7 Perpustakaan Umum Terbaik di Dunia

Siapa bilang perpusakaan itu tempat yang boring? Kalau kamu pergi ke perpustakaan ini, pasti bakal langsung semangat untuk membaca lebih banyak buku dan (tentunya) foto-foto untuk diunggah di social media. Berikut tujuh perpustakaan umum terbaik di dunia yang berhasil ZEN kumpulkan.

 

Admont Library, Austria

https://www.instagram.com/p/BErIukgH4KU/?tagged=admontlibrary

Terletak di pegunungan Alpine, perpustakaan indah ini adalah salah satu perpustakaan terbesar di dunia. Didesain dengan suasana late Baroque oleh arsitek Joseph Hueber tahun 1776, perpustakaan ini memiliki lebih dari 200 ribu koleksi buku. Bagian atas dari Admont Library dilukis oleh pelukis kenamaan Bartolomeo Altomonte yang menggambarkan tahap demi tahap pertemuan manusia dengan pengetahuan.

 

George Peabody Library, Amerika Serikat

Perpustakaan ini diberi nama George Peabody dari nama sang philanthropist yang menyumbangkan uangnya untuk membangun perpustakaan. Alasan George memberikan banyak uangnya untuk membangun perpustakaan ini adalah sebagai bentuk apresiasinya atas kebaikan warga Baltimore, Amerika. Didesain oleh arsitek kondang abad 19, Edmund Lind, perpustakaan ini dikenal karena desain atriumnya yang luas dan mewah. Dengan banyaknya cahaya natural yang masuk dari atap berbahan kaca menjadikan perpustakan ini semakin nyaman sebagai tempat membaca.

 

Royal Library of Copenhagen, Denmark

https://www.instagram.com/p/BT1yZ81l-hk/?tagged=royallibrarycopenhagen&hl=en

Selesai dibangun pada tahun 1999, tempat yang juga dikenal dengan nama Black Diamond ini juga merupakan salah satu landmark terkenal Denmark. Memiliki nuansa modern dengan eksterior yang dibuat sepenuhnya dari kaca memberikan perpus ini aura minimalis yang keren di setiap sudutnya. Tempat ini pun dipenuhi dengan cahaya natural yang masuk dengan indah, jadi kamu bisa leluasa memilih spot di manapun untuk duduk dan menikmati bukumu.

 

Musashino Art University Library, Jepang

Dibuat oleh arsitek Sou Fujimoto, perpustakaan ini bisa dikatakan sebagai perpustakaan paling simpel di dunia. Dengan interior yang hanya dipenuhi oleh rak buku dan area membaca yang seperti jembatan, perpustakaan ini memiliki nuansa Jepang yang kental. Alasan Fujimoto mendesain Musashino Art University Library seperti itu adalah karena baginya, hal yang diperlukan oleh perpustakaan hanyalah buku, rak, cahaya, dan tempat membaca.

 

Boston Public Library, Amerika Serikat

Boston Public Library #boston #bostonpubliclibrary #charlesmckim #students

A post shared by Rebecca Howard Birdwell (@rhbirdwell) on

Memiliki 23 juta lebih koleksi buku, ini adalah perpustakaan kedua terbesar se-Amerika Serikat. Tempat ini juga terkenal karena arsitektur khas Itali-nya dan juga karena lapangannya yang begitu luas.

Sedikit fakta tentang Boston Public Library, tempat ini diberi nama oleh Joshua Bates – sosok penting kota Boston saat itu yang mendonasikan uangnya dalam jumlah besar tahun 1852. Ia meminta agar perpustakaan ini dibangun dengan beberapa kondisi: akan menjadi ornamen yang cantik untuk kota dan juga gratis untuk semua orang. Nice thought!

 

Stuttgart City Library, Jerman

Perpustakaan dengan sembilan lantai ini didesain mirip Pantheon dari zaman Roma lama. Stuttgart City Library dinilai cukup unik lantaran warna yang muncul dari perpustakaan ini berasal dari buku-buku yang tertata rapi di dalamnya. Ini karena semua bagian di perpustakaan ini dicat dengan warna putih bersih. Karena itu pulalah suasana modern minimalis terasa kental di interiornya.

 

Jose Vasconcelos Library, Meksiko

Didesain oleh arsitek Alberto Kalach, perpustakaan ini dibuat dari struktur kaca yang indah. Penataannya yang unik membuat rak buku di tempat ini seolah melayang di udara. Yang membuatnya lebih cantik lagi, kamu bisa melihat tulang-tulang ikan paus raksasa yang tergantung di bagian tengah dari perpustakaan. Woww!

Jose Vasconcelos, seorang filsuf yang merupakan orang penting di Meksiko-lah yang memberi nama perpustakaan ikonik ini. Ia dinilai cukup penting bagi Meksiko karena saat itu dialah orang yang menggalangkan gerakan membaca di negara asal aktris seksi Salma Hayek ini.

Leave a Reply