang yang egois dengan melanggar hak orang lain untuk menghirup udara bersih, kan?

Begitu banyak kerugian yang akan kamu dapat jika kamu terus merokok. Memang untuk bisa berhenti merokok secara total butuh proses yang cukup lama tergantung pada masing-masing individu, namun hal tersebut bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Yang, penting, kamu harus tetap semangat dan konsisten.

Leave a Reply