7 Perbedaan Budget Hotel dan Hostel

Budget hotel dan hostel terdengar mirip, namun ternyata keduanya memiliki segudang perbedaan. Buat kamu yang ingin bepergian dan masih bingung mau tinggal di hostel atau budget hotel, ada baiknya kamu memahami perbedaannya berikut ini sebelum memutuskan untuk tinggal di mana.

Harga Hostel Lebih Murah

Meskipun harga budget hotel sudah murah, tetapi harga hostel terkadang bisa lebih murah lagi. Mungkin bahkan harganya terkesan tidak masuk akal untuk, namun perlu dipahami bahwa hostel bukanlah hotel. Buat kamu yang ingin mencari hotel dengan harga murah tapi tidak butuh banyak fasilitas, hostel bisa menjadi tempat tinggal pilihanmu.

Fasilitas Hostel Digunakan Bersama

Melanjutkan poin pertama, fasilitas hostel sifatnya tidak privat, melainkan digunakan bersama-sama dengan banyak tamu lainnya. Terkadang bahkan ada hostel yang tidak memiliki kamar mandi dalam jadi kamu harus mandi di luar bergantian dengan orang lain. Hostel sifatnya lebih sosial daripada hotel dan cocok untuk kamu yang ingin mingle dengan orang-orang baru.

Budget Hotel Tetap Memiliki Privasi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Almazia (@almazia) pada

Meskipun namanya budget hotel, tetapi hotel jenis ini tetap memiliki privasi. Sesederhana apapun tempatnya, kamu akan tetap menemukan privasi di dalam kamarmu. Kamu tidak mungkin menemukan kamar mandi yang akan digunakan dengan orang lain jika menginap di budget hotel. Karena itu, bagi kamu yang mementingkan privasi, budget hotel adalah tempat yang sangat cocok untukmu.

Hostel Lebih Cocok Digunakan Untuk Grup

Karena hostel sifatnya ringan dan sosial, maka tempat ini cocok untuk digunakan jika kamu bepergian dengan grup. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas tapi ingin pergi bersama grup, hostel di sekitar tempat wisata bisa menjadi pilihan. Namun perlu diingat, terkadang kamu akan menginap dengan orang asing di hostel, bahkan bisa satu kamar dengan mereka bila benar-benar sedang nge-trip hemat. Karena itu usahakan untuk selalu menjaga keamanan barang-barang bawaan kamu sendiri, seperti backpack, koper, bahkan laptop dan barang berharga lain yang kamu bawa.

Budget Hotel Juga Punya Fasilitas Seperti Hotel Berbintang

Meskipun harga lebih murah daripada hotel, tetapi bukan berarti budget hotel tidak memiliki fasilitas setara hotel berbintang. Beberapa budget hotel dengan harga Rp800 ribuan pun ada yang tetap memiliki fasilitas seperti tempat menyetrika dan hair dryer. Tidak jarang budget hotel juga memiliki kolam renang dan fitness center. Apalagi budget hotel di luar negeri, soal kecepatan Wi-Fi kamu tidak perlu ragu lagi.

Hostel Memiliki Bunk Bed Dengan Kenyamanan Terbatas

Bila kamu tidak mempermasalahkan kenyamanan tidur yang terbatas, hostel boleh menjadi rujukan tempat beristirahat ketika sedang berwisata. Kasur di dalam hostel rata-rata berbentuk bunk bed atau kasur susun. Namun perlu diingat, harganya pun sangat murah, lho! Pertimbangan harga bisa menjadi bahan diskusi dengan teman perjalananmu ketika akan berwisata sebelum menentukan untuk tinggal di budget hotel atau hotel.

Wi-Fi Bisa Jadi Tidak Ditemukan di Hostel

Bagi kamu yang ingin bepergian dan mencari fasilitas Wi-Fi gratis, sebaiknya tidak memilih hostel sebagai tempat tinggal. Pasalnya, kebanyakan hostel tidak memiliki fasilitas tersebut. Jadi bila kamu ingin tinggal di hostel, pastikan kamu tahu bahwa hostel tersebut memiliki Wi-Fi atau tidak ya.

Leave a Reply