7 Makanan Thailand yang Super Enak

Photo Credit: thailandtourism.co

Traveling bakal kurang lengkap kalau kamu tidak mencicipi kuliner lokal di kota atau negara tujuan. Pengalaman kuliner kamu di Thailand pasti bakal memuaskan karena sudah banyak traveller dari berbagai negara, termasuk Indonesia, yang mengakui kelezatan makanan di Thailand. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan Thailand yang wajib kamu coba.

Pad Thai

1-pad-thai

Photo Credit: Bangkok.com

Ini dia mi siram khas Thailand yang dimasak dengan gula aren dan kuah asam. Penyajiannya dilengkapi dengan udang, kacang, tauge, dan taburan daun bawang. Kalau nggak suka atau alergi dengan udang, kamu bisa meminta untuk diganti dengan daging ayam. Karena merupakan salah satu makanan paling populer, pad thai sama sekali tidak susah ditemukan di Thailand, terutama Kota Bangkok.

Khao Niew Ma Muang

2-khao-niew-ma-muang

Photo Credit: musmagz.com

Dessert satu ini lebih populer disebut dengan nama mango sticky rice. Di dalamnya terdiri dari ketan yang disajikan bersama potongan mangga segar dan krim santan yang manis. Kamu bisa menikmati mango sticky rice sebagai pengganjal perut sebelum makan sajian yang lebih berat. Mango sticky rice merupakan salah satu menu street food paling favorit di Thailand.

Tom Yam

3-tom-yam

Photo Credit: sariada.com

Pecinta kuliner mana yang tidak mengenal tom yam? Bahkan bisa dibilang bahwa tom yam merupakan makanan Thailand paling favorit di Indonesia. Dominasi rasa asam dan pedasnya memang sesuai dengan lidah masyarakat kita. Rasa segar dari kuah tom yan didapat dari paduan daun serai, daun jeruk, lengkuas, cabai, serai, bawang merah, air jeruk nipis, dan saus ikan. Di dalamnya terdapat udang dan jamur sebagai lauk.

Gang Massaman

4-gang-massaman

Photo Credit: tentree.com

Bagi yang suka masakan kari, gang massaman tidak boleh kamu lewatkan. Didominasi rasa manis, saus karinya terbuat dari kombinasi pasta kari, santan, kacang, pala, dan kayu manis. Sebagai lauknya, gang massaman juga dilengkapi dengan potongan kentang dan suwiran daging ayam. Kamu bisa menyantap gang massaman dengan nasi putih atau langsung dimakan begitu saja.

Khao Pad Poo

5-khao-pad-poo

Photo Credit: somtumder.com

Pada dasarnya, khao pad poo adalah nasi goreng. Namun, berbeda dari nasi goreng yang biasa kamu temui di Indonesia, khao pad poo memiliki aroma bunga melati karena memang dimasak menggunakan campuran bunga tersebut. Tidak ketinggalan perasan jeruk nipis dan saus ikan khas Thailand. Biasanya, khao pad poo juga dilengkapi dengan telur dan kepiting.

Som Tam

6-som-tam

Photo Credit: maangchi.com

Som tam adalah salad pepaya yang dibumbui dengan garam. Di dalamnya juga terdapat bawang putih, cabai, tomat, dan kacang panjang. Ada tiga jenis som tam yang biasanya dijual di Thailand, yaitu som tam berbahan dasar kepiting hitam asin, som tam plara yang dibuat dari ikan gurame asin, kecap asin, kacang panjang, dan terong putih, serta som tam thai yang terbuat dari kacang tanah dan ebi.

Gai Pad Pongali

7-gai-pad-pongali

Photo Credit: ucan-thaifood.blogspot.com

Sekilas, mungkin makanan ini bakal mengingatkan kamu dengan cap cai. Gai pad pongali terbuat dari daging ayam, bawang, tomat, dan paprika. Semuanya disiram dengan bumbu dari pasta kari kuning. Tidak ketinggalan telur yang langsung diletakkan di atas makanan sehingga gai pad pongali pun memiliki teksur bumbu yang semakin kental. Cocok banget disantap dengan nasi panas.

Segera catat ketujuh makanan tersebut. Saat traveling di Thailand nanti, kamu bisa langsung mendatangi tempat-tempat kuliner dan mencicipi satu per satu makanan di atas. Pasti lezat banget!

Leave a Reply