Barang-Barang yang TIDAK Perlu Dibawa Saat Backpacking

Packing bisa jadi merupakan bagian yang sangat penting bagi suksesnya sebuah agenda liburan. Tapi karena terlalu semangat plesiran, tidak heran jika banyak orang yang malah terlalu banyak membawa barang alias over-packing. Hal ini justru bisa bikin kamu ribet selama perjalanan dan bikin kewalahan ketika bongkar muat. Belum lagi timbul perasaan takut hilang atau ketinggalan yang akan menghantui selama liburan. ZEN akan bantu kamu untuk “memangkas” beberapa barang bawaan yang tidak perlu dibawa selama liburan, apalagi saat backpacking. Simak!

Buku

Yup, barang pertama yang tidak perlu kamu bawa adalah buku. Walaupun kamu bisa membunuh waktu dengan membaca buku, kamu akan menghabiskan space yang cukup besar di dalam tas atau koper. Jika memang hobi membaca, kamu bisa mengganti buku dengan e-book yang ada di dalam smartphone. Sekarang ada banyak sekali penyedia layanan aplikasi untuk membaca e-book serta majalah secara online. Jadi kamu tidak perlu susah-susah lagi membawa buku atau majalah.

Sedikit Pakaian, Banyak Aksesori

Tips dari ZEN, bawa sedikit pakaian basic tapi perbanyak aksesori (seperti syal, topi, cardigans, hingga topi), dengan begitu, Anda bisa memadu-padankan pakaian yang terkesan banyak (padahal cuma bawa sedikit). Untuk baju tidur, cukup bawa satu saja untuk menghemat ruang backpack. Selain itu kamu bisa memanfaatkan laundry hotel untuk mencuci pakaian. Tapi tak perlu bawa aksesori yang berlebihan dan makan tempat juga ya. Sesuaikan tempat dan musim saja.

A post shared by Taft (@taft) on

Maksimal Bawa 2 Pasang Sepatu

Sepatu bisa menjadi barang yang sangat menghabiskan space di dalam backpack. Jadi lebih baik kamu membawa maksimal dua pasang alas kaki pada saat liburan. Bahkan jika kamu hanya mengunjungi daerah yang tidak mengharuskan kamu tracking atau mendaki, kamu bisa membawa satu sepatu dan satu sandal. Beda cerita jika kamu mengunjungi desa, bukit atau daerah yang mengharuskan kamu membawa beberapa pasang sepatu.

Perlengkapan olahraga

Dengan jadwal liburan yang sudah dibuat, kamu harus memanfaatkan segala waktu yang ada. Walaupun olahraga akan menjaga kondisi tubuh pada saat liburan, kamu bisa mendapatkan keringat dengan cara lain seperti jalan kaki atau mendaki bukit. Jadi kamu tidak perlu membawa perlengkapan olahraga (misalnya resistance bands, jump rope, atau yoga mat) di dalam tas.

A post shared by BamBam84 (@bambam_844) on

Styling Rambut

Mulai dari hair-dryer, catok rambut atau bahkan botol-botol perawatan rambut tidak perlu kamu bawa pada saat liburan. Beberapa hotel di kota-kota besar sudah menyiapkan pengering rambut, jadi kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Selamat packing!

Leave a Reply