7 Negara Terbersih di Dunia

Negara-negara di bawah ini tidak hanya memiliki pemandangan indah, tetapi juga tingkat kebersihan yang sangat tinggi. Tidak hanya dari segi pemerintah, masyarakat umum di negara-negara ini pun sadar akan pentingnya kebersihan untuk menjaga keindahan lingkungan dan kesegaran udara. Negara mana saja sih yang masuk ke dalam jajaran negara terbersih di dunia? Simak!

 

Islandia

Dikenal juga dengan nama Iceland, negara ini cukup populer karena fenomena alam aurora yang tampak begitu jelas dari negeri ini. Islandia masuk dalam jajaran teratas negara terbersih di dunia dan luasanya hampir sama dengan ibu kota kita, DKI Jakarta. Bisa dibayangkan betapa kecilnya negara ini, kan? Lingkungan yang bebas sampah ternyata juga mendorong negara ini masuk ke jajaran teratas negara yang memiliki udara paling bersih di dunia.

Luksemburg

Bila diurut dalam daftar tujuan wisata, sepertinya nama Luksemburg tidak masuk di jajaran terpopuler. Tapi tahukah kamu bahwa negara ini masuk ke dalam jajaran negara terbersih di dunia dan dinobatkan sebagai negara dengan air terbersih di Eropa? Kebersihan air di Eropa sudah cukup maju dibandingkan dengan Indonesia. Yang menarik, di Luksemburg, kamu tidak akan melihat kotoran sedikit pun!

Switzerland

Negara tempat kelahiran petenis terkenal Roger Federer ini disebut-sebut sebagai salah satu surga dunia. Bagaimana tidak? Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan berbagai keindahan dunia yang memanjakan mata. Negara yang tak memiliki akses jalur laut karena dikelilingi oleh daratan ini juga dikenal sebagai negara yang sangat aman.

Singapura

Setelah sebelumnya kita disuguhi oleh negara-negara bersih dari Eropa, Asia juga punya negara yang masuk jajaran teratas negara terbersih di dunia. Singapura adalah salah satu di antaranya. Negara yang menjadi tujuan wisata banyak penggemar belanja ini memang memiliki sistem pembuangan sampah dan penjagaan kebersihan yang sangat tinggi dan dilaksanakan dengan baik. Negara ini bahkan tidak mengizinkanmu untuk minum atau makan di dalam MRT untuk menjaga kebersihan dalam kereta, lho!

Kosta Rika

Meskipun bukan tergolong negara maju, namun Kosta Rika tidak kalah dalam soal kebersihannya. Kosta Rika diberi predikat negara dengan udara terbersih se-dunia. Tidak heran, negara yang memiliki kekayaan alam melimpah ini sangat ketat dalam menjaga kebersihan. Selain warganya yang juga taat, para anggota pemerintah yang berwenang juga tidak segan-segan memberi hukuman berat kepada pelanggar kebersihan.

Swedia

Negara kelahiran pemain sepakbola Ibrahimovic ini ternyata juga menjadi salah satu negara dengan tingkat kebersihan paling tinggi di dunia. Sepertinya, hal ini juga dibantu dengan adanya teknologi canggih yang membantu pengelolaan sampah di negara kecil ini. Tidak jarang negara ini menerima impor sampah dari negara lain untuk diolah. Mereka mau menerima sampah dari Indonesia nggak ya? Hehe…

Jepang

Sebuah kiriman dibagikan oleh @nonchan2222flower pada

Dikenal dengan sistem penyortiran sampahnya yang ribet, Jepang adalah sebuah negara yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan. Bagaimana tidak? Kamu tidak akan menemukan tempat sampah dengan mudah di Jepang tetapi kamu juga akan sangat amat jarang sekali melihat sampah berserakan di tempat umum. Keren ya!

Leave a Reply