7 Klenteng Paling Terkenal di Indonesia

Siapa bilang jalan-jalan mengunjungi tempat ibadah klenteng itu nggak menarik? Kalau traveling ke tujuh klenteng paling tenar se-Indonesia ini, pasti pandanganmu akan langsung berubah deh.

 

Klenteng Kwan Sing Bio

Photo credit: @naanoung

Lokasi: Jalan R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Tuban, Jawa Timur.

Tak hanya bangunannya yang megah, tapi klenteng ini juga merupakan klenteng terbesar di Asia Tenggara. Dibangun pada abad ke-18, klenteng ini memiliki luas 4 hektar. Bila biasanya simbol pintu di klenteng adalah naga, simbol pintu di klenteng ini adalah kepiting karena Klenteng Kwan Sing Bio menghadap ke laut.

 

Vihara Surga Neraka

Photo credit: @michael_prass

Lokasi: Singkawang, Kalimantan Barat.

Terletak di Kalimantan Barat, Vihara Surga Neraka adalah vihara tertinggi di daerah tersebut. Berada di punggung Gunung Passi yang terletak 12 km dari kota Singkawang, klenteng ini diberi nama demikian karena terdapat banyak patung dewa dari surga dan neraka. Untuk masuk ke tempat ini, ada beberapa ritual yang harus kamu lakukan, salah satunya adalah melepaskan alas kaki dan membersihkannya dengan air.

 

Klenteng Tay Kak Sie

Photo credit: @aylien13

Lokasi: Jalan Gang Lombok, Mlatiharjo, Semarang.

Terletak di kawasan Pecinan, seberang replika perahu Laksamana Cheng Ho, klenteng ini berdiri sejak tahun 1746. Digunakan sebagai tempat ibadah penganut Budha, Tao, dan Kong Hu Cu, tempat ini memiliki ornamen otentik yang indah dan arsitektur yang penuh ornamen naga sebagai simbol pelindung dari pengaruh jahat. Bagi kamu yang ingin mencari suasana Tiongkok nan otentik di Semarang, klenteng ini bisa menjadi tempat yang tepat.

 

Klenteng Tri Dharma Chandra Nadi

Lokasi: Jalan Perikanan, 10 Ulu, Palembang.

Tempat yang dibangun pada tahun 1733 ini merupakan pengganti klenteng yang sempat terbakar di daerah tersebut. Dikenal juga sebagai Klenteng Dewi Kwan Im, di daerah ini terdapat juga makam Ju Sin Kong atau Apek Tulong yang merupakan panglima Palembang keturunan Tionghoa.

 

Klenteng Xian Ma

Lokasi: Jalan Sulawesi No. 112, Makassar.

Klenteng yang satu ini cukup unik karena memiliki bangunan yang dibuat naik dengan tinggi 6 lantai dan memiliki patung dewa yang berbeda-beda di setiap lantainya. Berdiri sejak tahun 1864, klenteng Xian Ma juga dikenal dengan nama Istana Naga Sakti. Selain dewa-dewa yang dipuja, kamu juga bisa melihat relief kisah Budha di tempat ini.

 

Klenteng Hok Tek Hian

Lokasi: Jalan Dukuh, Surabaya.

Tempat ini merupakan klenteng tertua di Surabaya karena dibangun pada awal zaman Majapahit. Karena berlokasi di Jalan Dukuh, kadang orang juga menyebut tempat ini sebagai Klenteng Dukuh. Jangan bingung bila melihat dua bangunan berbeda di klenteng ini, karena memang klenteng yang dibangun oleh Tentara Tartar ini memiliki dua bangunan yang dihubungkan oleh jembatan dengan dua naga sebagai penjaga.

 

Klenteng Cu An Kiong

Photo credit: @nicholas.bayu

Lokasi: Jalan Dasun No. 19, Lasem, Jawa Tengah.

Klenteng yang dibangun pada abad ke-16 ini memiliki keindahan nan eksotik. Di dalam tempat suci yang terakhir dipugar pada tahun 1868 ini terdapat altar indah untuk Dewi Laut. Sayangnya, area suci ini tidak memperbolehkan pengunjung untuk masuk.

 

Leave a Reply