8 Taman Kota Paling Enak untuk Olahraga di Singapura

Walau luasnya tidak sebesar Jakarta, tapi Singapura punya banyak sekali taman kota yang memanjakan warganya maupun wisatawan asing. Setiap daerah di Singapura, pasti ada 1 atau 2 taman yang mempunyai fasilitas terbaik, mulai dari pusat kuliner, taman bermain dan juga jogging track untuk berolahraga.

Jika kamu dalam waktu dekat akan mengunjungi Singapura, ZEN beri bocoran mengenai enam taman kota di Singapura yang cocok untuk berolahraga, mengisi waktu luang, sampai bermain bersama keluarga. Apa saja taman kota tersebut?


National Orchid Garden

Salah satu taman favorit dan terbaik di Singapura adalah National Orchid Garden. Taman yang dibuka sejak tahun 1995 ini mempunyai tiga tema yang berbeda. Ada taman budaya, heritage park, dan Bukit Timah. Dari setiap tema mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, salah satu yang disukai oleh para wisatawan adalah taman budaya atau The Garden. Di sini kamu bisa melihat puluhan ribu anggrek. Di bagian luar National Orchid Garden juga terdapat jogging track yang sering dibuat olahraga.

Singapura Botanic Gardens

National Orchid Garden dan Singapura Botanic Gardens sebenarnya berada di dalam satu daerah yang sama. Bedanya, Singapura Botanic Gardens hanya fokus kepada budidaya taman di Singapura. Di sini kamu bisa melihat setidaknya 1.200 bunga dan 2 ribu tanaman hibrid yang dikembangkan khusus. Jika kamu menginginkan tantangan khusus, Singapura Botanic Gardens ini mempunyai bukit yang bisa kamu daki.

A post shared by World Nomads (@worldnomads) on

Gardens by the Bay

Ketika mengunjungi Singapura, kamu harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Gardens by the Bay. Di sini kamu bisa melihat hutan hujan buatan, tanaman menari, sampai atraksi air mancur yang spektakuler. Gardens by the Bay ini dibagi menjadi 2 wilayah, outdoor dan indoor. Jika kamu ingin berolahraga bersama keluarga, kamu bisa menikmati taman outdoor-nya yang tidak dipungut biaya.

A post shared by Firdaus MFBMA (@feeokcan) on

Punggol Waterway Park

Jika kamu melihat di peta, Punggol Waterway Park ini salah satu taman kota yang paling luas di Singapura. Selain itu, Punggol Waterway Park ini juga terkenal dengan taman olahraga, karena hampir setiap hari dari pagi sampai sore ketika cuaca bersahabat, taman ini ramai orang jogging. Ada empat tema taman di sini, mulai dari Nature Cove, Recreation Zone, Heritage Zone, dan Green Gallery.

A post shared by Oakey Lo (@oakeylo) on

The Southern Ridges

Mungkin inilah taman kota terbaik yang ada di Singapura. The Southern Ridges sebenarnya bukan taman, tetapi sebuah jembatan yang menghubungkan tiga taman besar yaitu Mount Faber Park, Telok Blangah Park dan Kent Ridge Park. Tapi jangan salah, di jembatan ini juga banyak orang yang jogging untuk menuju ke salha satu taman terbaik di Singapura tersebut.

A post shared by See Min Ng (@smxne) on

Sungei Buloh Wetland Reserve

Sungei Buloh Wetland Reserve ini adalah taman yang mirip dengan kebun binatang. Di dalam taman ini, terdapat ratusan binatang peliharaan jinak yang dilepas bebas. Di bagian luar Sungei Buloh Wetland Reserve, kamu bisa jogging bersama keluarga dengan pemandangan kebun yang asri.

A post shared by brianthio (@brianthio) on

MacRithchie Nature Trail

MacRithchie Nature Trail adalah salah satu taman yang sangat cocok untuk digunakan bagi para penghobi lari. Di sini kamu akan melihat bagaimana di tengah kota terdapat hutan yang sangat lebat dan juga perbukitan yang menantang. Selain itu, kamu bisa mengajak keluarga untuk menikmati suasana segar dan pemandangan alam yang indah.

Taman Bishan Ang Mo Kio

Taman terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Bishan Ang Mo Kio. Berada di daerah Along Bishan Road, kamu bisa menikmati taman yang di dalamnya sangat penuh permainan. Baru dibuka pada tahun 2015 lalu, Taman Bishan Ang Mo Kio sudah menyedot ratusan pengunjung setiap harinya.

 

NOTE:

Tambahin MacRitchie Nature Trail (ini buat yang suka lari kelas berat nih, tapi bagus banget) sama Taman Bishan Ang Mo Kio.

Leave a Reply