8 Hutan Tercantik di Dunia

Sekitar sepertiga permukaan bumi ini ditutup oleh hutan, menjadikannya rumah bagi dua per tiga spesies darat di seluruh dunia. Kamu bisa membayangkan betapa pentingnya hutan bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi, kan?

Terdorong oleh pentingnya peran hutan, European Confederation of Agriculture mendukung adanya Hari Hutan Sedunia pada November 1971. Akhirnya, berdasarkan resolusi PBB pada 28 November 2012, Hari Kehutanan Sedunia pun resmi diperingati sejak 21 Maret 2013. Nah, dalam rangka memperingati Hari Kehutanan Sedunia, mari berkenalan dengan hutan-hutan cantik yang tersebar di seluruh penjuru dunia berikut ini.

A post shared by Kitty (@flowers_and_more15) on

Black Forest, Jerman

Jangan membayangkan Black Forest sebagai kue cokelat yang biasa kamu makan saat ulang tahun, ya. Terletak di kawasan barat daya Jerman, nama Black Forest diberikan oleh bangsa Roman yang menyadari bahwa tanaman-tanaman di hutan ini menghalangi masuknya sinar matahari ke area dalam hutan. Sepanjang bagian barat menuju selatan, Black Forest dibatasi oleh Lembah Rhine yang menyajikan pemandangan cantik dan mengagumkan.

A post shared by Mimi (@pixiepixle) on

Giant Sequoia National Monument, Amerika Serikat

Nama hutan ini diambil dari nama pepohonan sequoia yang memang terkenal sangat besar dan tinggi. Bahkan kabarnya pohon sequoia menjadi salah satu pohon terbesar di dunia dan bisa bersaing dengan tinggi Patung Liberty! Hampir semua pohon di hutan ini memiliki ukuran sama sehingga menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Terletak di kawasan selatan Pegunungan Sierra Nevada di California, Giant Sequoia National Monument memiliki luas sebesar 4,829 km2. Konon, pohon-pohon di hutan ini memiliki usia yang lebih tua dari Kekaisaran Romawi.

A post shared by Bambi⚜️ (@janice_bambi) on

Daintree Rainforest, Australia

Kabarnya, Daintree Rainforest sudah eksis sejak 110 juta tahun yang lalu, menjadikannya hutan hujan tropis paling tua di dunia. Lokasinya terletak di kawasan utara Queensland, Australia. Kalau berjalan-berjalan di Daintree Rainforest, kamu tidak hanya akan bertemu dengan banyak pepohonan, tetapi juga hewan seperti kangguru, wallaby (kangguru kecil), dan platypus.

Yili Apricot Valley, Tiongkok

Ribuan orang rela menghabiskan waktu berjam-jam naik pesawat ke Tiongkok hanya untuk melihat Yili Apricot Valley. Hutan cantik yang berada di Yili, Xinjiang ini mempunyai pohon Aprikot yang hanya mekar pada bulan April setiap tahunnya. Menariknya lagi, pohon Aprikot ini mempunyai daun berwarna merah muda, jadi Nampak seperti bunga Sakura.

Arashiyama Bamboo Grove, Jepang

Ada rencana traveling ke Jepang dalam waktu dekat? Jangan lupa menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di Arashiyama Bamboo Grove. Hutan satu ini bisa dengan mudah kamu capai menggunakan bus atau kereta api dari Kyoto. Sesuai dengan namanya, Arashiyama Bamboo Grove dipenuhi dengan jejeran bambu yang menyajikan pemandangan super unik dan suasana yang sangat menenangkan.

The Baobabs Avenue, Madagaskar

Tempat yang mirip dongeng, itulah gambaran yang pas ketika kamu melihat The Baobas Avenue yang ada di Madagascar. Di sini hampir semua pohonnya tinggi menjulang sampai 80 kaki dengan daun yang jarang. Jadi kamu bakal terlihat sangat kerdil ketika melewati hutan ini.Disinyalir nih, umur pohon di sini telah mencapai 800 tahun lebih.

Dragon Blood Forest, Socotra

Kamu mungkin tidak mengira bahwa di Yemen, Afrika ternyata ada hutan yang sangat indah. Tepatnya di Pulau Socotra, sebelah barat Yemen ini terdapat hutan yang bernama Dragon Blood. Di pulau ini juga ditemukan setidaknya sampai 700 lebih spesies flora maupun fauna yang dilindungi.

A post shared by @beaglecotswolds on

Monkey Puzzle Forest, Chile

Pada saat penjajahan Inggris di Chile, seorang ahli Biologi membeli beberapa hektar tanah untuk ditanami pohon yang dinamakan monkey puzzle. Setelah Inggris keluar dari Chile, ternyata pohon monkey puzzle ini tumbuh dengan rindang. Sampai sekarang, ribuan orang Inggris datang setiap tahunnya untuk melihat pohon monkey puzzle sebagai simbol sejarah.

 

Setiap tahunnya, 13 juta hektar hutan menghilang dari muka bumi, begitu juga dengan spesies tumbuhan dan hewan di dalamnya. Yuk, mari bersama-sama melestarikan hutan. Kamu bisa melakukannya dengan mengurangi penggunaan kertas. Dengan begitu, akan ada semakin banyak lagi hutan cantik yang bisa kamu kunjungi. Selamat  Hari Hutan Sedunia!

Leave a Reply