9 Kota Warna-Warni di Seluruh Dunia

Untuk menarik banyak wisatawan, pemerintah kota di beberapa daerah dan negara berikut berhasil “menyulap” tata kota jadi warna-warni dan sangat Instagram-worthy. Berikut enam kota warna-warni di seluruh dunia pilihan ZEN.

Buenos Aires, Argentina

Kota yang memiliki destinasi pantai yang bisa menarik ratusan ribu wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun ini ternyata mempunyai kota yang dicat warna-warni. Bukan hanya untuk menarik wisatawan, ternyata pemerintah setempat bersama masyarakat Argentina bekerja sama untuk membuat mural atau grafiti di rumah penduduk. Di sini juga terkenal dengan museum terbuka, kamu bisa melihat lukisan dan kerajinan tangan khas Argentina di sepanjang jalanan La Boca.

St. John, Kanada

Selanjutnya ada St. John Kanada. Kota kecil yang di Kanada ini ternyata menjadi salah satu kota tertua di Amerika Utara. Jika kamu ingin mengunjungi kota warna-warni yang ada di St. John, kamu bisa menuju ke jalan Jellybean Row. Bertepatan dengan sungai yang membelah kota ini, setiap kapal yang bersandar dapat memilih sendiri warna-warna di rumahnya. Jadi St. John mempunyai hiasan warna-warni yang bagus.

Rio de Janeiro, Brasil

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Rio de Janeiro ini dikenal dengan kawasan kumuh dan rawan kejahatan. Pada medio 80an sampai 90an, di kawasan ini sangat tidak ramah dengan para wisatawan. Lalu semuanya berubah setelah pada tahun 2010 ketika itu ada dua seniman Haas dan Hahn yang berkolaborasi untuk mengecat hampir seluruh dinding rumah. Hasilnya? Sekarang Rio de Janeiro menjadi salah satu kota wajib yang kamu datangi ketika mengunjungi Brazil.

Nyhav, Copenhagen

Selanjutnya ada Nyhav, Copenhagen. Sebagai ibu kota Denmark, tentu wajar Copenhagen menjadi salah satu tujuan wisata para turis manca negara. Di bantaran sungai yang membelah kota Copenhagen, kamu bisa melihat daerah Nyhav yang mempunyai deretan gedung dengan cat warna-warni. Kamu bisa menikmati keindahan kota Copenhagen dengan menggunakan perahu kecil.

Wroclaw, Polandia

Bukan lagi Warsawa, kamu bisa mengunjungi Wroclaw menjadi salah satu kota dengan panorama terbaik. Warsawa memang menjadi kota paling modern di Polandia, tetapi di Wroclay kamu bisa menikmati bagaimana arsitektur bangunan kuno yang masih terjadi sampai sekarang. Di sini juga setiap akhir pekan terdapat atraksi seperti kesenian, teater, musikal sampai parade kuliner.

Malang, Indonesia

Sama seperti di Rio de Janeiro, salah satu daerah di Malang yaitu Jodipan terkenal dengan kawasan yang tidak teratur dan bisa dibilang kumuh. Tetapi pemerintah kota Malang yang getol untuk mengubah layout kota membuat Jodipan sekarang sangat elok. Di setiap dinding rumah terdapat cat warna-warni dan jika dilihat dari jauh, Jodipan ini layaknya kota di Eropa.

Cinque Terre, Italia

Berada di bibir pantai, Cinque Terre adalah salah satu kota warna-warni terindah di dunia. Bangunan yang mayoritas ditempati oleh para pelaut dan nelayan seakan membuat kota ini seindah bunga. Menariknya, di setiap rumah yang ada di Cinque Terre ini tidak sejajar, jadi antar rumah dipisahkan oleh anak tangga. Dari jarak jauh, kota Cinque Terre ini seperti perbukitan.

Puerto Vallarta, Meksiko

Puerto Vallarta berada di sebelah utara Meksiko, berdekatan dengan perbatasan Amerika Serikat. Di sini kamu bisa melihat bagaimana keindahan warna-warni kota di pinggir pantai Las Glorias. Tidak hanya itu, di sini kamu bisa menghabiskan waktu dengan berselancar dan berenang. Ombak Las Glorias adalah yang termasyur di Meksiko.

Gamla Stan, Stockholm

Gamla Stan adalah daerah tertua di Stockholm, Swedia. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan kota warna-warni yang memang sengaja dicat oleh pemerintah kota Swedia. Jarak Gamla Stan dari pusat kota sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Kamu akan melihat kombinasi warna-warna indah dan juga bangunan klasik di Gamla Stan, Swedia.

Leave a Reply