Berlibur Dengan Hewan Peliharaan

thumb_tips-agar-anjing-kucing-aman-saat-kita-liburan__bfe509e1e9476dca36950ce61acfe9d5

Berlibur merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, namun kadang kala kesenangan berlibur berkurang karena Travellers memikirkan keadaan hewan kesayangan di rumah. Bahkan, banyak orang yang pada akhirnya mengorbankan rencana berlibur karena tidak ingin meninggalkan hewan peliharaan mereka di tempat penitipan. Padahal, berlibur dengan hewan peliharaan bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Memang membawa hewan peliharaan akan merepotkan, namun kesenangan yang ditimbulkan bisa jadi berlipat ganda. Namun, perlu diingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin berlibur bersama hewan peliharaan.

Periksakan Kesehatan Hewan Peliharaan

Veterinary caring of a cute cat

Sebelum merencanakan liburan dengan hewan peliharaan, pastikan dulu kesehatan hewan peliharaan ke dokter hewan. Berikan vaksinasi yang diperlukan karena beberapa penerbangan dan hotel meminta persyaratan surat-surat yang lengkap bagi peliharaan. Pastikan juga kondisinya fit untuk dibawa dalam perjalanan dan sahabat kesayangan Travellers memiliki tingkat stress dan emosi yang terkontrol baik.

Pastikan Transportasi yang Digunakan Mengijinkan Membawa Hewan

image9

Umumnya alat transportasi seperti bis mengijinkan penumpangnya membawa hewan, namun harus dipastikan agar hewan tersebut tidak menganggu dan berada dalam tempat/kandang yang nyaman. Untuk penerbangan, sebagian besar penerbangan Eropa mengijinkan membawa hewan peliharaan di kabin, namun untuk Asia, kebanyakan meminta hewan peliharaan dibawa di bagasi. Bila mempertimbangkan mengirim hewan lewat kargo, umumnya Travellers membutuhkan karantina beberapa hari sebelum penerbangan.

Pastikan Akomodasi yang Dipilih Mengijinkan Hewan Peliharaan

reception_1941721i

Selain transportasi, hal lain yang harus diperhatikan adalah akomodasi. Beberapa hotel mengijinkan tamu tinggal bersama hewan peliharaan. Pastikan akomodasi yang dipilih mentolerir keberadaan hewan peliharaan. Pastikan juga peraturan akomodasi tersebut tentang hewan peliharaan, apakah hewan harus tinggal di dalam kandang atau bisa dibawa ke dalam kamar.

Persiapkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan

conan-eu-heimtierausweis

Setelah memastikan transportasi dan akomodasi bisa menyertakan hewan peliharaan, persiapkan berkas-berkas yang akan dibutukan membawa peliharaan. Double check berkas-berkas tersebut dengan perusahaan transportasi dan akomodasi yang dipesan untuk memastikan tidak ada lagi berkas yang luput. Beberapa negara di Eropa dan Amerika bahkan menerbitkan passport khusus untuk hewan peliharaan.

Latih Hewan Peliharaan Agar Terbiasa

Center-for-pet-safety-Steve-Dale-624x312 (1)

Membawa hewan peliharaan dalam perjalanan jauh bisa menjadi tantangan tersendiri. Peliharaan bisa menjadi stress dan bahkan sakit dalam perjalanan. Selain itu, bukan tidak mungkin peliharaan menganggu penumpang lain karena terlalu berisik. Memberi obat penenang sangat tidak dianjurkan pada hewan karena bisa membuat mereka menjadi mual bahkan sakit. Maka dari itu, beberapa minggu sebelum keberangkatan latih hewan peliharaan dengan memasukan mereka ke tas hewan yang akan dipakai dalam perjalanan dan bawa berjalan-jalan dengan kendaraan dengan jangka waktu semakin panjang setiap harinya.

Periksa Keamanan dan Kenyamanan Kandang Berpergian

s-l1000

Pastikan kandang berpergian yang akan dipakai oleh binatang peliharaan aman untuk dipakai. periksa pintu, lubang udara serta sekat-sekatnya untuk memastikan hewan peliharaan yang ada di dalamnya tidak dapat melarikan diri dan aman dari guncangan. Selain itu, buat kandang berpergian senyaman dan sehangat mungkin. Bila perjalanan yang dilakukan panjang, pastikan kandang tersebut bersih dan aman agar kotoran peliharaan tidak berantakan dan mengganggu penumpang lain.

Bawa Tali Kekang Atau Harness

New-design-pet-dog-harness-4-size-4-color-for-Puppy-Cat-Dog-Lead-Collar-Small

Sesampainya di tempat tujuan, Travellers pasti tidak ingin menggotong kandang berpergian kemana-mana, bukan? Jangan lupa untuk membawa tali kekang atau harness untuk kenyamanan liburan dengan rekan berbulu tersayang. Bila peliharaan belum terbiasa menggunakannya, latih terlebih dahulu selama beberapa minggu sebelum keberangkatan agar mereka tidak panik saat menggunakannya.

Bawa Stok Makanan Hewan

download (3)

Bawa makanan hewan yang biasa dimakan oleh peliharaan Travellers. Beberapa hewan sangat sensitif terhadap perubahaan makanan dan lingkungan sehingga terlalu riskan bila hanya mengandalkan makanan hewan yang dijual di tempat tujuan. Lebihkan stok makanan bila-bila terjadi sesuatu yang mengakibatkan jadwal kepulangan tertunda.

Pakaikan Tanda Pengenal Pada Peliharaan

CIdhn0bUYAAdhJC

Sebaik apapun Travellers mengenal peliharaan, hal terburuk bisa terjadi. Untuk menghindari peliharaan hilang saat berlibur, pakaikan kalung dengan tanda pengenal. Dengan demikian, bila peliharaan Travellers menghilang, seseorang yang menemukannya bisa menghubungi dan mengembalikannya kepada Travellers.

 

Leave a Reply